Dr. Nur Alim, M.Pd : "Pentingnya Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Soppeng" -->


 

Translate


Dr. Nur Alim, M.Pd : "Pentingnya Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Soppeng"

CELEBESINDO
Selasa, 20 Desember 2022

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd (Ist).


Soppeng, Celebesindo.com,-Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (FIP UNM) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menyelenggarakan Bakti Sosial dalam bentuk Pelatihan Supervisi Pendidikan oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Pendidikan FIP UNM dengan mengusung tema "Pelatihan Supervisi Akademik Bagi Kepala Sekolah di Era Kurikulum Merdeka" dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Soppeng yang dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng Selasa, 20 Desember 2022.


Kegiatan Bakti Sosial Pelatihan Supervisi Pendidikan ini dihadiri oleh Sekretaris Dekan Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (FIP UNM), Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Soppeng, Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Soppeng, serta Himpunan Mahasiswa Administrasi Pendidikan UNM guna mensosialisasikan dan pentingnya Supervisi di satuan pendidikan. 


Kegiatan ini merupakan perwujudan pengabdian kepada masyarakat dan pelaku pendidikan di suatu instansi untuk diaplikasikan sesuai ilmu yang didapat di kampus sehingga bisa bermanfaat.


Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd bertindak selaku narasumber sekaligus mewakili Kepala Disdikbud untuk membuka kegiatan bakti sosial ini. 


Dalam pemaparannya mengatakan, kami sangat mengapresiasi sekali dengan hadirnya suatu kegiatan seperti ini, sebagaimana kita ketahui bahwa supervisi pendidikan sangat penting sekali di suatu instansi atau satuan pendidikan yang perlu dibekali pemahaman dan pengetahuan akan hal itu.


Dikatakan pula bahwa, Supervisi Pendidikan sangat perlu dilakukan dan menjadi kebutuhan penting dalam hal pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya, peningkatan mutu mengajar dan belajar pada khususnya. 


Pengelolaan pendidikan idealismenya menyangkut tentang pengelolaan sumber daya manusia yang ideal, pengelolaan kurikulum, pembiayaan, peserta didik, kelengkapan sarana dan prasarana dalam rangka keberlangsungan pencapaian visi dan misi sekolah.


Selanjutnya bagaimana pengelolaan kurikulum oleh pihak sekolah atau guru yang mengajar untuk meningkatkan mutu pendidkan di sekolah. 


Dan bagaimana cara pihak sekolah dalam mengatur pembiayaan dan sebagainya. 


Dalam kesempatan ini, ia memaparkan lebih detail tentang rentetan supervisi pendidikan kepada peserta Pelatihan Supervisi Pendidikan diantaranya; Tujuan Supervisi Pendidikan, Prinsip, Fungsi / Peranan, Objek, Model, Pendekatan, dan Tekhnik Supervisi Pendidikan.


Published : ARS