SDN 5 Mattiropole Lalabata Soppeng Gelar Implementasi Projek P5, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Peresmian Musholla Nurul Islah -->


 

Translate


SDN 5 Mattiropole Lalabata Soppeng Gelar Implementasi Projek P5, Maulid Nabi Muhammad SAW dan Peresmian Musholla Nurul Islah

CELEBESINDO
Sabtu, 17 Desember 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-UPTD SPF SD Negeri 5 Mattiropole Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng menggelar pengimplementasian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5) dengan mengusung tema "Bhineka Tunggal Ika dengan Kegiatan Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW" yang terintegrasi pada Kurikulum Merdeka, sekaligus dirangkaikan dengan kegiatan Peresmian Mushollah Nurul Islah SDN.5 Mattiropole.


Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Soppeng (Perwakilan), Pembawa Hikmah Maulid Dr. H. Andi Akmal, S.Ag.,M.HI, Perwakilan Alumni Andi Akram, Ketua Kwarran Lalabata Ramli Mahmud, S.Pd, Kepala Sekolah SD dan Guru se Kec. Lalabata, Komite Sekolah, Alumni SDN.5 Mattiropole, serta para Orang tua wali Siswa.


Asrianto,S.Pd.,M.Pd selaku Kepala SDN.3 Mattiropole dalam sambutan pembukanya menyampaikan bahwa Alhamdulillah, kegiatan yang kami lakukan ini merupakan sepaket rangkaian (3 in 1) diantaranya, Perayaan Maulid SAW, Praktek Pengintegrasian P5, dan Peresmian Mushollah Sekolah. Tentu momen ini menjadi sangat berkesan dan bersejarah bagi warga sekolah ini. 



Dan ucapan terima kasih juga disampaikan karena Kegiatan ini terlaksana berkat atas kerja sama orang tua, Alumni, dan pihak sekolah serta para panitia yang terlibat dengan harapan semoga kegiatan ini mendapatkan ridho dari Allah SWT.


Ketua Komite SDN.5 Mattiropole Dra. Hj. Andi Barlian Dulung, M.Pd.I sekaligus meresmikan Mushollah Nurul Islah dengan ditandainya pemotongan pita sebagai pertanda Mushollah siap pakai. 


Dalam sambutannya mengatakan bahwa berdirinya Mushollah ini tentu tidak lepas dari kerja sama sekolah, komite sekolah, wali murid, Alumni, dan didukung masyarakat sekitar, maka pada hari ini tanggal 17 Desember 2022 mushollah siap dipakai oleh warga SDN 5 Mattiropole. 


Mushola tersebut dibangun secara swadaya oleh wali murid didukung Alumni dan masyarakat sekitar. 


Dengan kekompakan semua elemen sekolah, maka setelah bergotong royong selama beberapa tahun, maka pembangunan mushola dapat diselesaikan meskipun belum sepenuhnya 100%. 


Diakhir sambutannya mengatakan, Dengan selesainya pembangunan mushola ini diharapkan dapat menjadi sarana pembinaan mental spiritual siswa-siswi, melalui kegiatan pembiasaan sholat beramaah, ekstrakurikuler baca tulis Al Qur'an, maupun kegiatan peringatan hari besar Islam lainnya. Ucapnya.




Sementara itu selaku pembawa Hikmah Maulid dan juga merupakan Alumni SDN.5 Mattiropole 82-88 Ust. Dr. H. Andi Akmal, S.Ag.,M.HI menyampaikan didepan para hadirin bahwa Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran nabi Muhammad SAW, tepatnya pada tanggal 12 rabiul Awal dalam penanggalan Hijiriah di kota Mekkah. 


Kegiatan perayaan Maulid Nabi bertujuan untuk mengingat sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW. 


Bukan hanya itu saja, tujuan lain diadakan acara ini adalah mengajak para anak didik untuk meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya nilai Religius ini sebagai salah satu nilai karakter sebagai sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianut, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.


Published : ARS