Jelang Akhir Tahun 2022, Disdikbud Soppeng Gelar Evaluasi Program Kerja -->


 

Translate


Jelang Akhir Tahun 2022, Disdikbud Soppeng Gelar Evaluasi Program Kerja

CELEBESINDO
Selasa, 27 Desember 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Menjelang akhir 2022, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menggelar Evaluasi Program Kerja / Refleksi Kinerja Akhir Tahun 2022 dan Mempersiapkan Program Kerja tahun 2023 Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng yang dilaksanakan di Aula Disdikbud Soppeng Selasa, 27 Desember 2022.


Kegiatan Refleksi yang dipandu oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dr. Nur Alim, M.Pd dan dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Andi Sumangerukka S, SE.,S.Sos., M.Si. turut hadir Sekretaris Disdikbud H. Andi Azis, S.Pd., M.Si; Kepala Bidang PTK Muhammad Husni, S.Pd., M.Pd; Pejabat Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran Rusdi, S.Pd., M.Si; serta seluruh Kepala Sekolah SD se-Kabupaten Soppeng (250-an).


Kadisdikbud Andi Sumangerukka dalam pemaparannya terlebih dahulu ia menyampaikan beberapa pencapaian prestasi dan penghargaan dalam satu tahun ini sukses diraih atas kerja keras dan kerjasama dari semua pihak kependidikan tentunya. Dalam hal refleksi kinerja ini ia menyampaikan bahwa kita ingin seluruh Kepala Sekolah SD terlibat dalam evaluasi dan penilaian terhadap kinerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan jika apa yang dilakukan para aparat Disdikbud baik sudah selayaknya mendapatkan apresiasi dari pelaku pendidikan sebagai perpanjangan tugas dari Disdikbud Soppeng, sebaliknya jika kurang baik hendaknya bisa memberikan saran agar kinerja kami sebagai pelayan bagi Kepala Sekolah dan Guru bisa lebih baik lagi pada tahun tahun berikutnya. Kami pun bertekad untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang prima agar bisa memenuhi harapan teman-teman dalam rangka mencapai pendidikan yang berkualitas.


Dikesempatan itu pula, Andi Sumangerukka menekankan akan hal pentingnya membangun komunikasi dan informasi antara pihak Disdikbud dengan Kepala Sekolah untuk memecahkan jika ada masalah masalah yang dihadapi dalam lingkup kependidikan. Karena sejak saya diberi amanah di Dinas Pendidikan, saya berkomitmen untuk terus menjalin dan menjaga komunikasi yang baik karena komunikasi merupakan elemen penting dalam menyelesaikan suatu masalah. Bagaimana dengan komunikasi antara Kepala Sekolah dengan penyelenggara seharusnya terjadi dialog dua arah artinya bersinergi dalam mencari solusi.


Diakhir sambutannya Andi Sumangerukka mengajak kepada para pelaku kependidikan untuk terus bersama sama saling mengintropeksi diri menjelang akhir tahun, karena tentu diantara kita semua ada yang membuat resolusi untuk tahun berikutnya, seperti mencatat apa saja yang ingin dilakukan di tahun 2023 dan apa saja yang ingin dicapai. Namun, sebelum membuat resolusi tahun baru, introspeksi dan refleksi diri penting dilakukan. Tujuannya adalah kita tahu apa kekurangan dan kesalahan yang diperbuat selama tahun 2022 ini, lalu bisa menjadi acuan dan upaya memperbaiki diri di tahun selanjutnya.



Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan H. Andi Azis, S.Pd., M.Si yang sebentar lagi akan memasuki masa Purnabaktinya diakhir Desember ini, dalam arahannya menegaskan agar para Kepala Sekolah selaku pelayan dan perpanjangan tangan dari Disdikbud agar lebih meningkatkan kedisiplinan yakni disipilin dalam bekerja dan mengerti serta memahami tugas dan fungsinya. Bekerjalah dengan sungguh-sungguh. Tingkatkan pelayanan, berikan kemampuan terbaik dalam bekerja, teruslah belajar dan jangan menjadi penyumbang yang tidak baik karena kalau pelayanan tidak baik bukan individunya yang disebut tetapi Instansinya yang disebut masyarakat. Berikan jawaban yang memuaskan yang membuat masyarak senang. Jangan terlalu cepat menjustifikasi keputusan yang bukan kewenagan kita. Jangan sampai mendahului pimpinan, pintanya.