Seminar Regional Ketenagakerjaan dan Launching Inovasi Sipakalebbi di Soppeng -->

Translate


Seminar Regional Ketenagakerjaan dan Launching Inovasi Sipakalebbi di Soppeng

Rabu, 23 November 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu tenaga kerja dan Transmigrasi
(DPMPTSP & NAKERTRAN) kabupaten Soppeng menggelar
seminar Regional ketenagakerjaan dan Launching inovasi Sipakalebbi yang dilangsungkan di Hotel Maryam Kabupaten Soppeng
Rabu, 23 November 2022.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu tenaga kerja dan Transmigrasi  Kabupaten Soppeng Andi Dhamrah, S.Sos., M.M dalam laporannya mengatakan bahwa,"Nilai manfaat yang di terima dari program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat mencegah masyarakat pekerja dan keluarganya jatuh menjadi keluarga khusus jaminan  sosial ketenagakerjaan.

"Sejarah pembentukan sistem Jaminan sosial dapat dilihat dari amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 ayat (3) yang berlandaskan kepada hak asasi manusia dan hak konstitusional setiap orang yang disebutkan bahwa setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermanfaat fan yang mengarah kepada pasal 27 ayat (2) bahwa tiap tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan pasal - pasal inilah yang secara material menjadi alasan konstitusional di bidang jaminan sosial, yang menegaskan bahwa jaminan sosial merupakan suatu hak harus di lindungi.

"Saya berharap penyelenggara pemerintah baik pusat maupun daerah harus memastikan masyarakat yang bekerja mendapatkan program jaminan sosial ketenagakerjaan yang merupakan hak pekerja dan sekaligus perlindungan sosial bagi pekerja dan keluarganya.

"Dengan di sertakannya pekerja dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, maka akan mendorong produktivitas para pekerja, pungkas Andi Dhamrah.

Diketahui, BPJS hadir dalam  hal, Jaminan Kecelakaan, Jaminan kematian, Jaminan Hari tua serta Jaminan Pensiun.

Dalam kegiatan ini yang menjadi Nara sumber yakni,
1.Dr.Muhammad Arif,SH.,MH
Akademis/Sekretaris PkaBH UMI Makassar, 2.Drs.Andi Darwis, SH MBA Sekretaris APINDO Sulawesi Selatan, 3. Munawir Abdul Kamal, SH.MH Aktivis buruh/sekertaris DPC KSPSI Kota Makassar, 4.Lucky Julianto Kepala Cabang ketenagakerjaan Kabupaten Soppeng dengan Moderator Musriadi, SH.MH Kasubag Hukum Setda Kabupaten Soppeng
Dengan metode pemaparan materi diskusi dan di akhiri tanya jawab.

Turut hadir dalam acara ini adalah
Staf ahli sosial dan SDM  Drs.Muh.Arif Dimas.M.Si, Kasi Perdata dan Tata usaha  Negara Kejaksaan Negeri Kab.Soppeng, Para pimpinan SKPD Se- Kabupaten Soppeng, Para praktisi/Akademis/Mahasiswa dan para Pumpinan Perusahaan.

(Red/**)