Kepala Dinas TPHPKP Soppeng Bersama Petani dan Pengusaha Tembakau Kunker di Sumedang Adopsi Teknologi Tembakau -->


 

Translate


Kepala Dinas TPHPKP Soppeng Bersama Petani dan Pengusaha Tembakau Kunker di Sumedang Adopsi Teknologi Tembakau

CELEBESINDO
Rabu, 30 November 2022


Sumedang, Celebesindo.com,-
Kadis TPHPKP Kabupaten Soppeng Ir Fajar MP bersama Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP dan rombongan diantaranya,  Plt.Kepala Dinas PPK dan UKM Kabupaten Soppeng, A.Agussalim, S.STP, koordinator Balai Penyuluh Pertanian, ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Mursalim, petani tembakau, Pengusaha tembakau dan tim Malaka Farm melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat terkait Adopsi Teknologi Tembakau  Senin-Kamis (27 November - 1 Desember 2022).


Kunjungan tersebut di terima di langsung oleh wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, SE di Kantor Bupati Sumedang Provinsi Jawa Barat, Rabu (30/11/2022).


Kadis TPHPKP Ir Fajar MP mengungkapkan bahwa "Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka studi adopsi teknologi tembakau mulai dari industry hulu sampai hilir yang ada di Kabupaten Sumedang, jelasnya.


Selain itu kata Kadis TPHPKP Soppeng bahwa"Kunjungan ini juga sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan berbasis spesifik lokasi di Kabupaten Soppeng, katanya.



Sementara itu, Wakil Bupati Soppeng, Ir.H.Lutfi Halide, MP mengatakan, "Ini Merupakan kesempatan yang luar biasa bahwa saya beserta rombongan dari Kabupaten Soppeng dapat bersilaturahmi sekaligus menambah wawasan mengenai  pengembangan industri teknologi tembakau mulai dari industri hulu sampai hilir dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang, ujarnya.


"Insya Allah kunjungan ini akan memberikan manfaat untuk saling bertukar informasi dan pengalaman, dan juga dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang lainnya dimasa yang akan datang, terang Wakil Bupati Soppeng.


Saat acara penerimaan, Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, SE dalam sambutannya mengatakan,"Selamat datang kami ucapkan kepada Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide, MP bersama jajarannya di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, ucap Wabup Sumedang Periode 2018-2023 ini.


Dikatakan Wabup Erwan, "Tidak salah bapak datang ke Sumedang untuk menimbah ilmu mengenai tembakau, karena dibeberapa kecamatan di kabupaten Sumedang ini telah memproduksi tembakau kelas 1, tuturnya.


"Tembakau kami termasuk tembakau terbaik, ujarnya.


Menurutnya, "Petani tembakau dari Lombok, mengumpulkan tembakau dari beberapa daerah dan mereka mengambil tembakaunya dan terbanyak dari Sumedang, tandasnya.


Usai acara penerimaan di lanjutkan dengan kunjungan ke pengolahan dan pasar tembakau di Tanjung Sari, dan kemudian mengunjungi Budidaya Pertanaman Tembakau di Jatinangor.


(Red)