Disdikbud Soppeng Kerjasama Komunitas belajar.id Gelar Festival Lokal Komunitas "belajar.id Kabupaten Sopoeng 2022 -->

Translate


Disdikbud Soppeng Kerjasama Komunitas belajar.id Gelar Festival Lokal Komunitas "belajar.id Kabupaten Sopoeng 2022

Minggu, 13 November 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng bekerjasama Komunitas belajar.id Kabupaten Soppeng sukses menyelenggarakan Festival lokal Komunitas belajar.id Kabupaten Soppeng tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Dinas Dikbud Soppeng. Sabtu (12/11/2022).

Festival tersebut mengusung tema "Bangkit Bersama belajar.id 2022" yang diikuti 100 lebih peserta dari guru guru yang mendaftar secara online.

Festival lokal komunitas belajar.id ini dihadiri oleh Kepala Dinas Dikbud Soppeng yang diwakili Sekretaris Disdikbud Drs. H. Andi Asis, M.Si, Kepala Bidang PTK Disdikbuf Muhammad Husni, S.Pd., M.Pd., Kasi PTK SD Risman Hasli, S.Pd.,M.Pd., Kapten belajar.id Prov.Sulsel, Ko-Kapten Kab.Wajo, Google Master Trainer, Pembuat bahan ajar, Komunitas Penerima Chromebook dan komunitas lokal di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng.
.

Festival Lokal Komunitas "belajar.id" Kabupaten Soppeng 2022 dibuka secara resmi oleh Kadis Dikbud yang diwakili oleh Sekretaris Disdikbud Drs. H.Andi Asis, M.Si dalam sambutannya menyebutkan bahwa, kegiatan seperti ini tentu sangat dinanti nanti oleh para Guru guru dan sangat baik dilakukan dalam rangka memberikan motivasi kepada seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Soppeng untuk mencapai digitalisasi pendidikan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Kebijakan dari Pemerintah Pusat tentu harus kita jalani dengan sepenuh hati yaitu Merdeka Belajar, Program ini merupakan adalah program kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang bersensi kemerdekaan berpikir, harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. 

Olehnya itu, dengan adanya Festival Komunitas belajar.id berbagi praktek baik pembelajaran baik digitalisasi tentu kami sangat mendukung penuh, apalagi telah dihadirkan narasumber dari para guru terhebat yang ada di Kabupaten Soppeng ini. 

Tentu mereka sudah diverifikasi untuk memberikan pembelajaran kepada guru dan kepala sekolah lainnya yang ada di Soppeng. Ungkap Andi Asis.

Dalam sambutan laporan Ketua Panitia Eka Gustiani, S.Pd juga selaku Ko-Kapten dan Pelatih Nasional ini menyampaikan Festival lokal komunitas belajar.id merupakan kegiatan luring dimana komunitas belajar.id dalam satu daerah tertentu melakukan versi daerahnya masing-masing. 

Kegiatan ini sebagai ajang berbagi praktik baik pembelajaran dalam era edukasi 4.0 yang didukung penuh oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 

Dalam kegiatan ini narasumber akan berbagi terkait optimalisasi penggunaan akun belajar.id dengan harapan dapat menginspirasi bapak ibu
untuk menjadi pendidik yang lebih canggih dan berdampak, demi mutu pendidikan indonesia yang jauh lebih baik lagi.

Disampaikan pula Eka Gustiani bahwa Maksud dan Tujuan kegiatan ini meliputi Membagikan praktik baik dari pemanfaatan belajar.id, Membagikan praktik baik penggunaan Chromebook.

Harapannya dengan kegiatan ini dapat mendorong para pendidik untuk bergerak memberi dampak bagi peserta didik
dengan memaksimalkan penggunaan akun belajar.id. 


Kemudian Sasaran kegiatan ini dikhususkan kepada para Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng. Sumber dana yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini berasal dari DInas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Soppeng.
.

Dalam laporan Ketua Panitia juga disampaikan yang bertindak sebagai narasumber diantaranya :
Kepala Disdikbud Kab.Soppeng Andi Sumangerukka S, SE., S.Sos., M.si materi Arah dan Kebijakan Pendidikan di Kabupaten Soppeng.

Kepala Bidang PTK Muhammad Husni, S.Pd.,M.Pd., Materi Dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng Dalam percepatan aktivasi akun belajar.id

Kepala Seksi PTK Dikdas Risman Hasli, S.Pd., M.Pd., Materi Aplikasi Mobile Class Mario menggunakan akun belajar.id

Ko-Kapten belajar.id Kab.Soppeng Eka Gustiani, S.Pd., C.Ps.,C.HTe. materi Perjalanan Belajar.Id.di Kab. Soppeng.

Ko-Kapten belajar.id Kab.Wajo. Baso Akbar Basrah, S.Pd Materi Membuat kalender untuk sekolah dan Pengingat tugas untuk siswa serta kegiatan sekolah lainnya.

Kapten belajar.id Sulawesi Selatan Haeruddin, S.Pd.Gr. Materi Pemanfaatan Chromebook.

Google Certified Educator L1 Muhammad Arfan Mubarak, S.Pd materi Lemari Multifungsi Eco Friendly.

Peserta GMT L1 Batch.7 Partono, S.Pd.SD Materi Pemamfaatan Google Chat tanpa No.HP

Peserta GMT L1 Batch.6 Jumriah, S.Pd.,M.Si Materi Website Sekolah gratis dengan Google Sites.

Google Certified Educator L1 Sofiana Yunus, S.Si materi Terbang bersama Google Clasroom.

Google Certified Educator L1 Rahmil Humaerah, S.Pd.,M.Pd materi Belajar Asyik dengan Google Docs.

Google Certified Educator L1 Firmansyah, S.Pd.,M.Pd materi Pemanfaatan google form dalam pembelajaran.


Sementara itu, Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Soppeng Muhammad Husni, S.Pd.,M.Pd dalam sesi akhir menutup secara resmi kegiatan Festival Lokal belajar.id ini sekaligus menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta .

Dengan berakhirnya kegiatan ini semoga banyak sekali wawasan baru yang bisa didapat di hari ini, tentu diimulai dari bagaimana pengimplementasian Akun belajar.id tersebut dan juga dapat menjanjikan energi dan semangat dalam menjalankan tugas wajib sehari hari. Tutur Husni.

Published : ARS