Dinkes Soppeng Gelar Ramah Tamah HKN ke 58 Tahun, Sallang Beberkan Arti Logo Hari Kesehatan Nasional 2022 -->

Translate


Dinkes Soppeng Gelar Ramah Tamah HKN ke 58 Tahun, Sallang Beberkan Arti Logo Hari Kesehatan Nasional 2022

Selasa, 15 November 2022

Kadis Kesehatan Kabupaten Soppeng Sallang, SKM, Mkes saat memberikan sambutan di HKN ke 58 tahun 2022 (Ist).

Soppeng, Celebesindo.com,- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun, Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng yang di komando Sallang, SKM, Mkes menggelar acara ramah tamah yang dilangsungkan di Hark Cafe & Eatry Malaka
Senin, 14 November 2022.


Pada pelaksanaan kegiatan ramah tamah tersebut, acara diawali dengan pemutaran video selayang pandang aktifitas tenaga kesehatan dalam pelaksanaan pengendalian Covid-19  mulai dari Tim Surveilans, PSC 119 Soppeng, Labkesda Soppeng, Perawatan Isolasi Covid-19, tim logistik obat dan vaksin sampai pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19.


Sekretaris dinas kesehatan kabupaten soppeng A. Risga Sarwaty. S,STP, M.Si selaku ketua panitia pelaksana, dalam laporannya mengatakan,"Tujuan pelaksanaan kegiatan hari kesehatan nasional ini untuk meningkatkan semangat kepedulian komitmen dan gerakan nyata bidang kesehatan di Kabupaten Soppeng, menjadi ajang silaturahim antara pemerintah daerah Kabupaten Soppeng dan tenaga kesehatan selama kurang lebih 2 tahun bergelut dengan pandemi covid 19 di mana selama pandemi kegiatan seperti ini ditiadakan, menjadi ajang untuk menampilkan bakat dan kemampuan para tenaga kesehatan baik olahraga maupun seni serta ajang pemberian penghargaan bagi tenaga kesehatan yang berprestasi".


"Kegiatan ini juga menjadi ajang refreshing bagi tenaga kesehatan setelah 2 tahun bergelut dengan pandemi covit-19 sehingga lebih termotivasi dan lebih semangat lagi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan menuju Soppeng yang lebih melayani, maju dan sejahtera". 


"Adapun jenis-jenis kegiatan yang dilakukan yaitu lomba olahraga dan seni, penilaian kebersihan antar UPTD dan penilaian pengelolaan program kerja yang dianggap berprestasi di Tahun 2022.


"Selain itu juga dilakukan upacara yang dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah.


"Adapun para peserta terdiri dari seluruh ASN dan non ASN dari dinas kesehatan, Rumah Sakit Latemmamala Soppeng, Labkesda Soppeng, PSC 119 Soppeng dan UPTD Puskesmas Se-Kabupaten Soppeng.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten soppeng, Sallang, SKM, M.Kes dalam sambutannya mengatakan,"Salah satu perayaan di bidang kesehatan yang tidak pernah terlewatkan adalah perayaan Hari Kesehatan Nasional yang kita kenal dengan HKN dirayakan setiap tanggal 12 November setiap tahunnya.


"Adapun tema Hari Kesehatan Nasional pada tahun ini adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” yang melambangkan semangat untuk kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dengan penuh produktivitas karena 2 tahun terakhir ini kita bergelut dengan Covid 19 yang telah menyentuh seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia.


"Adapun logo Hari Kesehatan Nasional 2022 ini adalah kupu-kupu yang memiliki 6 daun sayap yang merepresentasikan 6 pilar dari transformasi bidang kesehatan, yang pertama adalah transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan". beber Kadiskes Sallang.


"HKN ke 58 Tahun 2022 menjadi peluang dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih Prima lebih luas jangkauannya dan juga lebih cepat dalam memberikan layanan kepada masyarakat maka dari itu dilakukan transformasi kesehatan dengan 6 pilar.


"Kementerian Kesehatan ingin menunjukkan bahwa pada saat kondisi terpuruk seperti sekarang ini kita harus bangkit dan pulih kembali dan ekonomi akan pulih kembali jika tentunya didukung oleh kebersamaan dan kerja keras semua pihak sesuai dengan kewenangan masing-masing".


"Pelayanan kesehatan bukan hanya merupakan proses pengobatan yang diberikan kepada masyarakat tetapi di Puskesmas atau rumah sakit namun yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana era pencegahan penyakit dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat kerjasama lintas sektor harus menjadi keutamaan semua kerjasama lintas sektor ini merupakan keniscayaan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan kesehatan masyarakat, karena tanggung jawab masalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab petugas kesehatan saja tetapi menjadi tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, kita patut bersyukur dan bangga karena pemerintah daerah Kabupaten Soppeng selalu peduli kepada kita semua".


"Pada kesempatan ini pula saya sampaikan bahwa dari seluruh UPTD Puskesmas di Kabupaten Soppeng sudah terakreditasi semua dan sudah menjadi puskesmas badan layanan umum termasuk juga rumah sakit kita yang sudah paripurna".


"Oleh karena itu, kita sangat berharap tidak ada alasan untuk tidak memberikan pelayanan yang paripurna kepada masyarakat".


Sementar itu, Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP dalam sambutannya mengatakan,"
"Atas nama pribadi dan pemerintah daerah Kabupaten Soppeng menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kita semua terutama para tenaga  kesehatan yang ada di Kabupaten Soppeng atas semua kerja kerasnya selama masa pandemi". 


"Setelah upacara tadi, saya mengikuti rapat secara virtual dengan Kemendagri terkait masalah inflasi yang terjadi di pemerintah Pusat.


"Semoga di Kabupaten Soppeng hal tersebut tidak terjadi, sehingga mari kita bahu membahu dan saling berkerjasama, imbuh Wabup Soppeng Lutfi Halide.


"Oleh karena itu, melalui peringatan HKN ini, mari kita merenung dan mengevaluasi apa yang sudah dilakukan".


"Mari kita memposisikan diri, karena ini adalah tantangan yang sangat berat apalagi masa pendemi yang berakhir, sekarang terjadi krisis global dan pemanasan global.


"Saya harap kepada para tenaga kerja untuk selalu melibatkan diri dan terdepan di program pemerintah Daerah.


"Apalagi saat ini ada program menanam 1 juta cabe, Ini adalah anjuran dari Bupati Soppeng untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga".


"Tak lupa, atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada keluarga Almarhum Bapak Paturusi, AMd, Kep, Kepala Puskesmas Pacongkang periode 2018-2021 atas semua pengabdian dan jasanya yang telah gugur di masa Pandemi Covid-19 kemarin, ucap Wabup Soppeng Lutfi Halide menutup sambutannya.


Acara dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan pemerintah provinsi sulawesi selatan kepada kabupaten soppeng sebagai kabupaten inisiatif integrasi bian dan vaksinasi covid-19 oleh kepala dinas kesehatan kepada Wakil Bupati Soppeng.


Selanjutnya, Penyerahan piagam penghargaan oleh Wakil Bupati soppeng kepada ahli waris Paturusi, AMd, Kep, atas segala jasa-jasa dan pengabdiannya dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Soppeng dan gugur dalam perjuangan melawan Covid-19.


Penyerahan secara simbolis kendaraan roda dua untuk 8 Puskesmas oleh wakil bupati soppeng, dilanjutkan penyerahan secara simbolis kartu BPJS ketenagakerjaan.


Penyerahan bingkisan kepada Purnabakti dinas kesehatan Kabupaten Soppeng oleh kepala dinas kesehatan Kabupaten Soppeng.


Pengumuman penerima Penghargaan Tenaga Kesehatan berprestasi baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten, serta dilanjutkan pengumuman juara lomba olahraga dan seni dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke -58 tingkat Kabupaten Soppeng tahun 2022.


Turut hadir, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, perwakilan Anggota Forkopimda Kabupaten Soppeng, Sekretaris Daerah, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, para Kepala SKPD, para Camat  se Kab. Soppeng, para Kepala Puskesmas se Kabupaten Soppeng,  Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Soppeng, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Soppeng, para Ketua Organisasi Profesi tenaga kesehatan, para tenaga kesehatan se Kabupaten Soppeng.


.

(Red/Yulisa Muhrin)