Wabup Soppeng Lutfi Halide Bacakan Amanat Menpora di Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022 -->

Translate


Wabup Soppeng Lutfi Halide Bacakan Amanat Menpora di Hari Sumpah Pemuda Ke 94 Tahun 2022

Jumat, 28 Oktober 2022


Soppeng, Celebesindo.com, Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP memimpin upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 Tahun 2022 yang dilangsungkan di lapangan Upacara Kantor Bupati Soppeng Jl. Salotungo Kelurahan Lalabata Rilau Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Jumat pagi, 28 Oktober 2022.

Kegiatan hari sumpah pemuda ke 94 tahun ini bertema," Bersatu Bangun Bangsa".

Dalam kegiatan tersebut yang ertindak selaku Komandan Upacara yaknk Mahruddin Hamid, SP (Perwakilan Pemuda Pancasila Soppeng), sementara Inspektur Upacara dan atau yang memimpin upacara yaknk Wakil Bupati Soppeng Ir. H. Lutfi Halide, MP.

Sementara itu Pembacaan Doa disampaikan oleh Wawan Dermawan S.IP, Perwakilan Pemuda Ansor kabupaten Soppeng.

Setelah Pengibaran Bendera, dilanjutkan pembacaan Teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Ulil Amri, SP dari Perwakilan AMPI Kabupaten Soppeng, dan Naskah Teks Sumpah Pemuda oleh Aswan M Sharif S.Pdi dari Perwakilan KNPI Soppeng beserta perwakilan pelajar dengan pakaian adat nusantara.


Sambutan seragam Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide mengatakan, "Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

"Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

"Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

"Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.

"Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa".

"Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

"Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

"Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang.

"Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

"Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya.

"Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.

"Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

"Pada kesempatan yang baik ini, bermula dari Titik Nol Ibu Kota Nusantara, kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

"Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni, pungkasnya.


Sekedar diketahui para peserta Upacara perintah Hari Sumpah Pemuda di kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan terdiri dari - 1 SST anggota Kodim 1423/spg, - 1 SST anggota Polres Soppeng, - 1 SST Satpol PP, - 2 SSK Gabungan Pegawai pemda Kab. Soppeng, - 5 SST Mahasiswa, - 1 SST Pramuka.

Turut Hadir dalam kegiatan ini yakni, Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda Kabupaten Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Para Kepala SKPD Kab. Soppeng, para Ketua Organisasi Kepemudaan (OKP) Kabupaten Soppeng.

(Red)