KKKS-SD Kec.Lalabata Soppeng Disambut Baik oleh Dinas Dikmudora Kep. Selayar -->

Translate


KKKS-SD Kec.Lalabata Soppeng Disambut Baik oleh Dinas Dikmudora Kep. Selayar

Kamis, 06 Oktober 2022


Selayar, Celebesindo.com,-Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (KKKS SD) Se-Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng berkunjung ke Pulau Selayar dalam rangka melakukan studi tiru selama tiga hari, 04-06 Oktober 2022.

Rombongan yang berjumlah 55 orang terdiri dari Kepala Sekolah SD, Korwil.UPTD, Pengawas, Kabid. Dikdas, Kasubag. Keuangan Disdikbud, Kasi. PTK PAUD dan PNF, dan Sekretaris K3S SD Tingkat Nasional.

Rombongan K3S SD Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid.Dikdas) Disdikbud Soppeng Dr. Nur Alim, M.Pd diterima langsung dengan sambutan hangat dan akrab oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Selayar Drs. Mustakim KR, M.Pd yang didampingi oleh Sekretaris Dikmudora, Kabid, Kasi, Ketua K3S, dan MKKS, serta seluruh jajaran Dikmudora Kab. Kepulauan Selayar di Aula kantor Dikmudora Benteng Kepulauan Selayar.


Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Soppeng selaku pimpinan rombongan, ia mengatakan bahwa, Kami sangat mengapresiasi sekali dan berterima kasih yang tak terhingga atas pelayanan rombongan K3S Kabupaten Soppeng yang begitu luar biasa dan maksimal oleh Dinas Dikmudora dan K3S.
"Terkhusus kepada Pak Mustakim (Kadis.Dikmudora) beliau adalah teman karib semasa di bangku kuliah di IKIP. Kadis bersama Kabid, Kasi, bahkan dari MKKS dari awal keberadaan rombongan Soppeng sampai pada hari ketiga kami terus dikawal ke mana-mana". Tutur Nur Alim.

Lanjut pemaparannya, Kedatangan rombongan ini tidak lain adalah saling belajar, saling menginspirasi, bahkan saling membangun sinergitas untuk kemajuan pendidikan bersama antara kedua pulau, dan yang paling penting adalah jalin silaturahmi untuk mempererat persaudaraan. Olehnya itu kami berharap di lain kesempatan pihak Dinas Dikmudora dan K3S SD maupun MKKS Kep.Selayar bisa berkunjung balasan ke Disdikbud Kabupaten Soppeng untuk saling sharing dan belajar tentang program-program apa yang sudah dikembangkan di sini".

Dan terakhir pesan berharga yang saya sampaikan kepada seluruh peserta Studi Tiru maupun kepada teman-teman K3S di Selayar untuk diterapkan secara bersama-sama adalah ingat, bahwa konsep belajar dan mengajar bagi guru profesional itu ada beberapa diantaranya 1. Guru harus belajar sebelum mengajar. 2. Guru harus mempersiapkan pembelajaran yang menyenangkan 3.

Pelaksanaan pembelajaran yang tidak mengenal waktu dan ruang/tempat. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan studi tiru dapat lebih mengayakan kesiapan guru". Ucap Dr. Nur Alim diakhir sambutannya.

Sementara itu, Asrianto, S.Pd.,M.Pd Ketua K3S SD Kecamatan Lalabata Kab. Soppeng selaku Koordinator Rombongan K3S memaparkan agenda kegiatan selama tiga hari diantaranya; Rombongan tiba dan diterima di Dinas Dikmudora Kep.Selayar, Malam Ramah Tamah di Aula, Kunjungan ke UPT SDN Benteng Selatan No.1 Kep.Selayar dan UPT SDI Benteng No.58, Kunjungan ke Museum Tanadoang dan Museum Nekara (gong tertua), Kunjungan ke Pantai Sunari, Kunjungan ke Dekranasda Selayar dan Pasar Rakyat, dan dilanjutkan kegiatan rutin K3S SD di Hotel Selayar Beach.

Dipaparkan pula bahwa, kegiatan studi tiru K3S SD yang kami gelar ini, selain menambah pengalaman teman-teman buat para Kepala Sekolah SD pada sistem pendidikan di luar kabupaten, kami juga dari K3S SD Kec. Lalabata mengikutkan para Kepala Sekolah dan Pengawas yang sudah memasuki masa purnabakti sebagai bentuk penghargaan atas kebersamaannya selama menjabat sebagai Aparatur Negara atau Abdi Negara. Ucap Asrianto.


Sementara itu, Sekretaris Nasional KKKS-SD, Wahidin, S.Pd.,M.Pd sangat mengapresiasi atas kegiatan yang digelar K3S SD Kec.Lalabata di Kepulauan Selayar, ini menandakan bahwa K3S sudah berubah dan berkembang atas program program yang dijalankan selama ini dan semoga dengan pertukaran informasi dan inovasi dapat membangkitkan upaya peningkatan mutu bagi peserta studi tiru maupun tuan rumah. Sukses untuk semuanya. Tutur Wahidin.

Published: ARS