Ini Pesan Bupati pada Pesta Adat Pattaungeng Situs Arung Palakka di Takalala Soppeng -->

Translate


Ini Pesan Bupati pada Pesta Adat Pattaungeng Situs Arung Palakka di Takalala Soppeng

Minggu, 09 Oktober 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Bupati Soppeng yang diwakili oleh Asisten Satu Drs. Andi Makkaraka. M.Si, menghadiri Pesta Adat Pattaungeng Situs Arung Palakka yang digelar di Tettikenrarae Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng 5 Oktober 2022.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Ketua MARS Kabupaten Soppeng, Segenap pimpinan SKPD Kabupaten Soppeng, Staf Kebudayaan Disdikbud Soppeng, serta Tokoh Masyarakat.

Selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng Andi Sumangerukka Syahrazad, SE, S.Sos, M.Si menyampaikan terimakasih dan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Masyarakat Sekitar Situs Arung Palakka Tettikenrarae Kelurahan Tettikenrarae Kecamatan Marioriwawo atas sinergi, kolaborasi dan kerjasama yang ditunjukkan dalam penyelenggaraan kegiatan Pesta Adat Pattaungeng ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan dan sebagai usaha untuk melestarikan dan mempertahankan budaya dan tradisi yang menjadi warisan leluhur kita di masa lampau. Kegiatan ini telah dilakukan secara berkala atau periodik oleh masyarakat sekitar Situs Arung Palakka Tettikenrarae, tepatnya di tempat ini.

"Pemerintah telah berupaya memberi fasilitasi melalui APBD. Ucap Andi Sumangerukka.

Lanjut penyampaian Andi Sumange Melalui kegiatan ini, sejarah, tradisi dan adat kebiasaan leluhur kita sendiri di masa lampau dapat diketahui dan dipahami secara baik oleh generasi muda.

Kita tidak ingin budaya lokal kita punah dan melupakannya, apalagi di tengah arus globalisasi dan digitalisasi sekarang ini, sehingga generasi muda kita dapat terkena penyakit ‘amnesia’ di mana mereka lupa sama sekali dengan budaya dan adat istiadat sendiri, tapi sangat fasih dengan budaya dan adat istiadat bangsa lain.

Hal ini tentu kita tidak inginkan bersama. Tutur Pak Kadis.

Sementara itu dalam sambutan Bupati yang diwakili oleh Asisten Satu Drs. Andi Makkaraka. M.Si, disampaikan bahwa pagelaran Pesta Adat ‘Pattaungeng’ ini menjadi media pengetahuan dan penyebarluasan budaya dan tradisi sekaligus mengingat kembali sejarah yang telah diukir oleh nenek moyang kita di masa lampau.


Bahkan Pesta Adat ‘Pattaungeng’ ini telah mendapat Sertifikat Pengakuan dari Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) orang Soppeng pada Bidang Ekspresi Budaya Tradisional pada tahun 2022 dan telah didokumentasikan dan diarsipkan dalam Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Indonesia.

"Ini adalah bentuk keseriusan pemerintah kabupaten dalam melestarikan budaya dan adat tradisi lokal kita.

Dengan itu, generasi muda kita diharapkan menjadi generasi muda millenial yang tetap mengenal budaya dan tradisinya sendiri dan tetap juga mengembangkan diri dengan berinteraksi dengan budaya lainnya.

Pesta Adat ‘Pattaungeng’ mengangkat nilai karakter dan nilai budaya lokal kita, yaitu selalu bersyukur kepada Tuhan atas limpahan hasil dari usaha dan kerja keras.

Selain itu, nilai budaya gotong royong, sipakatau, sipakalebbi, sipakainge menjadi penopang segala usaha dan urusan antar sesama anggota masyarakat. Nilai budaya itulah yang perlu terus dilestarikan dan dipastikan terpelihara di tengah-tengah era globalisasi dan digitalisasi ini.
Globalisasi dan digitalisasi ini sebaiknya dimaknai secara positif dan dimanfaatkan untuk kepentingan perkembangan dan pembangunan daerah dari semua sektor termasuk dari sektor budaya.

Kehidupan kita sekarang ini tidak bisa lagi dipisahkan dengan ‘digital’ secara tidak langsung. Ini tentu merupakan peluang dan potensi yang dapat mendukung pelestarian budaya.

Kegiatan-kegiatan Pesta Adat ‘Pattaungeng’ seperti di Situs Arung Palakka ini sudah saatnya didokumentasikan secara digital dan disebarluas untuk diketahui secara luas oleh masyarakat, khususnya generasi muda kita, bahwa di tempat inilah Arung Palakka dilahirkan, sebagai Putra kelahiran Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Arung Palakka menjadi bahagian yang tidak terpisahkan dari sejarah peradaban Nusantara, Indonesia, apalagi peradaban di Kabupaten Soppeng.

Pemahaman ini akan menjadi perekat dan ikatan emosional sesama generasi muda Kabupaten Soppeng dan sesama orang Bugis.

Pemahaman kebesaran Arung Palakka di masa lalu akan menjadi salah satu sumber inspirasi penguatan karakter generasi muda kita di era digitalisasi sekarang ini.

Pemahaman dan pengetahuan budaya sendiri akan menjadi ‘benteng’ kuat yang diharapkan mampu bertahan dari tantangan di tengah arus globalisasi. Pungkas Andi Makkaraka.


Di tempat yang sama Dr. Karim, M.Pd Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat sekitar atas bantuan dan suksesnya pagelaran pesta adat ini dan mengajak kepada masyarakat pada kesempatan pagelaran pesta adat ini, untuk mengambil hikmah dan manfaat dari kegiatan kita ini serta mereviu kembali betapa perlunya mempertahankan sifat gotong royong sebagai nilai budaya warisan nenek moyang kita di tengah - tengah kehidupan kita sekarang ini. Ujar Dr. Karim.

Published : ARS