Hadapi Krisis Global Bupati Soppeng Pastikan Dukung Usaha Produktif, Peralatan dan Modal Kerja -->

Translate


Hadapi Krisis Global Bupati Soppeng Pastikan Dukung Usaha Produktif, Peralatan dan Modal Kerja

Jumat, 14 Oktober 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak hadiri dan membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan DAK Nonfisik (PK2UMK) Tahun Anggaran 2022 Angkatan I yang dilangsungkan di Hark Cafe & Eatry Malaka, Jumat 14/10/2022.

Ketua Panitia, Kepala Dinas PPK & UKM dalam laporannya mengatakan,Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah "Untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, pengetahuan, wawasan maupun sikap nilai yang benar tentang Manajemen Usaha khususnya pelaku usaha mikro.

Selain itu juga untuk Mendorong para pelaku UMKM naik kelas, katanya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari efektif Untuk Angk.l dari Tanggal 14 S.D 15 Oktober 2022 dan Angk.2 dari Tanggal 16 hingga 17 Oktober 2022.

Peserta Pelatihan Kewirausahaan sebanyak 60 orang yang dibagi ke dalam 2 Angkatan / Kelas yang berasal dari para pelaku usaha mikro dari se-kabupaten Soppeng dari berbagai jenis bidang usaha yang ada.


Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE saat membuka secara resmi kegiatan ini, dalam sambutannya mengatakan,"saya ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta pelatihan ini. 

"Dimana tujuan dari kegiatan kita adalah bagaimana mengembangkan usaha yang sekarang sudah kita geluti. 

"Karena  pemerintah daerah senantiasa selalu memberikan dukungan serta upaya-upaya agar usaha kita bisa berkembang apa lagi dimasa sekarang ini kita menghadapi masalah krisis global. 

"Oleh karena itu, pemerintah daerah mengupayakan  pelatihan-pelatihan ini agar kita dapat tertib administrasi sehingga sistem usaha dapat berjalan dengan baik, dan tidak kalah pentingnya sekarang sudah dimasukkan produk lokal dalam E Katalog Lokal yang kedepannya nanti kita wajib masuk ke sistem itu tapi secara bertahap. 

"E-Katalog ini menggambarkan bahwa produk kita sudah resmi terdaftar dan bisa diakses dimana saja, terang Bupati Andi Kaswadi. 

"Namun yang menjadi tantangan kita yaitu bagaimana produksi kita bisa berskala usaha.

"Ini dapat menjadi peluang besar jika kita semua dapat berkolaborasi dan bekerjasama, papar Bupati Soppeng yang juga pengusaha ini.

Dikatakan Bupati Andi Kaswadi," Dirinya sangat optimis dan berharap agar kedepannya Kabupaten Soppeng dapat menjadi Kabupaten UMKM, sehingga kita harus saling menguatkan antara usaha kecil mikro untuk maju dan berkembang, sehingga kami butuhkan dukungan dari semuanya terutama komitmen dan konsistensi kita, ujarnya. 

"Terkait sutera, kami melakukan kerjasama dengan mitra kita dari Cina Hongkong yang sekarang mengembangkan produksi kokon serta masih banyak hal yang bisa kita kembangkan sehingga bisa memajukan sutera alam yang di Soppeng, bebernya. 

"Saya  berharap dalam kegiatan pelatihan ini, untuk melakukan kegiatan lanjutan agar dapat lebih fokus karena kita tidak melihat berapa pesertanya tapi kami inginkan kualitas dari pelatihan ini. 

"Sehingga kita bisa melihat yang mana bisa disupport dari segi peralatan dan modal kerja, Pungkas Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

Sumber: Humas Diskominfo Soppeng