Bersama Bupati Andi Kaswadi, Anggota DPR RI Hj Aliyah Mustika Ilham Gelorakan Germas di Soppeng -->

Translate


Bersama Bupati Andi Kaswadi, Anggota DPR RI Hj Aliyah Mustika Ilham Gelorakan Germas di Soppeng

Selasa, 18 Oktober 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Sosialisasi gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar bersama Mitra Kerja Komisi IX DPR RI Hj. Aliyah Mustika Ilham, SE yang dilangsungkan di Maryam Palace Hotel, Jl Kayangan, Selasa, 18 Oktober 2022.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan, "Atas nama pemerintah daerah Kab. Soppeng mengucapkan selamat datang kepada ibu Hj. Aliyah bersama rombongan yang nanti akan dilakukan sosialisasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kab. Soppeng.

"Sosialisasi ini dilakukan untuk menambah pemahaman kita bahwa gerakan masyarakat hidup sehat perlu selalu digelorakan apalagi dimasa Pandemi Covid-19 yang belum berlalu serta penyakit lainnya yang harus diwaspadai.

"Tentunya melalui kegiatan yang difasilitasi untuk anggota TP. PKK ini dilakukan karena semua jaringannya sampai di tingkat Dusun dan semua rumah tangga bisa dimasuki untuk menyampaikan hal-hal terkait Germas ini, sehingga hari ini kita berikan sosialisasi, kami yakin TP. PKK adalah yang paling tepat untuk menyambungkan informasi ini kepada masyarakat agar program Germas dapat dilakukan dengan baik.

Pada kesempatan ini pula saya sampaikan bahwa ibu Hj. Aliyah ini sangat membantu pemerintah dan masyarakat Kabupaten Soppeng.

"Karena semua fasilitas kesehatan, hampir semuanya dibantu walaupun bukan dapilnya, namun dengan hubungan emosional, kekeluargaan dan kekerabatan ini sehingga kita masyarakat Soppeng beruntung untuk mendapatkan fasilitas seperti itu, dengan demikian silaturahmi ini perlu terus terjaga dengan baik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Ibu hj. Aliyah.

"Saya berharap Kepada para peserta agar menyimak dengan baik sosialisasi ini, karena kita adalah pelopor dan pejuang yang memberikan inovasi kepada masyarakat dengan cara pola hidup sehat.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi IX Hj. Aliyah Mustika Ilham dalam arahannya mengatakan, "Kami bersama pemerintah terus gencar mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang di fokuskan pada tiga kegiatan yakni melakukan gerakan senam setiap hari, di samping itu mengkonsumsi buah dan sayuran serta memeriksakan kesehatan secara rutin.

"Di sini kami bersama pemerintah terus mengadakan, mensosialisasikan dan memfasilitasi pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik di Provinsi Sulawesi Selatan maupun di Kabupaten Soppeng pada umumnya serta Provinsi seluruh Indonesia.

"Saat ini kami sedang gencar-gencarnya melaksanakan giat bersama Kementerian Kesehatan untuk terus mengupayakan dan mengadakan fasilitas-fasilitas dan memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kesehatan melalui Kebutuhan Dasar Kesehatan (KDK) dan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).


"Oleh karena itu, kami menghimbau melalui Bupati Soppeng untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait kepesertaan BPJS yang memang ada subsidi dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota terkait dengan hal ini.

"Sekali lagi saya menghimbau kepada Masyarakat Soppeng untuk ikut mendukung program kerja pemerintah pusat dengan tetap menjaga dan memperhatikan kesehatan baik diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

"Karena apa yang kami lakukan merupakan tanggung jawab kami dengan tidak memilh-milih Kabupaten mana yang akan kami bantu, tapi kami selektif terhadap pemerintah Daerah yang memang mau di bantu,. pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Sallang, SKM, M.Kes kepada para peserta sosialisasi.

Sebelumnya, kedatangan Hj. Aliyah Mustika Ilham, SE disambut baik oleh Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE di Rumah Jabatan Bupati Soppeng yang selanjutnya melakukan kunjungan kerja di UPTD Puskesmas Salotungo bersama Kepala Balai Besar pelatihan Kesehatan Makassar, Dedi Mulyadi, SKM., M.Kes.

Turut hadir, Wakil Bupati Soppeng, Pengurus TP. PKK Kab. Soppeng, para Ketua TP. PKK Kecamatan se Kab. Soppeng.

(Red)