Kadis Dikbud Soppeng Hadiri Diseminasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 2 -->

Translate


Kadis Dikbud Soppeng Hadiri Diseminasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 2

Jumat, 23 September 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-UPT SPF SMP Negeri 2 Watansoppeng yang terletak di Jalan Pengayoman No.1, Lemba, Kecamatan Lalabata, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Diseminasi / Pameran Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Jumat, 23 September 2022 yang dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Andi Sumangerukka, SE., S.Sos., M. Si, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd, Kepala Bidang PTK Disdikbud Muhammad Husni, S.Pd.,M.Pd, beserta rombongan, Kepala UPT SPF SMP 2 Watansoppeng Jufri, S.Pd.,M.Pd dan seluruh Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, serta seluruh Siswa-siswi.

Andi Sumangerukka, SE., S.Sos., M. Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kegiatan aksi nyata ini sebagai wujud Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. 

Kurikum merdeka belajar intinya hanya 3 yakni Literasi, Numerasi dan Pembinaan karakter dalam arti luas dengan harapan kegiatan ini benar-benar bisa membentuk jiwa kewirausahaan bagi peserta didik dan kegiatan ini dilakukan bisa secara berkesinambungan disetiap jenjang pendidikan sehingga menjadi bekal bagi peserta didik kelak. Ungkap Andi Ukka.

Dikatakan pula bahwa, kegiatan ini bukan hanya sekedar digelar akan tetapi harus punya tujuan sebagai bentuk pembelajaran itu, di Sekolah bukan hanya yang sifatnya pembelajaran di dalam kelas tapi juga pembelajaran yang menghasilkan suatu produk. 

Dengan menggelar Karya atau Expo yang sangat spektakuler ini, semua hasil karya-karya siswa dari berbagai tema dan topik ditampilkan dengan menempati stand-stand yang sudah dipersiapkan oleh tim kurikulum dan kepanitiaan. Tutur Kadis Dikbud.

Sementara itu, Dr. Nur Alim, M.Pd selaku Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud yang menaungi Seksi Kurikulum menyampaikan harapannya bahwa, pagelaran diseminasi projek penguatan profil pelajar pancasila, dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Sambungnya lagi, Dalam kegiatan projek ini, peserta didik bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut, sesuai tahapan belajar dan kebutuhannya. Ungkap Dr. Nur Alim.

Di kesempatan yang sama, Kepala Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Muhammad Husni, S.Pd.,M.Pd juga sangat mengapresiasi kegiatan diseminasi projek penguatan yang digelar warga SMPN.2 Watansoppeng ini juga dapat mengispirasi sekolah yang lain dan peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya, Ia juga berharap benar-benar bisa diterapkan dengan maksimal dari profil Pancasila itu yaitu; beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berahlak mulia, bergotong royong, ada kreatif bernalar kritis, karakter, mandiri. Kemudian ada lagi berkepribadian sesuai dengan profil Pancasila. Ujar Kabid. Ketenagaan Muh.Husni.

Published : ARS