BKPSDM Kabupaten Soppeng Sukses Gelar Latsar CPNS Golongan III dan II Diakui KaPuslatbang KMP LAN RI Makassar -->

Translate


BKPSDM Kabupaten Soppeng Sukses Gelar Latsar CPNS Golongan III dan II Diakui KaPuslatbang KMP LAN RI Makassar

Jumat, 16 September 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Soppeng menggelar Upacara Pelepasan Pelatihan Dasar calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III dan II Pemerintah Kabupaten Soppeng kerjasama Puslatbang (Pusat Pelatihan dan Pengembangan) KMP (Kajian Manajemen pemerintahan) LAN (lembaga Administrasi negara) RI Makassar tahun 2022 yang dilangsungkan di Area Hark Cafe Malaka, Jumat malam, 16 September 2022.


Kegiatan yang dihadiri Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak ini bertema, "ASN Soppeng, ASN Berakhlak, we always give the best Contribution for Indonesia.


Dalam kegiatan ini acara diawali dengan persembahan tari Paduppa, Tari Kreasi Wonderland, penayangan video dokumenter dan paduan suara oleh CPNS golongan III dan II.


Kepala BKPSDM Kab. Soppeng, Hj. Andi Maria Razak, S.E. dalam laporannya mengatakan, Pelatihan dasar CPNS ini terdiri dari 2 (dua) angkatan yang diselenggarakan secara bersamaan yaitu latsar CPNS angkatan I dan II yang Insya Allah akan kita lepas ke instansi masing-masing pada hari ini.


"Kegiatan pembelajaran ini mengacu pada kurikulum yang ditetapkan dalam keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara RI Nomor 14 Tahun 2022 tentang kurikulum pelatihan dasar CPNS yang telah disusun untuk memenuhi kebutuhan pembentukan kompetensi CPNS sebagai pelayan masyarakat yang berkarakter dan profesional serta mampu menginternalisasikan dan mengimplementasikan Core Values ASN BerAKHLAK dalam mendukung Employer branding ASN "Bangga Melayani Bangsa".


"Pelatihan dasar CPNS ini telah dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan untuk setiap angkatan atau selama 511 JP (jam pelajaran) secara klasikal, beber Andi Maria Razak.


"Dalam acara tersebut juga dilakukan evaluasi terhadap peserta yang terdiri dari evolusi sikap perilaku, evaluasi akademik, evaluasi rancangan aktualisasi dan evaluasi penguatan kompetensi teknis bidang tugas, tegas Kepala BKPSDM Kabupaten Soppeng Andi Maria Razak.


Sementara itu, Kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar, Dr. Andi Taufik, M. Si dalam sambutannya mengatakan, "Pelatihan dasar yang dilakukan pemerintah Kabupaten soppeng ini selalu membuat sesuatu yang berbeda, karena saya sudah keliling kemana-mana namun Soppeng memang tempat yang keren dan luar biasa.


"Malam ini bukan penutupan tapi pelepasan peserta pelatihan dasar (Latsar) yang sesungguhnya akan memasuki pelatihan yang sebenarnya di tempat instansi masing-masing yang merupakan media pelatihan yang tidak pernah berakhir sepanjang menempuh karir sebagai ASN Republik Indonesia.


Kata Dia, "Acara yang dilakukan pemerintah Kabupaten Soppeng khususnya oleh BKPSDM dapat dimaknai sebagai momentum dan peristiwa pelatihan yang menjadi contoh baik bagi para peserta latsar ini.


"Karena pada acara pengembangan kompetensi ASN ini, Bupati dan Wakil Bupati Soppeng selalu kompak hadir bersama.


"Tentu kehadirannya tidak boleh dianggap biasa karena dalam urusan pengembangan SDM sesungguhnya adalah investasi masa depan.


"Sehingga dengan kehadiran 2 tokoh ini harus dapat dimaknai dengan baik karena itulah bentuk komitmen dari pimpinan daerah bahwa dalam menjalankan program pengembangan SDM kita tidak boleh main-main jadi harus dilakukan dengan serius.


"Saya ucapkan terima kasih kepada pengajar, fasilitator serta seluruh tim yang luar biasa dalam menjaga dan memberikan pelajaran yang baik sehingga adik-adik peserta Latsar ini dapat masuk ke gerbang pengabdian kepada bangsa dan negara.


"Kareba Latsar ini merupakan pelatihan yang strategis untuk mempersiapkan generasi muda yang milenial dan generasi emas Indonesia yang harus mendongkrak dan berperan untuk kemajuan Indonesia dengan menjadi ASN yang berakhlak, semangat juang dan memiliki karakter yang telah dibentuk dari pelatihan dasar ini, jelasnya.


"Saya sampaikan pula bahwa dari 87 peserta terdapat 84 peserta yang dinyatakan lulus, sedangkan 3 peserta dinyatakan ditunda kelulusannya.


"Sehingga, bagi peserta yang ditunda kelulusannya harus menyelesaikan beberapa persyaratan selama 15 hari kedepan.


"Kepada peserta yang dinyatakan lulus, kami ucapkan selamat karena telah melewati pelatihan ini dengan baik. semoga semua kompetensi dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari dan terus berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara, imbuhnya.


"Dan terima kasih secara khusus kepada Bupati, Wakil Bupati Soppeng dan seluruh jajarannya yang telah mempercayakan putra-putri terbaiknya untuk di didik di LAN dan diharapkan hubungan ini dapat berlanjut di masa yang akan datang.



Dikegiatan yang sama, Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE sekaligus melepas secara resmi peserta Pelatihan Dasar calon Pegawai Negeri Sipil Angkatan I dan II Pemkab soppeng mengatakan," Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar LAN Makassar, yang telah memberikan sesuatu yang sangat berharga serta melakukan yang terbaik kepada ASN yang ada di Kabupaten Soppeng.


"Hal ini merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dan diharapkan kedepan menjadi perhatian bagi kita semua.


"Karena masa kami pasti akan berakhir, sehingga saya secara pribadi diakhir kepemimpinan kami akan menyerahkan SDM (sumber daya manusia) yang baik kepada penerus kepemimpinan kami dimasa yang akan datang.


"Dengan demikian semua SDM dalam keadaan siap pakai dan siap dipertanggungjawabkan sehingga kami akan melakukan suatu proses yang bisa meningkatkan kualitas SDM ASN yang ada di Soppeng ini dengan membuat sebuah trobosan yang sangat dinamis untuk semangat dalam menjalankan tugas ASN dalam mengabdi bagi bangsa dan negara.


"Kepada para peserta agar menjadikan pengalaman ini sebagai suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan kita dalam melaksanakan tugas secara maksimal, pesan Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.


"Banggalah dengan apa yang dicapai hari ini, karena saya yakin kalian bisa menjadi generasi pelanjut kami di masa depan, jelas Andi Kaswadi.


"Mari kita bersama-sama menjalankan tugas dan tanggungjawab ini dengan keikhlasan kita bersama, imbuhnya menutup.


Acara dilanjutkan dengan penanggalan tanda peserta secara simbolis oleh Bupati Soppeng sebagai tanda kegiatan pelatihan dasar bagi calon ASN berakhir.


Kegiatan penanggalan kartu peserta turut didampingi Wakil Bupati Soppeng, kepala Puslatbang KMP LAN RI Makassar dan Kepala BKPSDM Kabupaten Soppeng.


Dilanjutkan penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati Soppeng kepada peserta terbaik sebagai berikut :


"Peserta terbaik angkatan II


1. dr. Nadia Ananda Elsinta.

2. Andi Naje Tenri.Sampeang, S.ST.

3. Mas Idil, S.Kep, Ners.


"Peserta terbaik angkatan III :


1. Izdihar Muhammad Jufri, Amd. LLAJ.

2. Riski Suherman Nur, Amd. Tem.

3. Andi Ayu Andari, AMd, Kep.


Turut hadir, Wakil Bupati Soppeng, para Kepala SKPD lingkup pemerintah Kab. Soppeng, para Kepala Bagian Setda Kabupaten Soppeng.


(Red)