Catatan Amanah Ketua KPU Soppeng Saat Jadi Pembina Upacara pada MAN 1 -->

Translate


Catatan Amanah Ketua KPU Soppeng Saat Jadi Pembina Upacara pada MAN 1

Minggu, 11 September 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Tegaknya sebuah negara adalah salah satu ditentukan oleh seberapa baik sebuah negara mengelola penggantian kepemimpinan nasionalnya melalui pemilu.

"Mengapa Pemilu penting dalam negara demokrasi. Dalam sejarah bangsa kita, sebelum namanya Negara Indonesia, pernah ada Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit yang keduanya runtuh dan bubar bukan karena invasi dan serangan bersenjata dari luar, tetapi kelemahan kegagalan melakukan pergantian kepemimpinan.

"Pelajaran yang dipetik dari sejarah bangsa tersebut adalah oleh pendiri bangsa Negara Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tgl 17 Agustus 1945 adalah peristiwa penting dalam pilihan bentuk negara dan pemerintahan yang demokratis.

"Itulah sebabnya secara reguler setiap lima tahun dilaksanakan Pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab/Kota untuk memastikan adanya kesinambungan dan penggantian kepemimpinan secara legal dan sah.

"Insha Allah, gelaran pemilu berikutnya akan kita laksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024 untuk pemilu legislatif dan eksekutif, ujar ketua KPU Soppeng Muh Hasbi saat menjadi pembina upacara bendera di MAN 1 Soppeng, Senin (12/9/202).

"Kami mengajak kepada siswa siswi yang lahir pada tgl 14 Februari 2007 yang SDH berumur 17 THN pada tgl 14 Februari 2024 sudah memenuhi syarat untuk memilih dan untuk berpartisipasi dalam setiap tahapan pemilu dan datang ke TPS.

"Sebagai anak bangsa pemilik masa depan, pemilu adalah sarana kedaulatan warga negara untuk menentukan perjalanan bangsa. Sama halnya ketika warga siswa siswi MAN 1 yang baru saja melakukan pemilu raya memilih Ketua OSIS itu adalah sebagai sarana pergantian kepemimpinan OSIS secara legal dan Sah.

"Saya ucapkan selamat kepada siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS MAN 1 Soppeng yang hari ini dilantik, berbahagialah bagi orang orang yang berorganisasi,

"Perbaikilah Negara Indonesia ini melalui pintu pemilu, dan perbaikilah sekolah kita MAN 1 melalui pemilu raya pemilihan ketua OSIS MAN 1, pungkas Ketua KPU kabupaten Soppeng.

(Red/Yulisa/JOIN)