Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun, PJB Gelar Berbagai Lomba Bertajuk Bertanding Untuk Bersanding -->

Translate


Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Tahun, PJB Gelar Berbagai Lomba Bertajuk Bertanding Untuk Bersanding

Jumat, 19 Agustus 2022


Luwu, Celebesindo.com, - Dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun republik Indonesia (HUT RI) yang ke- 77 pada tanggal 17 Agustus 2022, Warga Lingkungan Jawaro, Kelurahan Sengan, Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan yang tergabung dalam Pemuda Jawaro Bersatu (PJB) menggelar berbagai lomba di Jalan Banawae, Lingkungan Jawaro. Kamis (18/8/2022) Pukul 14:00 Sampai Menang.

Adapun kegiatan lomba modern dan tradisional ini yang di helat Pemuda Jawaro Bersatu (PJB), antara lain. Lomba Tarung Bantal, Lomba Galanto, Lomba Lari/Balap Karung, Lomba Makan Kerupuk dan Lomba Pukul Air Dalam Kantongan Kategori Anak-Anak dan Dewasa.

Meski terlihat sederhana, warga berantusias menyemarakkan kegiatan kemerdekaan dengan suka ria.

Kegiatan ini mengutamakan slogan kemerdekaan pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, serta mengusung tema, bertanding untuk bersanding.

Dalam suasana lomba tersebut, terlihat Kepala Lingkungan, Dusun Jawaro, Syukur Kasam tidak mau diam dan mengambil bagian dalam menyemarakkan kemerdekaan sebagai warga dan peserta Lomba pada kategori Lomba Tarung Bantal.

Meski kalah dalam pertarungan adu fisik yang menggunakan alat pemukul (bantal putih), yang diisi potongan-potongan kain. Ia sangat bersyukur telah mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Pemuda Jawaro Bersatu tersebut.

“Tidak jadi masalah kalah, yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai warga bisa menyemarakkan momentum HUT Proklamasi RI yang ke77 ini dengan suka ria, sebagaimana yang diusung adik-adik panitia, yakni Bertarung Untuk Bersanding” Ungkap Kepala Dusun Lingkungan Jawaro, Syukur Kasam.

Lanjut Syukur “Tak hanya itu, sudah kewajiban saya sebagai warga lingkungan jawaro, terlebih tugas saya sebagai Kepala Lingkungan mendukung penuh kegiatan ini” Tutupnya.

Selain itu, Pengagas Kegiatan Semarak Kemerdekaan Asmil Arsyad dalam kesempatannya menjelaskan bahwa.

“Saya tetap mensuport dalam memberikan gagasan kepada adik-adik, wajib mendukung adik-adik pemuda jawaro bersatu karena ini hal baik yang digagasnya.

""Terutama Ketua Panitia, karena kapan lagi kalau bukan sekarang dan siapa lagi kalau bukan kita anak kampung sini”. Singkat Asmil yang juga merupakan Ketua Anak Kampung Sini (AKAMSI) Luwu.

Tak hanya itu, kegiatan yang di helat mulai pukul 14:00 hingga pukul 17:30 (WITA) ini, merupakan kegiatan awal yang diselenggarakan oleh Pemuda Jawaro Bersatu (PJB) Luwu, dan di Ketuai langsung oleh Anggi Arianto dalam kesempatannya menambahkan bahwa “Ini kegiatan awal, dan berharap kedepan akan lebih dipermatap lagi, terutama hadiah dan pesertanya kita perbanyak” Cetus Anggi.

Anggi juga menambahkan bahwa “Kalau untuk rencana kedepan kita akan bikin di masing-masing dusun yang ada di Kelurahan Senga, intinya ada empat dusun.

"Dan untuk pendanaan kegiatan ini, murni dari warga sebagai bentuk penghormatannya kepada para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raganya untuk kemakmuran dan kedaulatan bangsa, tanpa ada bantuan dari Pihak Pemerintah Daerah maupun Keluarahan setempat”, terangnya.

Disela-sela akhir kegiatan, terlihat sejumlah warga turut hadir dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba, Yakni Zainuddin Bundu alias Ajis memberikan hadiah langsung kepada Juara I Lomba Tarung Bantal (Aidil), disusul juga Awaludding memberikan hadiah kepada Juara II Lomba Tarung Bantal (Fakih), dan selanjutnya untuk Juara III Lomba Tarung Bantal (Messi) diserahkan langsung oleh Syukur Kusam yang juga merupakan warga dan Kepala Lingkungan, Dusun Jawaro. (*)