Satpend Wilayah Gugus 3 Soppeng Gelar Tiga Agenda : Penyusunan KOS, Pembentukan Pengurus KKG dan Bimtek Akun Belajar -->

Translate


Satpend Wilayah Gugus 3 Soppeng Gelar Tiga Agenda : Penyusunan KOS, Pembentukan Pengurus KKG dan Bimtek Akun Belajar

Senin, 18 Juli 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Menindak lanjuti pertemuan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2022 di Pusat Kegiatan Belajar (PKB) tepatnya di UPTD SPF SD Negeri 3 Lemba Kecamatan Lalabata selaku sekolah inti dari gugus 3 Kabupaten Soppeng kembali digelar pertemuan dengan beberapa agenda penting dalam rangka pelaksanaan program Kemendikbud RI pengimplementasian kurikulum merdeka. Senin,18 Juli 2022.

Pada pertemuan K3S ketiga kali ini dalam waktu yang berdekatan, merupakan pergerakan pembenahan sistem kerja wilayah pendidikan pasca perubahan wilayah kerja gugus se-Kabupaten Soppeng dan dalam rangka pengimplementasian kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru 2022-2023 sehingga ada beberapa agenda yang perlu disegerakan pelaksanaannya, diantaranya; Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), efektivitas kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dengan pembentukan kepengurusan KKG Gugus 3 Kab. Soppeng, dan pengoptimalisasi penggunaan akun belajar oleh guru.


Pertemuan yang dihelat ini dihadiri oleh Hasanuddin, S.Pd.,M.Pd selaku Pengawas Gugus 3 dan para Kepala Sekolah SDN.3 Lemba, SDN.12 Biccuing, SDN.166 Lavurawung, SDN.29 Cenrana, SDN.30 Paowe, SDN.16 Liangeng, SDN.81 Belo (Kec.Ganra), SDIT Ar-Rahman, SDN.25 Madello, 176 Dabbare (Kec.Liliriaja) beserta seluruh guru (Kelas, PAI, PJOK) dan operator sekolah.

Pengawas Gugus 3 Hasanuddin, S.Pd.,M.Pd mengatakan bahwa, proses penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan perlu menjadi dokumen yang dinamis, yang diperbarui secara berkesinambungan, menjadi referensi dalam keseharian, direfleksikan, dan terus dikembangkan. Dan yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) antara satu sekolah dengan sekolah lainnya tentu saja berbeda, karena penyusunan ini dilihat dari kebutuhan serta karakteristik tiap satuan pendidikan tersebut. Dalam hal ini kami beri kesempatan kepala sekolah SDN.25 Madello H.Zainuddin, S.Pd memaparkan dokumennya sebagai acuan referensi pengembangan pada sekolah lain khususnya di gugus 3 Soppeng.


Sementara itu, Sekretaris K3S gugus 3 Falmunadi, S.Pd. memaparkan juga bahwa salah satu agenda pertemuan KKG yaitu pembentukan kepengurusan KKG Gugus 3 berharap adanya pengurus baru yang terbentu ini KKG bisa meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam menyiapkan rencana pembelajaran, bahan ajar dan perangkat penilaian serta metode pembimbingan siswa. Dalam pembentukan pengurus KKG gugus 3 Soppeng maka terpilihlah Ketua Andi Rahmayuddin, S.Pd (AR.Sulo) dari SDN.3 Lemba, Sekretaris Nurlina, S.Pd dari SDN.30 Paowe, Bendahara Erni Junaini, S.Pd dari SDN.3 Lemba, serta dibentuk pula kepengurusan Kordinator Kelas, PAI dan PJOK.


Ditempat yang sama disela kegiatan Gugus 3 Soppeng, Muh.Arfan Mubarak (Kep.SDN.86 Lajoa) selaku salah satu narasumber team Google Master Trainer mengatakan bahwa kami ada team diantaranya Herlina Syam, S.Pd (GMT L.1) dan Asri Hidayat, S.Pd (GMT). datang untuk berbagi bagaimana mengoptimalkan akun belajar yang sudah disiapkan oleh pemerintah, sebab menjadi seorang pendidik handal tentu membutuhkan perjuangan yang ekstra. Bukan hanya sekedar mengajar dan memberikan materi namun juga membekali diri dengan kemampuan yang lebih mendekatkan pada teknologi. Apalagi di era digitalisasi pendidikan, sayang rasanya bila kemampuan IT tidak bertambah padahal segala bahan yang diperlukan sudah ada. Kebutuhan akan akses internet, mentor, platform pelatihan digital sudah tersedia.

Published : ARS