Bersama Mentan SYL, Presiden Jokowi Kunjungi Pedagang Tradisional di Pasar Kabupaten Subang -->

Translate


Bersama Mentan SYL, Presiden Jokowi Kunjungi Pedagang Tradisional di Pasar Kabupaten Subang

Selasa, 12 Juli 2022


Subang, Jabar, Celebesindo.com, - Pedagang pasar tradisional di Kabupaten Subang, begitu bahagia saat ditemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (12/7/2022) siang.

Presiden Jokowi bertemu warga sambil membagikan amplop, sembako hingga kaus.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut antusias warga Subang. Bahkan sebagian dari mereka berlarian mengerumuni Presiden Jokowi sambil bersalaman. Warga yang bertemu Presiden Jokowi mengaku sangat senang.

Presiden Jokowi datang ke Subang, didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri BUMN Erick Tohir, dengan menggunakan helikopter dan mendarat di Lapangan Perum Sang Hyang Seri, Sukamandi.

Rombongan Presiden Jokowi langsung menuju Pasar Sukamandi, dan secara simbolis memberikan bantuan sosial.

Presiden Jokowi berharap, bantuan tersebut dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19.

Selain itu juga dapat memperkuat daya beli masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah setempat.

"Kita ingin, jangan sampai daya beli rakyat itu turun, sehingga kalau ada kelebihan di APBN, dari pajak, dari PNBP, dari pungutan ekspor akan juga diarahkan untuk masyarakat, untuk diperkuat daya belinya," tegas Presiden Jokowi.

"Jadi untuk program PKH, terutama juga untuk ibu-ibu yang memiliki usaha-usaha di rumah, usaha-usaha rumahan jadi tambahan modal Rp1,2 juta," ujar Presiden Jokowi didampingi Bupati Subang, Ruhimat, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Setelah menemui warga dan pedagang di Pasar Sukamandi, Presiden Jokowi langsung menuju Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) Subang, untuk meninjau koleksi dan konservasi plasma nutfah tanaman padi.

Setelah itu menuju unit produksi benih sumber padi, di mana varietas padi yang ada di Indonesia, dihasilkan di unit tersebut dan meninjau produk inovasi Kementerian Pertanian.

Presiden Jokowi di lokasi Unit Pengelolaan Benih Sumber melepas bantuan benih padi yang akan di kirim ke beberapa daerah. Di lokasi yang sama, Presiden Jokowi juga menanam benih padi hasil inovasi Badan Litbang Pertanian, didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (**)