Irsan Nur Kukuhkan Perhiptani Sulsel, Mentan SYL : Bisa Menjadi Pasukan Khusus Pertanian Indonesia -->

Translate


Irsan Nur Kukuhkan Perhiptani Sulsel, Mentan SYL : Bisa Menjadi Pasukan Khusus Pertanian Indonesia

Sabtu, 25 Juni 2022


Maros, Celebesindo.com,-Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong para Penyuluh Pertanian untuk memiliki kemampuan membaca tantangan agroklimat dalam upaya mempercepat terwujudnya ketahanan pangan nasional. Hal ini disampaikan Mentan saat memberikan arahan pengukuhan Ketua dan Wakil ketua PERHIPTANI Dewan Perwakilan Wilayah Sulawesi Selatan.

Menurut Mentan, PERHIPTANI bisa menjadi pasukan khususnya pertanian Indonesia dalam mewujudkan pembangunan pertanian berkelanjutan yang berkonsep maju, mandiri dan modern.

Penyuluh Pertanian memiliki peran penting dalam mendampingi petani dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas petani.

"Penyuluh pertanian ini adalah garda terdepan dalam pertanian kita sekarang.Kita ingin pembangunan pertanian yang dilakukan, bisa berjalan semaksimal mungkin. Sehingga petani bisa mendapatkan nilai tambah dari hal tersebut. Dan hal itu tentu membutuhkan peran dari penyuluh" Ujarnya.

Mentan menyampaikan bahwa penyuluh dan petani tidak usah takut untuk memajukan pertanian karna kita di pertanian memiliki program KUR untuk membantu petani maupun penyuluh.

Dalam sambutannya Mentan juga memberikan motivasi yaitu Pertanian bagaikan merpati putih yang tak pernah ingkar janji.


Selanjutnya Ketua umum Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Irsan Noor mengukuhkan ketua Kemal Redindo Syahrul Putra menjadi menjadi Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PERHIPTANI Sulawesi Selatan dan Muhammad Sidiq menjadi wakil ketua DPW PERHIPTANI Sulawesi Selatan Dewan Pengurus Daerah PERHIPTANI Sulawesi Selatan Masa Bhakti 2022-2026 di ruang pola, Maros, Sabtu (25/06/22)

Irsan Noor menyampaikan, Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI) merupakan organisasi profesi yang berasaskan Pancasila dan Bersifat Keilmuan, Keahlian, Persaudaraan, Kemasyarakatan, Kemandirian dan Tidak Berafilasi dengan organisasi politik. Implementasi asas dari sifat organisasi ini tercermin dalam program kerja organisasi dan seluruh aktifitas setiap anggota Perhiptani.

irsan Noor juga berharap PERHIPTANI memiliki visi dan misi dalam membangun Pertanian di sulawesi selatan serta mendukung berbagai program pembangunan yang dijalankan oleh Pemerintah.

“Diharapkan Perhiptani membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisien, dan produktif. Mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen penyuluhan pertanian serta membina jdalam mengembangkan profesionalisme dan menyalurkan aspirasi penyuluh pertanian” tutupnya.

(timhumas_bbppbk. ILhm/AL/YL)