Geliat Produk Unggulan Soppeng di Pra Penas Maros -->

Translate


Geliat Produk Unggulan Soppeng di Pra Penas Maros

Minggu, 26 Juni 2022


Maros, Celebesindo.com,-Gelaran perhelatan Pra Penas telah resmi di buka oleh Menteri Pertanian RI, Prof Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH yang diselenggarakan di Kabupaten Maros pada tanggal 25 sampai dengan 27 Juli 2022. 

Acara tersebut merupakan pemanasan awal sebelum penyelenggaraan Penas di Padang yg mana ada gelaran tersebut merupakan sebuah ajang silagurahmi, ajang temu usaha, temu profesi dan ajang pameran bagi seluruh komunitas kelompok tani  Andalan (KTNA) Seindonesia. 

Pada event tersebut KTNA Kabupaten Soppeng yg disupport oleh pemerintah daerah melalui dinas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan ketahanan pangan, dinas peternakan, kesehatan hewan dan perikanan mengusung tema “percepatan pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan agribisnis pertanian berbasis kearifan lokal” 

Dengan menampilkan produk unggulan lokal yang berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi Kabuoaten soppeng seperti kain sutera khas soppeng, tembakau khas soppeng, kopi mattabulu yg di sajikan mulai dr proses hulu sampai hilir. 

Disamping itu produk olahan lokal seperti kue tradisional (pipang, bolu cukke, nennu-nennu, rempeyek murbei dsb), Selama 3 hari pelaksanaan kegiatan tersebut, stand Kabupaten Soppeng dibanjiri pengunjung bahkan hasil produk lokal di borong oleh pengunjung dari provinsi lain. 

Hal ini disebabkan karna bahan pameran yg di pajang mempunyai ciri khas & cita rasa sendiri yang jarang ditemui di daerah lain. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Soppeng bersama Wakil Bupati Soppeng mengajak para petinggi dan pejabat dari kabupaten lain serta pengunjung lain untuk mencicipi dan ngopi bareng di stand Soppeng sambil merasakan sensasi kopi mattabulu serta merasakan cita rasa tembakau khas soppeng sebagai salah satu komoditas andalan. 

Ketua KTNA Kab.Soppeng, Mursalin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pertanian RI, Pemkab Maros serta terkhusus Pemda Kab.Soppeng atas dukungan penuh baik melalui dukungan penguatan kelembagaan maupun penganggaran sehingga KTNA Soppeng dapat eksis dan sukses pada penyelenggaraan Pra Penas kali
Ini. 

"Begitupun juga instansi terkait (Dinas pertanian dan dinas peternakan) sebagai leading sektor yg menangani kegiatan tersebut sangat membantu dan mensupport ajang bergengsi ini."kata Mursalin 

(Red/Y)