Wakil Bupati Soppeng Hadiri Pembukaan Ocean Fest Vol. IV -->

Translate


Wakil Bupati Soppeng Hadiri Pembukaan Ocean Fest Vol. IV

Jumat, 20 Mei 2022

Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide (Ist).

Soppeng, Celebesindo.com,- Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide, MP membuka secara resmi pembukaan Pentas Seni OCEAN FEST VOL. IV yang dirangkaikan dengan Pameran Seni dan Budaya OSIS UPT SMA Negeri 1 Soppeng Periode 2021/2022 yang dilangsungkan di Lapangan Gasis Watansoppeng, Jumat, 20 Mei 2022


Acara yang diselenggarakan oleh Osis SMAN 1 Soppeng diawali dengan persembahan tarian padduppa kemudian dilanjutkan pengalungan kain sutera kepada Wakil Bupati Soppeng (Ir. H. Lutfi Halide, MP) dan Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Wajo (M. Yahya, S.Sos., M.Si.).


Ketua panitia, Andi Dwi Alika Iswardani dalam laporannya mengatakan," Acara pensi atau pentas seni OCEAN Fest Vol. IV OSIS UPT SMAN 1 Soppeng ini merupakan acara yang rutin diselenggarakan oleh SMAN 1 Soppeng setiap tahun.


"Untuk temanya tahun ini kami panitia memilih tema "Wide Scope", penggunaan dua kata ini berasal dari bahasa latin yaitu "Wide" dan "Scope".


Wide berarti luas dan Scope yang berarti cakupan.


Wide Scope jika kita kaitkan dengan lautan dapat diartikan seperti lautan yang luas dan sangat dalam, terang Andi Dwi Alika.


Dia juga memaparkan bahwa Sama halnya dengan kebudayaan yang memiliki berbagai macam hal yang jarang kita ketahui, namun kita perlu menggali lebih dalam lagi kebudayaan-kebudayaan yang ada, jelasnya.


Kata Dia, "Jika kebudayaan semakin meluas, maka nilai-nilai yang terkandung di dalamnya akan semakin berkembang dalam kehidupan di era sekarang ini.


"Maka dari itu, OCEAN Fest Vol IV hadir untuk mengkaji lebih dalam kebudayaan tersebut, katanya.


"Adapun para peserta dari kegiatan ini yaitu siswa/siswa dari SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat se Kabupaten Soppeng dan Kabupaten Wajo.



"Kami juga mengadakan beberapa cabang lomba seni diantaranya Lomba gitar solo, lomba vokal solo, lomba Musikalisasi puisi, lomba tari kreasi, lomba cipta baca puisi, lomba musik tradisional. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 20 s/d 22 Mei 2022.


Sementara itu, Kepala UPT SMAN 1 Soppeng Naharuddin, S.Pd.,M.Pd dalam sambutannya mengatakan, "Saya ucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Soppeng ditengah kesibukannya dapat hadir diantara kita semua guna untuk membuka acara ini secara resmi.


"Dan tak lupa pula kepada Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo serta semua tamu undangan yang telah hadir di tempat ini untuk memenuhi undangan panitia.


"Kegiatan ini penting karena kegiatan ini adalah tempat untuk memberi ruang kepada anak-anak kita untuk menunjukkan talenta yang mereka miliki, sehingga kami menggagas kegiatan ini, dan ini merupakan tahun ke-4 yang para pesertanya mulai dari SMP sederajat untuk melihat potensi apa yang dimiliki oleh anak-anak kita.



"Oleh karena itu, kepada para peserta lomba dalam mengikuti kegiatan ini tidak usah cemas, Insya Allah yang juara pasti memang adalah juara.


"Karena setelah acara pembukaan ini, kami akan breafing dengan semua Bapak/Ibu yang bertugas menjadi Juri agar melakukan yang terbaik, katanya.


"Dan kepada panitia diharapkan melayani para peserta secara maksimal.


"Kami yakin dan percaya, berkat dukungan dari semua pihak kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.


Dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Soppeng, Ir. H. Lutfi Halide, MP saat membuka secara resmi kegiatan ini, dalam sambutannya mengatakan, "Saya atas nama pribadi dan pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng menyampaikan penghargaan yang setinggi- tingginya kepada kita semua terutama para Bapak/Ibu tenaga pendidik atas adanya inisiasi kegiatan ini walaupun kita berada di tengah kondisi pandemi yang menyebabkan perekonomian terpuruk.


"Saya sangat berharap, di kegiatan Ocean Fest Vol. V kedepannya, mari kita lebih tajam lagi, jika bisa kita lebih menonjolkan kearifan lokal yang ada di Kab. Soppeng.


"Tak kalah pentingnya bahwa dalam suatu pertandingan pasti ada yang menang dan kalah, namun saya yakin bahwa semua yang hadir dan mengikuti perlombaan disini adalah para juara dari sekolahnya masing-masing.



"Mari kita senantiasa bersinergi dengan pemerintah daerah, karena paradigma pemerintahan sekarang bukan lagi pejabat kekuasaan melainkan saya bersama Bupati Soppeng adalah pelayan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Acara dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya secara resmi acara Ocean Fest Vol. IV ini oleh Wakil Bupati Soppeng dan turut di dampingi oleh Kepala UPT. SMAN 1 Soppeng kemudian melakukan kunjungan ke tenda pameran seni dan budaya yang didalamnya terdapat barang dan makanan khas Kab. Soppeng.


Turut hadir, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Kab. Soppeng, Wajo, Sidrap, Wakasek SMAN 1 Soppeng bersama jajarannya, Ketua Umum Ikatan Alumni SMA 200/1 Watansoppeng, Kepala UPTD SMA/SMK/MA sederajat se-Kab. Soppeng dan Kab. Wajo, Kepala UPTD SPF SMP/MTS sederajat se-Kab. Soppeng dan Kab. Wajo, dan para Ketua OSIS UPT SMA/SMK/MA sederajat se-Kab. Soppeng dan Kab. Wajo.


Published : Yulisa Muhrin