Jadikan Generasi Bangsa Produktif dan Sehat, Pemkab Soppeng Ikut Tanda Tangani Komitmen Gerakan Bersama Remaja Sulsel Sehat -->


 

Translate


Jadikan Generasi Bangsa Produktif dan Sehat, Pemkab Soppeng Ikut Tanda Tangani Komitmen Gerakan Bersama Remaja Sulsel Sehat

CELEBESINDO
Jumat, 01 April 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng mengikuti kegiatan Gerakan Bersama Remaja Sulawesi Selatan Sehat secara virtual yang dilangsungkan di Aula MAN 1 Watansoppeng, Jumat (01/04/2022)

Acara ini berlangsung di Four Points Sherathon Makassar dan juga diikuti oleh 24 Kab/Kota se Sulsel.

dr. Arman Bausat, Sp.B, Sp.OT(K) Spine. Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dalam laporannya mengatakan, "Kegiatan ini dilaksanakan dengan fokus tujuan utama yakni untuk membawa anak-anak kita menjadi generasi penerus bangsa yang produktif dengan menjadi Indonesia Sehat.

Selain itu, juga kegiatan ini sebagai wujud komitmen dengan lintas program dan lintas sektor dalam mendukung program penurunan potensi stunting melalui pencegahan anemia pada remaja putri.

Dalam kegiatan ini akan dilakukan pencanangan Gerakan Bersama Remaja Sulawesi Selatan Sehat, dimana salah satu kegiatan yang akan kita lakukan adalah minum tablet penambah darah secara serentak di 24 Kab/Kota se Sulawesi Selatan baik secara Offline maupun Online dan penandatanganan komitmen bersama Gerakan Bersama Remaja Sulsel Sehat.


Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan dalam sambutannya mengatakan, " Kegiatan ini merupakan komitmen kami di Sulawesi Selatan untuk bagaimana mendukung anak sehat serta pencegahan potensi stunting sejak dini.

Dengan adanya kegiatan ini , hasilnya Alhamdulillah terjadi penurunan stunting di Sulsel secara signifikan, ungkap Gubernur Sulsel.
Dalam pelaksanaan program pencegahan stunting ini, Dinas Kesehatan melakukan 2 metodelogi yaitu melakukan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) dengan mengambil sampel di beberapa wilayah. Metode yang ke 2 (dua) yaitu melalui aplikasi Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM).

"Di tahun ini, kami melakukan penganggaran kepada TP PKK sebesar 150 juta untuk setiap Kab/Kota.

"Dan kepada PKK Provinsi saya sudah meminta untuk mengumpulkan semua data serta masukan Program kerja dari PKK Provinsi maupun PKK Kab/Kota yang nantinya akan kita selektif untuk dimasukkan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) provinsi dengan harapan dapat menjadi sinergitas yang kuat, Terang Andi Sudirman Sulaiman.

"Semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan di sekolah-sekolah yang ada di setiap Kab/Kota dengan meminum tablet penambah darah agar mereka dapat produktif, harap Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ketua Umum TP. PKK Pusat Ny. Tri Tito Karnavian, yang dalam sambutannya mengatakan, "Sebagai suatu bangsa yang besar, bangsa Indonesia sudah menetapkan arah pembangunan secara jelas yang telah tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4. Cita-cita tersebut juga ditegaskan oleh presiden sebagai suatu visi untuk mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045 yang harus disiapkan sejak sekarang.


"Pada kegiatan ini, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TP. PKK Prov. Sulsel dimana dalam kegiatan ini menciptakan generasi emas yang berkualitas, karena sebagaimana diketahui bahwa anemia adalah salah satu masalah kesehatan masyarakat yang dialami oleh semua kelompok umur utamanya remaja putri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari apalagi dalam memasuki masa pubertas.

"Melalui kegiatan ini para remaja putri diharapkan bisa mewujudkan cita-citanya yang bukan hanya sebagai ibu rumah tangga tapi juga sebagai generasi yang akan melanjutkan pembangunan Indonesia.

'Oleh karena itu, saya berharap kepada para remaja putri dapat memperhatikan kesehatannya, tandas Ny. Tri Tito Karnavian.


Acara dilanjutkan dengan pencanangan Gerakan Bersama Remaja Sulsel Sehat yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Naoemi Octarina (Ketua TP. PKK Prov. Sulsel) dan disaksikan secara virtual oleh Ketua Umum TP. PKK Pusat.

Dilanjutkan penandatangan komitmen bersama Gerakan Bersama Remaja Sulsel Sehat oleh Ketua TP. PKK Prov. Sulsel serta pemberian tablet penambah darah kepada para siswi setiap perwakilan sekolah yang dilakukan secara serentak di 24 Kab/Kota se Sulawesi Selatan

Untuk Kab. Soppeng jumlah peserta dari kegiatan ini adalah 35 siswi yang terdiri dari MAN 1 Soppeng (10 siswi), SMAN 1 Soppeng (5 siswi), SMPN 1 Watansoppeng (5 siswi), SMPN 3 Watansoppeng (5 siswi), MTS Pergis Ganra (5 siswi), penyandang Disabilitas (2 siswi) dan panti asuhan (3 siswi).

Turut hadir : Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Soppeng, perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial Kabulaten Soppeng, Pengurus TP. PKK Kecamatan Lalabata.

(Red)