Berbasis Profil Bisnis Budidaya Pertanian Padi Hingga Mengenal Alsintan, Sejumlah Tenaga Pemasar BRI Ikuti Training di BBPP Batangkaluku -->

Translate


Berbasis Profil Bisnis Budidaya Pertanian Padi Hingga Mengenal Alsintan, Sejumlah Tenaga Pemasar BRI Ikuti Training di BBPP Batangkaluku

Jumat, 22 April 2022


Gowa (Sulsel), Celebesindo.com, – Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku mendapat kepercayaan dari
BRI Corporate University Regional Campus Makassar melalui kegiatan Brilliant Specialist Development Program (BSDP) menyelenggarakan training berbasis Profil Bisnis Budidaya Pertanian padi bagi para tenaga pemasar (Account Officer Mikro).

Diselenggarakan di BBPP Batangkaluku. Berlangsung selama 2 hari, pelaksanaannya terbagi menjadi 2 tahap yaitu : tahap I mulai 18-20 April 2022 dan tahap II
20-22 April 2022. Diikuti 3 cabang, Kc. BRI Sungguminasa, Kc BRI, Mks Somba Opu, Kc. BRI Mks Panakkukang, jumlah peserta training sebanyak 62 orang terdiri dari 60 Mantri BRI dan 2 Pendamping BRI Corporate University Regional Campus Makassar. Kamis (21/4/2022).


Menurut Budiman, Learning Program and Partnership Campus BRI Makassar yang juga Ketua panitia kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah diharapkan dengan berkunjung ke BBPP Batangkaluku para peserta dapat memahami profil bisnis pertanian padi dari hulu sampai ke hilir dan pengetahuan wawasan mereka bisa bertambah sehingga bisa digunakan untuk bisa berkomunikasi atau menyuluh, memberi masukam atau teman ngobrol dengan petani atau nasabah mereka di unit kerjanya masing-masing, selaim itu juga bertujuan untuk membekali mantri dalam melayani nasabah yang mengajukan pinjaman modak kerja ke Bank BRI.

“Sehingga sangat diperlukan SDM profesional yang memiliki kemampuan kewirausahaan tentang profil bisnis terkait,”jelasnya.


Beliau juga menjelaskan bahwa metode training dilaksanakan secara on-site dan on the job training dengan metode learning, sharing session, diskusi, dan praktek lapangan yang difasilitasi oleh widyaiswara dari BBPP Batangkaluku yang tentunya kompeten di bidangnya.

“Efektifitas penyelenggaraan Pendidikan maka peserta ditetapkan maksimal 28 orang, dimana pada saat praktek lapangan dapat dibagi per kelompok tertentu yang didampingi oleh Widyaiswara BBP Batangkaluku sehingga semua Peserta dapat dipastikan terlibat dalam proses Pendidikan selama durasi yang telah ditetapkan,” katanya.


“Dengan peningkatan kemampuan ini para peserta bisa menjadi mantri yang semakin kompeten dalam melaksanakan tugasnya kedepan,”harapnya.

Sementara Budi Putra, Widyaswara BBPP Batangkaluku mengatakan sangat berterima kasih sudah mempercayakan BBPP Batangkaluku sebagai lokasi training, tentunya selama di BBPP Batangkaluku peserta dibekali berbagai ilmu antaranya, pengenalan pupuk kompos, proses penanaman padi hingga pasca panen, dan tentunya tak lupa mengenalkan tentang alat mesin pertanian baik itu traktor roda dua, traktor roda empat, transplanter, combain harvester dll.

(tim humas bbpp bk. AL/YL/ILM)