Sinergitas IGI Soppeng, Disdikbud, Kalla Toyota dan Polres Soppeng Dalam Upaya Peduli Terhadap Keselamatan Berkendara -->

Translate


Sinergitas IGI Soppeng, Disdikbud, Kalla Toyota dan Polres Soppeng Dalam Upaya Peduli Terhadap Keselamatan Berkendara

Selasa, 22 Maret 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Dalam mendukung aktivitas keselamatan berkendara sejak dini, Ikatan Guru Infonesia (IGI) Kab. Soppeng, bersama Disdikbud dan Kalla Toyota Soppeng selaku inisiator sosialisasi menggandeng Satlantas Polres Soppeng dalam upaya bersama mengadakan Sosialisasi Keselamatan Berkendara di Jalan Raya dengan topic "Safety Riding / Driving Course" yang digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng Senin, 21 Maret 2022.

Dalam kegiatan sosialisasi turut hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Andi Sumangerukka S, SE.,S.Sos.,M.Si), Ketua Ikatan Guru Indonesia IGI Kab. Soppeng (Muh. Arfan Mubarak, S.Pd), Baranch Manager Kalla Toyota Soppeng (Salahuddin, SE.,MH), Kasat Lantas Polres Soppeng (AKP H. Muh. Nawir, S.Sos), Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikbud Soppeng (Trusminardi, S.Pd.,M.Pd), Service Manager Kalla toyota Soppeng (M. Taufik), Kepala Sekolah dan Bendahara se-Kab. Soppeng, serta teman-teman panitia dari IGI Kab. Soppeng.


Ketua IGI Kab. Soppeng Muh. Arfan Mubarak, S.Pd selaku ketua panitia pada pelaksanaan ini melaporkan dalam sambutannya bahwa, Kegiatan Ini terselanggara atas kerja sama IGI Kabupaten Soppeng, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, SatLantas Polres Soppeng, dan Kalla Toyota Soppeng.

Peserta yang kami undang untuk mengadiri kegiatan adalah 38 SMP dan 254 SD yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan Bendahara sekolah Se Kabupaten Soppeng yang mana dilaksanakan Dua sesi yaitu Pagi dan Siang.

Adapun biaya yang timbul dari pelaksanaan kegiatan ini sepenuhnya tanggungan panitia pelaksana yang mana disupport oleh Kalla Toyota Soppeng.

Dikatakan pula dalam sambutannya, kebijakan-kebijakan yang ditempuh serta aturan dalam halnya keselamatan berkendara bagi peserta didik.

"Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah tingginya angka dan resiko kecelakaan lalu lintas serta rendahnya kesadaran dan pemahaman terkait aturan tertib berlalu lintas.

"Untuk itu kegitan sosialisasi ini kami laksanakan untuk memberikan pemahaman, tandas Ketua IGI.

Dalam Kesempata itu pula terdapat beberapa manfaat yang bisa peserta dapatkan khusus dari Kalla Toyota Soppeng Serfis Gratis bagi pemilik kendaraan roda empat khusus brand toyota, serta promo khusus angota IGI Kabupaten Soppeng dan peserta kegitan bagi yang berminat memiliki unit mobil toyota, dan kami dari IGI Kabupaten Soppeng Juga memberikan promo bagi sekolah yang memiki unit mobil Toyota mulai hari ini sampai sebelum Lebaran Idul Fitri Tahun ini, kami gratiskan biaya andministasi pendaftaran anggota IGI 5 orang pendidik dari sekolah tersebut.

Perlu kami informasikan bahwa keanggotaan IGI diperoleh dari inisiatif sendiri para pendidik untuk mendaftarkan diri sebagai anggota melalui website sistem informasi keanggotaan IGI secara online. IGI hanya mengenal biaya administrasi pendaftaran anggota sebesar 50 ribu dan setelahnya itu tidak ada lagi iuran, serta keanggotaanya berlaku selama yang bersangkutan menjadi pendidik dan tidak melanggar AD ART IGI.

Anggota Resmi IGI Kabupaten soppeng yang tercatat pada website resmi sisfo IGI adalah 523 pendidik dari PAUD hingga SMA.

IGI Kabupaten Soppeng memiliki banyak anggota yang bersertifikat trainer/pelatih nasional, bahkan dengan lisensi Kementerian Pendidikan, aset inilah yang selalu kami usahakan untuk dieksplorasi serta kami manfaatkan kompetensinya dalam berbagi bersama rekan-rekan guru yang lain.

Diakhir sambutannya, Saya selaku Ketua IGI Kabupaten bersama pengurus, anggota menyatakan kesediaan untuk terus bekerja, bersinergi dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kulaitas pendidikan di kabupaten Soppeng.

"Kami dari IGI Kabupaten Soppeng Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Soppeng Ke-761. Mari saling mendukung dengan Semangat YASSISOPPENGI.


Sementara itu, dalam sambutan Kasatlantas Polres Soppeng sekaligus Pemateri dalam sosialisasi ini AKP H. Muh. Nawir, S.Sos mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting, sebelumnya kami dari pihak Satlantas Polres Soppeng amat sangat berterima kasih kepada Disdikbud dan Kalla Toyota Soppeng atas inisiator sosialisasi ini, kegiatan ini sangat membantu kami dalam memberi edukasi kepada pengendara dan pengguna jalan yang dalam hal ini Kepala Sekolah akan menyampaikan kepada guru-guru untuk memberi pemahaman kepada peserta didik di sekolah.

Dalam hal ini, Kami sangat berharap agar tujuannya agar pemahaman berkendara aman dapat dipahami seluruh masyarakat ketika berlalu lintas di jalan raya terkhusus kepada peserta didik yang menggunakan kendaraan ke sekolah.

Tidak hanya untuk diri sendiri, pemahaman ini mampu menciptakan kondisi aman dan tertib bagi seluruh pengguna jalan raya," ujar Kasatlantas.

Saat ini angka kecelakaan lalulintas didominasi usia pelajar, untuk itu pihaknya bersama instansi terkait, berupaya dalam mengurangi tingkat kecelakaan di kalangan pelajar dengan edukasi kepada guru untuk disampaikan kepada peserta didik di sekolah.

Dan ketika dewasa beranjak ke remaja, nantinya bisa menjadi pengendara motor yang berperilaku tertib lalu lintas." ujar AKP. H. Muh. Nawir.


Menurutnya langkah sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan guru merupakan upaya preventif dalam menangkal keinginan anak dibawah umur memakai motor.

Pihaknya berharap, semua pihak sadar bahwa ada peraturan tentang usia mengendarai sepeda motor. Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh jajaran agar tidak memberikan kesempatan anaknya mengendarai motor hingga nanti cukup usia," tutupnya.

Published : ARS