Sederet Kegiatan di Hari Jadi Soppeng Ke 761 Tahun Yang Dihadiri Gubernur Sulsel -->

Translate


Sederet Kegiatan di Hari Jadi Soppeng Ke 761 Tahun Yang Dihadiri Gubernur Sulsel

Minggu, 27 Maret 2022


Soppeng, Celebesindo.com,- Gubernur Sulawesi Selatan menghadiri Peringatan Hari Jadi Soppeng ke-761 yang dilangsungkan di Lapangan Gasis Watansoppeng, Minggu, 27 Maret 2022.


Acara diawali dengan Persembahan Qasidah Rabbana Ihwan oleh Kelompok Tahfidz Latemmamala
Soppeng.


Pembacaan Sejarah Singkat Hari Jadi Soppeng oleh Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, H. Syahruddin M. Adam, S.Sos, M.M.


Dilanjutkan Penayangan Video Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Soppeng.


Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan, Peringatan ini adalah bagian dari wujud rasa cinta dan rasa syukur kita kepada Tuhan, terhadap bangsa dan masyarakat Kabupaten Soppeng yang merupakan rahmat yang sangat luar biasa sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan pada hari ini.


"Pada peringatan hari ini saya secara khusus ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulsel dan Ketua DPRD Prov. Sulawesi Selatan beserta seluruh anggota DPRD provinsi Selatan serta tamu undangan lainnya yang telah menghadiri undangan kami.


"Semoga kehadiran Bapak/Ibu menjadi motivasi buat kami dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Soppeng serta menjadi tanda mata bagi generasi saat ini dan juga bagi generasi akan datang.


"Pada peringatan hari jadi 761 ini, kami memasuki tahun kedua kami mengembang tanggung jawab sebagai bupati dan wakil bupati kabupaten Soppeng periode 2021-2026 melalui Visi/Misi yaitu Kab. Soppeng yang lebih melayani, maju dan sejahtera.


"Sehingga besar harapan masyarakat yang dititipkan kepada kami untuk menyelesaikan permasalahan sosial ekonomi masyarakat agar dapat diwujudkan.


"Namun kami percaya permasalahan ini dan harapan tersebut bisa terselesaikan atas dukungan dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat, para pemangku kepentingan dan tentunya khususnya yang ada di Kota Soppeng.



"Perkembangan Kabupaten Soppeng mulai dari periode pertama kami dan saat ini memasuki periode kedua tahun pertama kami bersama Wakil Bupati Soppeng, Bapak H. Lutfi halide MP, Alhamdulillah kesinambungan pembangunan yang ada di Kabupaten Soppeng dilakukang dengan semangat Yasissoppengi.


"Seperti apa yang telah kita saksikan tadi, ada beberapa pelayanan kesehatan yang telah ditampilkan dan semua itu hanyalah salah satu bagian kecil yang kami lakukan di tahun 2020 kemarin.


"Saat ini kami sedang menyelesaikan hampir semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Soppeng dan sudah memenuhi syarat untuk menjadi rawat inap serta sudah melayani daerah-daerah tetangga.


"Juga perlu Kami laporkan bahwa Rumah Sakit kami tahun kemarin telah berubah status menjadi tipe B yang dulunya Tipe C serta kami juga melakukan pelayanan kesehatan di bidang Covid-19 yaitu perawatan khusus rumah sakit Covid-19, kami memiliki mesin PCR yang dalam hal ini juga telah melayani Kabupaten Lain diantaranya Kabupaten Bone, Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Luwu.


"Mengenai kegiatan lain bahwa Soppeng ini adalah daerah yang paling panjang jalan provinsinya walaupun Soppeng adalah daerah yang paling kecil di Sulawesi Selatan tapi terpanjang jalan provinsinya.


"Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita sebagai masyarakat Kabupaten soppeng berterimakasih akan hal ini, jelas Bupati Andi Kaswadi Razak.


"Kami juga sangat mengapresiasi masyarakat Soppeng yang ada di luar yang ikut turut berkontribusi terhadap pembangunan yang ada di Kabupaten Soppeng.


"Disamping itu ada beberapa program nasional yang diperintahkan oleh presiden termasuk masalah vaksin dimana Kabupaten Soppeng tercepat di Sulawesi Selatan yang memenuhi target nasional dan saat ini petani kabupaten soppeng juga sudah mulai Mandiri dalam melakukan dan melaksanakan asuransi, dan program ini kita beri nama Sutasoma yaitu perlindungan terhadap para petani Kabupaten Soppeng, terang Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.


Acara dilanjutkan Penayangan Video pembangunan pemerintah Sulawesi Selatan di Kabupaten Soppeng.


Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dalam sambutannya mengatakan,"
Dalam pembangunan Sulawesi selatan, saya minta tolong kepada para warga khusus untuk para Bupati untuk turut mengawal setiap pembangunan, jika ada kebijakan yang salah maka didoakan agar mendapat petunjuk sehingga segala kabaikan akan dirasakan oleh seluruh masyarakat.


"Karena apa yang harus saya lakukan bahwa bagaimana menginjakkan kaki dipemerintahan ini dan tidak akan pernah menoleh kebelakang untuk menyesali apa yang saya lakukan karena setiap hari dan detik itu adalah sesuatu yang sudah maksimal dan kita terus bekerja untuk rakyat, sehingga insya allah kedepan kita selalu melihat kedepan saja.


"Karena yang terbaik bagi kita adalah bagaimana bekerja untuk rakyat, tegas Andi Sudirman Sulaiman.


"Terkait fasilitas infrastruktur, Alhamdulillah tahun lalu soppeng bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi, yang telah memberikan akses jalannya walapun masih ada sedikit jalan yang belum selesai kalau tidak salah.


"Ini adalah sinergitas bersama Bupati, dan saya yakin bupati bisa menyelesaikannya nanti.


"Kemudian, Anggaran yang telah kita alokasikan (2019-2022) untuk kabupaten Soppeng.


"Termasuk didalamnya tahun 2022 ini kita alokasikan Rp 194,5 Miliar untuk menangani sejumlah pembangunan infrastruktur.


"Diantaranya lanjutan penanganan ruas jalan Pekkae - Takkalalla yang menghubungkan kabupaten Soppeng dan Kabupaten Barru; ruas jalan Takkalasi - Bainange - Lawo yang menghubungkan kabupaten Barru dan kabupaten Soppeng; lanjutan pembangunan jembatan sungai Walemping dalam mendukung ruas Takkalasi - Bainange - Lawo.


"Selain itu, Kelanjutan pembangunan jembatan sungai Pacongkang juga dianggarkan Pemprov pada tahun 2022 dengan nilai sebesar Rp 66,5 miliar yang akan menghubungkan kabupaten Soppeng dan kabupaten Bone.


"Serta jalan HR tinggi yang kembali dilanjutkan yaitu ruas Soppeng - Batas Sidrap dan ruas Cabbenge - Soppeng. Termasuk penanganan pada ruas jalan Takkalalla - Cabbenge - Salaonro yang tahun ini dialokasikan Rp 19,3 Miliar.


"Disulsel, Alhamdulillah sudah luar biasa pertumbuhan ekonominya sudah diatas nasional 46,5 %, investasi juga meningkat 32 % di tengah pandemi, tak hanya itu kemiskinan juga berkurang dan penggaguran kita serap di tahun 2021 sebanyak 15.000 pekerja baru dan bahkan ekspor kita meningkat pesat sampai 25 % di tahun 2021 dan dibulan januari ini meningkat menjadi 70 %, saya memang menggenjot karena produksi kita juga banyak sehingga perlu di ekspor.


Acara dilanjutkan dengan,
1. Penyerahan Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Kepada Pemerintah Kab. Soppeng Oleh Gubernur Sulawesi Selatan Kepada Bupati Soppeng (didampingi Ketua DPRD Prov.Sulsel dan Wakil Bupati Soppeng) untuk mendukung pembangunan kawasan wisata alam lejja sebesar 20 Milyar Rupiah.


2. Penyerahan bantuan dari PT. Bank Sulselbar berupa motor sampah sebanyak 2 unit yang diserahkan oleh gubernur kepada bupati soppeng.


3. Penyerahan tenda kerucut sebanyak 16 unit kepada 8 kecamatan (masing-masing 2 unit/kecamatan) oleh ketua DPRD prov. Sulsel.


4. Penyerahan bantuan 1 unit perahu karet untuk kegiatan evakuasi korabn bencana dari kementerian sosial RI yang diserahkan oleh gubernur sulsel kepada pemda soppeng dalam hal ini diterima oleh kadis social kab. Soppeng.


5. Penyerahan Piagam Penghargaan Pembinaan Proklim tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada Pemerintah Kabupaten Soppeng (Dinas Lingkungan Hidup). (Diserahkan Oleh Gubernur Sulsel).



6. Penyerahan Penghargaan Tropi Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Kepada Dusun Matanru Desa Lompulle, Desa Ganra dan desa mattabulu (Diserahkan Oleh Gubernur Sulsel).


7. Penyerahan bantuan bibit kakao sebanyak 73.000 pohon untuk 6 kelompok tani kab. Soppeng oleh gubernur sulsel didampingi bupati soppeng.


8. Penyerahan santunan kematian dari kementerian sosial RI bagi korban bencana alam yang diserahkan oleh gubernur sulsel.


9. penayangan video pencapaian 1 tahun kepemimpinan gubernur sulsel.


10. Penandatangan prasasti proyek-proyek pembangunan tahun anggaran 2021 dan peninjauan pameran mini soppeng expo oleh gubernur sulsel didampingi ketua DPRD Prov. Sulsel, bupati soppeng, wakil bupati soppeng, ketua DPRD kab. Soppeng, dan para anggota forkopimda kab. Soppeng.


11. Pelepasan bantuan bibit kakao untuk didistribusi kepada kelompok tani kab. Soppeng yang ditandai dengan pengibaran bendera oleh Gubernur Sulawesi Selatan.


Adapun rangkaian kegiatan lainnya dalam rangka memperingati hari jadi soppeng yaitu yakni :


1. Gubernur Sulawesi Selatan melaunching Logo RSUD La Temmamala kabupaten Soppeng (ditandai dengan penekanan tombol) serta meresmikan Gedung RSUD Latemmamala (ditandaidengan pengguntingan pita) bertempat di RSUD Latemmamala Kabupaten Soppeng.


Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan bersama Bupati Soppeng dan rombongan melakukan peninjauan ruangan dan fasilitas di gedung baru RSUD Latemmamala ini.


2. Gubernur Sulawesi Selatan juga meresmikan Gedung UPT Tekstil Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan dan kunjungan ke  Kampung Sabbeta
Desa Pising Kecamatan Donri-donri yang ditandai dengan pengguntingan pita. 


Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Prov. Sulsel, Ketua DPRD Prov. Sulsel, Anggota DPRD Prov. Sulsel, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Soppeng, Para Bupati dan walikota tetangga se Sulawesi selatan, Bupati dan ketua DPRD Buton Utara,  para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, mantan Bupati, Wakil Bupati dan dan sekretaris daerah kab. Soppeng,  Ketua TP. PKK Kab. Soppeng,  Para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab. Soppeng, para Camat beserta kades/Lurah se Kab. Soppeng, para pimpinan partai politik se kab. Soppeng, yang mulia datu soppeng beserta permaisuri, Ketua dan Pengurus KKS Soppeng, para tokoh masyarakat dan para tamu undangan lainnya. (**).