Program IP 400 Kementan, Dinas TPHP Bone Gelar Panen Padi Perdana -->

Translate


Program IP 400 Kementan, Dinas TPHP Bone Gelar Panen Padi Perdana

Senin, 07 Maret 2022


Bone, Celebesindo.com,-Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone dibawa kepemimpinan Andi Asman Sulaiman, S.Sos, MM menggelar panen perdana yang dilaksanakan di lingkungan Harapan Kelurahan Bukaka Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone Senin (7/3/2022).


Kegiatan ini dihadiri Bupati Bone, Kepala Balai Besar Pengkajian Tekhnologi Pertanian Provinsi Sulsel, Perwakilan Kadis TPHP Provinsi Sulsel, Dandim 1407 Tauwarani Bone, Kapolres Bone, Kasatpol PP, A. Wahyu Herman Sampara, Anggota DPRD Bone Komisi IV, Camat Tanete Riattang, CDK dan Penyuluh Pertanian.



Plt. Kadis TPHP Kabupaten Bone dalam Laporannya menyampaikan, Panen Padi Perdana Program IP 400 dimusim Tanam pertama ini sebanyak 3103 hektar yang tersebar di 27 Kecamatan dan Persiapan Musim Tanam tahap kedua.


"Kabupaten Bone yang paling besar responsif terhadap program IP 400 dari Menteri Pertanian karena di Sulsel hanya 4000 hektar lebih padi yang ditanam di Program  ini,  masih dalam tahap evaluasi dan masa uji coba, ada bantuan dari Kementerian Pertanian kedepannya, walaupun  di musim tanam kedua ini baru benih padi yang diberikan bantuan dari Kementerian Pertanian", tutur A. Asman.


"Ini tantangan bagi Kami sebagai Plt. Kadis untuk mewujudkan Program IP 400,  melihat respon dari petani di Kabupaten Bone yang sangat besar walaupun Tampa bantuan, karena mereka melihat keuntungan yang sangat besar dari program IP 400 ini. Kalau misalnya, 1 kali panen saja bisa mendapatkan 16 juta, diprogram ini  4 kali panen  bisa mencapai 60 juta lebih hasil panen pertahun yang di peroleh petani", tutup A. Asman Sulaiman.


Sementara itu, Bupati Bone, Dr. H. A. Fahsar M Padjalangi, MSi dalam sambutannya mengatakan," Dalam suasana pandemi saat ini, satu satunya yang menjaga ekonomi kita adalah dari hasil pertanian.


"Mengingat kondisi ekonomi kabupaten Bone  pernah turun diawal masa pandemic, namun Alhamdulillah mulai pulih berkat dari produksi pertanian yang paling besar dukungan terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Bone di masa Pendemi ini, katanya.


"Kenapa di pusatkan di Bone, sebagaimana disampaikan Plt. Kadis TPHP tadi,  karena di masa uji coba ini,  Dinas TPHP mampu melaksanakan lebih 300O hektar sawah yg ditanami program IP 400, untuk itu, kita harus perlihatkan kemampuan kita, bahwa Bone produksi padi terbesar di Sulawesi Selatan dan dijadikan percontohan kabupaten lain di Sulawesi Selatan", terang Bupati Bone.


Kata Dia, "Seharusnya ada Inovasi yang lahir dari kita penyuluh dan pertanian, coba buat inovasi, duduk bersama untuk membuat inovasi dari pertanian, imbuhnya.


"Apalagi kalau inovasi yang dibuat dari kelompok tani, tandasnya.


"Coba ciptakan benih sendiri, saya kira tinggal mencari benih yang cocok untuk kondisi di Kabupaten Bone", imbuh Bupati Bone menutup.


(Mih).