Kadisdikbud Soppeng Hadiri Raker Kelompok Kerja Pengawas Sekolah di KWA Permandian Citta -->

Translate


Kadisdikbud Soppeng Hadiri Raker Kelompok Kerja Pengawas Sekolah di KWA Permandian Citta

Selasa, 29 Maret 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) jenjang Sekolah Dasar Kabupaten Soppeng menggelar Rapat Kerja yang dilaksanakan di Kawasan Wisata Alam  Permandian Citta Kecamatan Citta Selasa, 29 Maret 2022. 

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng dan seluruh Pengawas SD se Kabupaten Soppeng.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Andi Sumangerukka S, SE.,S.Sos.,M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa, pengawas tangguh itu ada beberapa hal yang harus dipenuhi di antaranya, memahami regulasi, selalu meng-update ilmu, bekerja sesuai tupoksi, menyusun program kerja, membuat laporan, dan menyampaikan semua program Disdikbud ke sekolah-sekolah.

"Kami sangat mengapresiasi, mendukung dan menginginkan kegiatan seperti ini, kekompakan dan kerjasama bapak ibu yang maksimal kami apresiasi. Kami juga menunggu inovasi-inovasi baru dari pengawas sekolah. 

"Karena kita ketahui bersama Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memaksa kita semua pihak untuk terus mengadakan inovasi-inovasi dalam bidangnya, terlebih-lebih pada pengelola dan penanggung jawab pendidikan dalam hal ini termasuk Pengawas Satuan Pendidikan.


Lanjut beliau mengatakan, sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng, Pengawas diberi tugas, tanggung jawab dan berwenang untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaian dan pembinaan dari segi teknis pendidikan dan administrasi pada satuan pendidikan dan sekaligus berfungsi sebagai mitra guru dan kepala sekolah dalam rangka pembinaan sekolah dengan melakukan monitoring dan evaluasi serta menerima keluhan keluhan dari mitra tersebut.


Sebelum mengakhiri sambutannya, Andi Sumangerukka berharap Kegiatan supervisi manajerial meliputi pembinaan dan pemantauan pelaksanaan manajemen sekolah merupakan kegiatan dimana terjadi interaksi langsung antara pengawas satuan pendidikan dengan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya, serta kegiatan ini dilaksanakan di sekolah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten.

Sementara itu, Koordinator Pengawas (Korwas) jenjang SD Kab. Soppeng Hasanuddin, S.Pd.,M.Pd disela kegiatan berlangsung mengatakan bahwa kegiatan rapat kerja KKPS yang secara rutin dilaksanakan ini bertujuan untuk membahas beberapa program program berikutnya, manajerial terhadap layanan di wilayah binaan sekolah masing-masing, saling berbagi informasi terkini yang berkaitan dengan kinerja pengawas, meningkatkan hubungan kerjasama, dan sebagai ajang silaturahmi antar pengawas. 


Pada kesempatan Rapat kerja kali ini, kami juga menyajikan salah satu informasi kepada teman teman pengawas mengenai penyamaan presepsi dalam hal Akreditasi Sekolah dalam hal ini dipandu sebagai narasumber Idham, S.Pd.,M.Si selaku dan salah satu team Assesor Badan Akreditasi Nasional.