Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng (IKALONG) : Ekspresikan Bakatmu di Malam Apresiasi Seni Budaya pada Pemilihan Duta Budaya Kab. Soppeng 2022 -->

Translate


Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng (IKALONG) : Ekspresikan Bakatmu di Malam Apresiasi Seni Budaya pada Pemilihan Duta Budaya Kab. Soppeng 2022

Kamis, 10 Maret 2022


Soppeng, Celebesindo.com, -Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng (IKALONG) di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng sukses menyelenggarakan tahapan penyaluran bakat yang dikemas kedalam Malam Apresiasi Seni Budaya dengan mengusung tema "Ekspresikan Bakatmu" pada pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng Tahun 2022.

Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng 2022 pada malam apresiasi seni budaya yang dipandu oleh Rezha Novaldi (Panitia) ini, diikuti oleh 30 peserta dari berbagai utusan Umum dan Pelajar yang tersebar di Kabupaten Soppeng. 

Turut hadir dalam tahapan kegiatan Malam Apresiasi Seni Budaya di Villa Yuliana 10 Maret 2022 diantaranya Kepala Bidang Kebudayaan, Pembina Ikalong, Alumni Ikalong, Para pendamping ke 30 finalis. Panitia juga menghadirkan Dewan Juri diantaranya Hermawan Wirajaya (lulusan Sendratari, pembina sanggar, dan penata musik), Muh. 

Ilham Iqbal (The best talent putra pendidikan Suls-sel 2021), Muh. Hisyam (Kallolo berbakat Kabupaten Soppeng 2021), Febriana Heriyadi (Ana Dara berbakat Kab. Soppeng 2021).

Kepala Bidang Kebudayaan Dr. Karim, S.Pd., M.Pd memaparkan tahapan dan tujuan acara ini. 


Ada beberapa tahapan yang diharus diikuti para peserta diantaranya tes potensi akademik budaya dan pendidikan, Interview, Tour budaya sasarannya situs budaya yang ada di Soppeng, Pemberian materi dan pembekalan di Dispendikbud, Gala dinner sekaligus opening number catwalk di Hotel Gand Saota, Apresiasi seni budaya atau unjuk bakat di Villa Yuliana, Interview mendalam di Dispendikbud dan Malam puncak grand final yang akan dilaksanakan di Lapangan Gasis Sabtu, 12 Maret 2022 mendatang

Dijelaskan pula tujuan dari Malam Apresiasi Seni Budaya ini, perlu kita ketahui bersama bahwa Indonesia terkenal dengan keanekaragaman kebudayaan, suku dan bahasanya. 

Kekayaan itu jika tidak dirawat lambat dan pasti akan tergerus oleh budaya global yang sudah menggejala pada generasi muda saat ini. 

Hal ini, menjadi tanggung jawab kita semua terutama bagi generasi muda untuk melestarikannya. 


Lewat ajang Pemilihan Duta Budaya pada tahapan Malam Apresiasi Seni Budaya para finalis diberi kesempatan untuk menunjukkan bakat yang ia miliki. 

Tahapan ini merupakan sebuah wadah penyaluran bakat, kreatifitas yang memadukan antara seni dan hiburan. 

Kita berharap dengan bakat yang dimiliki para finalis ini tentu dengan mudah mensosialisasikan budaya-budaya yang ada di Soppeng kepada khalayak masyarakat di Kabupaten Soppeng.

Disetiap tahapan Pemilihan Duta Budaya mereka bersaing untuk menjadi yang terbaik pada beberapa hari seleksi yang sangat ketat, peserta tampil pada malam puncak dengan menunjukkan performa dan menyampaikan Visi-Misi-nya masing-masing di hadapan para juri. 

Dengan terselenggaranya event ini diharapkan dapat menghidupkan kreativitas finalis supaya lebih aktif dalam kegiatan di Masyarakat sehingga bisa memberi nilai positif bagi finalis dan bisa memberi kontribusi yang baik kepada Bumi La Temmamala ini.

Published : ARS