Grand Final, Wenni Abbatireng Pemilihan Duta Budaya Kab. Soppeng 2022, Ini Juaranya -->

Translate


Grand Final, Wenni Abbatireng Pemilihan Duta Budaya Kab. Soppeng 2022, Ini Juaranya

Minggu, 13 Maret 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng bekerjasama Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng (IKALONG) menyelenggarakan malam Grand Final Wenni Abbatireng pada Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Soppeng Tahun 2022 yang digelar pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 di Lapangan Gasis.

Hadir dalam acara ini Bupati Soppeng diwakili oleh Drs. Arif Dimas, M.Si (Staf Ahli), Andi Sumangerukka, SE.,S.Sos.,M.Si (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Dr. Karim, S.Pd.,M.Pd (Kabid. Kebudayaan), Andi Tantu Datu Galib (Ketua Majelis Raja-raja Sultan Soppeng), Beberapa Kepala SKPD, Kepala Sekolah dan Kepala Desa se-Kabupaten Soppeng, Sponsor/Pendukung acara, Sanggar Seni, Alumni IKALONG, para Bissu, Dewan Juri serta Stakeholder terkait.

Ismadi Aquino selaku Ketua Panitia penyelenggara Pemilihan Duta Budaya Kab. Soppeng Tahun 2022 dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan pemilihan ini berlangsung berkat kerja keras dan kerjasama dari seluruh teman-teman panitia dan dari elemen-elemen sponsor atau pendukung. 

Olehnya itu, kami berusaha memberi teladan kepada teman-teman peserta bahwa kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dengan memegang teguh dan menjunjung tinggi prinsip "Yassisoppengngi". 

Dikesempatan itu pula, Aquino melaporkan bahwa kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 6 s/d 12 Maret 2022 dari berbagai tahapan yang harus diikuti ke 30 peserta dari Umum dan Pelajar. Tuturnya

Dikesempatan yang sama, Andi Sumangerukka, SE.,S.Sos.,M.Si Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng menyerahkan penghargaan kepada Alumni Ikatan Ana' Dara Kallolo Soppeng (IKALONG) yang berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Soppeng pada even di tingkat Provinsi dan penyerahan penghargaan kepada seluruh sponsor dan pendukung terhadap kegiatan yang sudah dilangsungkan saat ini.

Dalam sambutan Bupati Soppeng sekaligus membuka secara resmi Grand Final Malam Abbatireng pada pemilihan Duta Budaya 2022, yang dalam hal ini diwakili oleh Drs. Arif Dimas, M.Si (Staf Ahli) mengatakan bahwa, "Kami atas nama pemerintah Kabupaten Soppeng sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini sebab nantinya para peserta atau Duta Budaya yang terpilih bisa benar-benar menjadi Duta Budaya dan mampu menyaring pengaruh-pengaruh budaya dari luar dan mampu bergerak dalam pelestarian budaya dan bisa mensosialisasikan akan budaya kearifan lokal yang ada di Bumi La Temmamala Soppeng. 

Dengan begitu spirit yang harus ditanam dalam jiwa para finalis yaitu "Spirit Mabbulo Sibatang" yang dapat dimaknai bahwa generasi muda harus menjadi pioner dalam pengembangan budaya dan mampu berkolaborasi dengan siapa saja terutama pada pemerintah setempat untuk dapat memerangi pengaruh dari luar. 

Dan yang perlu ditekankan kepada seluruh Finalis Duta Budaya bahwa bukan hanya masalah kebudayaan yang harus dikuasai akan tetapi ilmu pengetahuan juga sangat penting, pungkas Arif Dimas.

Sementara itu Dewan Juri yang diwakili oleh Dr. Karim, M.Pd mengumumkan finalis yang berhasil menjadi juara Duta Budaya 2022 pada malam grand final diantaranya :

Duta Budaya 2022 Pria
• Juara 1 Muh. Fajar Hidayat (MAN.1 Soppeng)
• Juara 2 Muh. Reski Ruslan (MAN.1 Soppeng)
• Juara 3 Indra Pratama (Kel. Tettikenrarae)

Duta Budaya 2022 Wanita
• Juara 1 Adinda Nabila Dwi Putri (MAN.2 Soppeng)
• Juara 2 Nur Napsah (Umum)
• Juara 3 Fitri Azzahra (Umum).


Published : ARS