Bentuk Rasa Syukur, Mapparewe Sumange di Ompo Upaya Pemkab Soppeng Kembalikan Semangat -->

Translate


Bentuk Rasa Syukur, Mapparewe Sumange di Ompo Upaya Pemkab Soppeng Kembalikan Semangat

Rabu, 16 Maret 2022


Soppeng, Celebesindo.com,- Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga menggelar Mapparewe Sumange na Ompo yang dilangsungkan di obyek Wisata Alam Permandian Ompo Rabu, 16 Maret 2022.


Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Soppeng Dr. Hj. Andi Nurlina dalam laporannya mengatakan, "Kegiatan ini merupakan bentuk mengembalikan semangat masyarakat Kabupaten Soppeng, serta sebagai bentuk rasa syukur masyarakat soppeng atas segala keselamatan dan rezeki yang diterima atas sumber mata air yang ada di kawasan ini, jelasnya.


"Semoga mata air ini terus mengalir sehingga para pengunjung permandian Ompo para wisatawan lokal maupun luar, khususnya para atlit bisa terus berlatih di tempat ini.


"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Soppeng yang telah  mendukung kegiatan ini, serta kepada Bupati dan Wakil Bupati Soppeng semoga sukses selalu dalam memimpin Kabupaten Soppeng, harap Kadis Parpora.



Sementara itu, Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan," Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini tentu banyak yang tidak paham dan mengetahuinya, karena Ompo mempunyai History bagi masyarakat Soppeng serta kegiatan seperti ini telah ada dari masa ke masa.


"Namun kegiatan yang dilaksanakan hari ini dilakukan dengan  sederhana dan  berbeda dari sebelumnya akibat dari Pandemi Covid-19, tutur Andi Kaswadi Razak.


"Walaupun berbeda, tapi tidak mengurangi makna yang terkandung di dalamnya, terang Bupati Soppeng.


Kata Dia, "Kegiatan ini dilakukan semata-mata sebagai rasa syukur masyarakat Kabupaten Soppeng atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT dengan adanya sumber air ini, dimana Ompo dari dulu terkenal di Kabupaten Soppeng dan menjadi tempat favorit bagi masyarakat.


"Ompo mempunyai sejarah, dimana dulu ada seorang petani bersama kerbaunya sedang membajak sawah namun dia tenggelam, dan dari sinilah muncul sumber air itu.


"Sehingga dapat kita artikan bahwa sejarah mempunyai cerita dan inilah bukti kekuasaan Tuhan yang luar biasa, tanda Andi Kaswadi.



Dikatakannya, "Percaya atau tidak, dulu ada 2 hal yang menarik di Ompo, yaitu dimana dalam keadaan yang mendesak kami datang kesana berdoa agar sumber air ini bertambah debitnya dan alhamdulillah kami belum meninggalkan tempat tersebut debit airnya sudah bertambah, papar Bupati Soppeng.


"Serta kami juga pernah melihat langsung ada anak yang tenggelam dan hanya terlihat bayangannya, jadi kami berdoa untuk menyelamatkan anak ini dan Alhamdulillah anak itu selamat dan ini adalah fakta yang kami alami sendiri di Ompo, tandasnya.



"Tak hanya itu, Soppeng juga dikenal dengan para atlet renangnya  yang sangat luar biasa dan sekarang ada yang sudah menjadi pelatih di Makassar dan Jakarta.


"Mapparewe Sumange merupakan suatu tradisi bagi kita masyarakat Soppeng untuk senantiasa mengenang sejarah serta menjadi simbol pemersatu masyarakat Soppeng.


"Dengan kegiatan budaya ini, mari kita bersama-sama menjaganya untuk kota jadikan warisan kepada anak-anak kita, pungkas Bupati Soppeng.


Turut hadir, wakil Bupati Soppeng, para anggota forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Kadis Kominfo, para kepala BUMN/BUMD dan para Duta wisata Kab. Soppeng.


Published : Yulisa