Wakili Bupati Soppeng Andi Makkaraka Buka Dragbike Seri 2 -->

Translate


Wakili Bupati Soppeng Andi Makkaraka Buka Dragbike Seri 2

Sabtu, 05 Februari 2022


Soppeng, Celebesindo.com, -Kalong Racing Team Kabupaten Soppeng menggelar Ajang penyaluran hobi dan aktualisasi diri melalui Dragbike Seri 2 Bupati Cup dilangsungkan di Sirkuit Pattojo Poros Soppeng Desa Pettojo Kecamatan Liliraja Kabupaten Soppeng, Sabtu, 5 Pebruari 2022.


Ketua panitia pelaksana Iwan Susianto dalam laporannnya menyampaikan bahwa Kegiatan Dragbike ini terlaksana berdasarkan Rekomendasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan, rekomendasi Polda Sulawesi Selatan, rekomendasi Bupati Soppeng dalam hal ini dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Soppeng, rekomendasi Polres Soppeng dan rekomendasi Satuan Petugas Covid 19 Kabupaten Soppeng.



Menurutnya, Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengaktualisasikan diri dalam proses pengembangan bakat dari para atlet balap.


Selain itu sebagai ajang pembinaan dan pengembangan bakat dari para atlet balap.


"Juga sebagai ajang penyaluran hobby bagi para penggemar otomotif, khususnya di Kab. Soppeng, dan Sulawesi Selatan pada umumnya, kata Iwan.


Dia menuturkan bahwa peserta yang mendaftar sebanyak 90 orang, yang berasal dari beberapa Kabupaten dalam wilayah provinsi Sulawesi Selatan, dan ada beberapa peserta yang berasal dari Jawa, dan waktu pendaftaran masih terbuka sampai saat ini.


Peserta dibagi menjadi 2 kategori :
1. Peserta lokal Sulawesi Selatan
2. Peserta open yaitu warga Kab. Soppeng atau bukan warga Soppeng yang telah memenuhi syarat sesuai peraturan yang sudah ditetapkan IMI Sulsel.


Adapun kelas yang dilombakan diantaranya:
Kelas Wajib :
DB1 - Bebek 4 TAK 130 cc
DB2 - Bebek 4 TAK 200 cc
DB3 - Matic 200 cc
DB4 - Sport 2 TAK Frame STD s/d 155 cc.


Tambahan:
DB5 - Bebek 2 TAK STD 116 cc
DB6 - Bebek 4 TAK 200 cc Rangka Srandar
DB7 - Sport 2 TAK TUNE UP s/d 155 cc
DB8 - FFA s/d 350 cc
DB9 - Bracket Time 8 detik
DB10- Bracket Time 8,5 detik
DB11- Bracket Time 9 detik
DB12- Bracket Time 10 detik
DB13- Bebek 4 TAK 200 cc Rangka Modif (Horizontal)
DB14- FFA Sport 4 TAK Non Dohc (Herex)
DB15- Kelas Sunmori 2 TAK
DB16- RX King Frame Standar s/d 145 cc.


Lokal Sulawesi:
DB17- Bebek 2 TAK STD 116 cc
DB18- Sport 2 TAK Frame STD s/d 155 cc
DB19- Bebek 4 TAK 130 cc.





Sementara itu, sambutan Bupati Soppeng yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng, Andi Makkaraka, Sos, MSi.


Bupati Soppeng melalui Asisten administrasi pemerintahan dan kesejahteraan rakyat Andi Makkaraka, Memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan seluruh peserta atas pelaksanaan kegiatan ini karena kegiatan Dragbike ini merupakan salah satu ajang pengembangan bakat dan sebagai wadah untuk menyalurkan hobby anak-anak muda Kabupaten Soppeng yang memiliki jiwa dan bakat pada bidang otomotif sehingga mereka kelak akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas khususnya di bidang tersebut, ujarnya.


Selain itu, juga disampaikan bahwa ajang seperti ini merupakan ajang yang sangat layak dan paling tepat bagi anak-anak muda untuk mengembangkan bakatnya, daripada mereka ugal-ugalan di jalan raya yang bisa menghalangi pengendara lainnya, untung baik kalau tidak sampai mencelakakan diri sendiri atau orang lain.


"Seperti yang sering saya lihat dan alami sendiri, anak-anak muda termasuk pelajar Sekolah Menengah Atas, tidak sedikit dari mereka yang membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi dan ugal-ugalan dengan memakai seragam sekolah, dan hal seperti itulah yang tidak mereka lakukan di jalan raya, tapi lebih layak mereka melakukannya di ajang Dragbike seperti ini", ungkapnya.


Dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini, agar semua masyarakat termasuk seluruh panitia, semua peserta, dan penonton untuk tetap mematuhi dan tetap disiplin pada aturan protokol kesehatan demi untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya lonjakan jumlah pasien covid 19, Pungkasnya.


Turut hadir, Kapolres Sopeng AKBP Moh Roni Mostafa, SIK, MIK, Wakapoles Soppeng Kompol H Muhiddin Yunus, SH, MH, Perwira Seksi (Pasi) Intel Kodim 1423 Soppeng, Sekcam Liliriaja Andi Resi, Kepala Desa Pattojo H Herman Maulid, Ketua panitia Kalong Recing Team Kabupaten Soppeng.