Sukses dalam 7 hari menyemarakkan program di Perpusdarsip Soppeng -->

Translate


Sukses dalam 7 hari menyemarakkan program di Perpusdarsip Soppeng

Rabu, 23 Februari 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Ratusan murid dari Puluhan PAUD, TK dan SD yang ikut berpartisipasi dalam program Perpustakaan Ceria yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng tema yang diusung "Cerdas dan Ceria bersama Perpustakaan" pada tahap pertama diawal tahun 2022 Kegiatan yang berlangsung selama 7 hari dari tanggal 16 hingga 22 Februari 2022 yang dibuka oleh Kepala Dinas Perpusdarsip kabupaten Soppeng ini yang bertujuan mengenalkan perpustakaan sekaligus menumbuhkan minat baca sejak dini.

Kepala Dinas Perpusdarsip Soppeng Hamzah Hola, S.Sos.,M.Si mengatakan, kegiatan atau program perpustakaan ceria yang sudah berlangsung ini, bisa semakin dini anak dikenalkan perpustakaan akan menumbuhkan minat baca semakin baik. “Semua anak didik dari berbagai instansi diajak ke perpustakaan, dengan tujuan mengenalkan anak sejak dini perpustakaan itu seperti apa dan bagaimana manfaatnya,” katanya.


Harapan saya semoga giat perpustakaan ceria ini bisa memberikan nilai positif dalam rangka mewujudkan amanah UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan sekaligus memberikan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Menurut dia, pendidikan anak usia dini (PAUD) dan TK serta SD penting untuk tumbuh kembang anak ke depan sebelum menempuh ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sebab, pada masa usia dini tersebut bisa menumbuhkan karakter kuat sang anak. “Pada periode emas tersebut, kemudian akan menjadikan fondasi bagi perkembangan anak dan sangat berpengaruh pada masa depan mereka,” ujarnya.

Sementara itu Kabid Perpustakaan Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd menyampaikan hal yang senada. Beliau menyampaikan penghargaan sekaligus memberi apresiasi kepada pihak satuan pendidikan PAUD dan SD yang telah mendukung penuh pelaksanaan perpustakaan ceria dan berharap dukungan satuan pendidikan bukan hanya terbatas saat ini. Insya Allah program-program berikutnya dapat kita laksanakan lebih meriah dan lebih dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat bumi Latemmamala.

Dan tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada team teknis kegiatan ini yang sudah memandu dan dipandu oleh para pejabat fungsional pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yaitu pustakawan. Para team pustakawan yang dilakukan secara kolaborasi pustakawan pria dan wanita sehingga menambah suasana menjadi lebih ceria. Pungkas Dr. Nur Alim.


Ditemui salah satu pasangan pemandu kegiatan perpustakaan ceria Heryadi dan Uswatun Hazanah mengatakan, bahwa kegiatan ini bukanlah kegiatan baru tetapi diperbaharui. Hal yang dibaharui adalah sistem pengelolaan dan pelayanannya kepada pengunjung. Semua pos tahapan mulai dari penerimaan pengunjung, pelaksanaan kegiatan perpustakaan ceria sampai pada penanganan setelah kegiatan dilakukan secara rapi. Hal tersebut dilakukan untuk peningkatan suasana yang menyenangkan bagi pengunjung.

Sementara itu salah seorang Kepala Sekolah tergolong muda di Kabupaten Soppeng, Falmunadi, S. Pd. Kepala SDN.3 Lemba, menyampaikan harapannya agar kegiatan perpustakaan ceria ini terus digalakkan dan ditingkatkan pelaksanaannya karena ini sudah diketahui oleh khalayak ramai berkat kerjasama dari berbagai media, disamping itu juga dengan program yang sudah dihelat ini sangat membantu program kami di sekolah. Salah satu program kami adalah program literasi dalam rangka meningkatkan minat baca.