Sekda Soppeng Ikuti Rakor Percepatan Vaksinasi 100 Persen Tingkat Sulsel -->


 

Translate


Sekda Soppeng Ikuti Rakor Percepatan Vaksinasi 100 Persen Tingkat Sulsel

CELEBESINDO
Selasa, 22 Februari 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng Drs. HA. Tenri Sessu, M.Si mengikuti acara Rapat Koordinasi (rakor) dalam rangka Penanganan Coronavirus Disease 19 (COVID-19), melalui Program Percepatan Vaksinasi di Sulawesi Selatan untuk memenuhi target 100% yang dilaksanakan secara virtual yang dilangsungkan di Ruang SCC Lamataesso Kantor Bupati Soppeng, Selasa (22/02/2022)

Kegiatan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menghadirkan
dr. Arman Bausat, Sp.B, Sp.OT(K) Spine selaku Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan yang pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa," ada beberapa masalah dalam vaksinasi covid-19 pasca 70% di provinsi Sulawesi Selatan, diantaranya yaitu laju vaksinasi harian sangat rendah karena adanya pemahaman yang salah bahwa capaian vaksinasi 70 % akhir tahun 2021 sudah dianggap selesai karena sudah memenuhi syarat untuk Herd Immunity, berkembangnya hoax tentang efek samping barat terhadap vaksin tertentu, Dinas Kesehatan kesulitan dalam menemukan sasaran, dan juga rendahnya peran serta tokoh masyarakat dalam percepatan cakupan vaksinasi menuju "Herd Immunity".

"Terkait dengan masalah banyaknya stok vaksin yang akan kadaluarsa, hal ini terjadi karena droping vaksin dari pusat mendekati masa kadaluarsa, sulitnya mengejar sasaran sementara stok vaksin masih banyak, fasilitas kesehatan Kab/kota lupa melaporkan vaksin yang akan kadaluarsa.

"Pada kesempatan ini, saya berharap peran serta stakeholder dalam meningkatkan laju vaksinasi dengan cara meminta kepada seluruh kepala RT/RW untuk mendata warganya yang sudah dan yang belum di vaksin untuk dilaporkan ke Lurah/Kades dan ditindaklanjuti di tingkat kecamatan, memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab/kota untuk menyiapkan tim vaksinasi dan bersama forkopimda untuk melaksanakan giat kebut vaksinasi, minta dukungan vaksinator keliling Provinsi, serta vaksinator Polda dan Kodam untuk kecepatan laju vaksinasi.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana AS, M.M. dalam arahannya mengatakan, "Pada rapat koordinasi ini, ada 2 hal yang akan kita bahas yaitu bagaimana penanganan pandemi yang saat ini sedang meningkat serta bagaimana kita secara terpadu dapat melaksanakan vaksinasi untuk kesehatan masyarakat.

"Oleh karena itu, saya harapkan keseriusannya dalam mengatasi hal ini, baik di tingkat pusat maupun di tingkat bawahnya, kata Kapolda Irjen Nana Sudjana.

Dikatakan pula bahwa, "Dalam penanganan pandemi ini, perlu ada kesamaan dan kerjasama antara forkopimda, jadi saya harapkan ada nilai kebersamaan yang ditunjang dengan kemauan yang sangat besar, sehingga masing-masing Kabupaten/Kota harus melakukan srategi dalam memenuhi target vaksinasi ini, jelas Kapolda Sulsel.

"Terkait masalah berita hoax yang menyebar, semua berita harus kita luruskan dan mampu melakukan pendekatan dengan masyarakat khususnya tokoh agama dan masyarakat yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Kapolda bersama jajarannya akan melakukan operasi yustisi dan saya minta agar hal ini dilakukan secara terpadu dan disesuaikan dengan nilai karakteristik daerah/wilayah masing-masing. Dan dalam operasi ini akan diberikan tekanan/sanksi namun tetap memiliki nilai edukasi dan pengetahuan terkait dengan masalah bahaya pandemi covid-19.


"Kepada para kepala daerah dan forkopimda agar senantiasa melakukan trobosan dan inovasi dalam rangka percepatan vaksinasi ini, memaksimalkan peran 3 pilar (Kades/Lurah, Bhabinkamtibmas, Babinsa), serta selalu aktif mengecek ketersedian vaksin, vaksin yang digunakan dan vaksin yang diinput dalam aplikasi Smile, imbuh Kapolda.


Dalam kegiatan yang sama, Plt, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T. dalam arahannya mengatakan, "
Kegiatan ini penting karena ini merupakan instruksi yang secara berulang-ulang selalu ditegaskan oleh Presiden, Artinya ini sebagai tanda bahwa Presiden tidak main-main akan hal ini, tegas Andi Sudirman Sulaiman.

"Saya telah mengumpulkan seluruh kepala sekolah khusus SMA, untuk melakukan pendataan kepada semua anak sekolah dengan menggunakan kartu Kepala Keluarganya, dan ini merupakan suatu kewajiban, sehingga kita dapat mengetahui siapa-siapa anggota keluarga yang belum divaksin, beber Andi Sudirman Sulaiman.

"Saya minta kepada seluruh wali kota/Bupati agar senantiasa melakukan sharing terkait upaya yang dilakukan dalam penanganan covid-19 ini.

"Terkait dengan isolasi terpadu (isoter) saya minta agar diaktifkan kembali, tapi yang terpenting adalah untuk menghabiskan vaksin yang hampir kadaluarsa pada tanggal 28 Februari nanti.

"Di pesan terakhir Presiden, ada 2 hal yang harus selalu di tekankan yaitu terkait protokol kesehatan khususnya pemakaian masker dan vaksinasi yang penekanannya berada pada kelompok lansia, tutur PLT Gubernur Sulsel.

"Jadi tolong hal ini didiskusikan bersama, mari kita pulihkan kembali semangat dalam menangani pandemi ini untuk dapat mencapai target vaksinasi 100%, pungkas Andi Sudirman Sulaiman.

Acara dilanjutkan dengan dialog dan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulsel, Dr. H. Asriady Sulaiman.

Turut hadir, para anggota Forkopimda Kab. soppeng, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Soppeng, perwakilan atau jajaran Badan Kesbangpol Kab. Soppeng.

(Red).