Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2023 -->

Translate


Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2023

Kamis, 10 Februari 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Pemerintah Kabupaten Soppeng menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak Tingkat Kabupaten Tahun 2023 yang dilaksanakan di aula Gabungan Dinas Soppeng, Kamis (10/02/2022).

Kegiatan tersebut mengangkat tema " Pemenuhan Layanan Dasar Berkualitas dan Perwujudan Daya Saing Daerah" dengan diikuti oleh perwakilan siswa siswi SD, SLB, SMP, SMA se-Kabupaten Soppeng.

Musrenbang anak merupakan forum untuk mewadahi aspirasi masyarakat, khususnya anak-anak, tentang banyak hal yang berkaitan dengan mereka.

Hadir sebagai narasumber Andi Agus Nongki, S.IP, M.Si Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kabupaten Soppeng dan H. Andi Zulkifli Nurdin, SH, M.Si Sekertaris DP3APPKB Kabupaten Soppeng dan sebagai pemandu kegiatan Mahmud Mustari, S.Pd Guru Pergis Ganra.


Andi Agus Nongki menjelaskan, Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten Soppeng diadakan sudah beberapa kali, dan hari ini Musrenbang yang berlangsung begitu semangat dan antusias para peserta dalam menyampaikan aspirasinya. Namun tahun ini ada hal menarik dan baru kali ini diadakan yaitu melibatkan perwakilan dari SD se-Kabupaten Soppeng yang Alhamdulillah juga bisa berpartisipasi dalam menyampaikan aspirasinya.

Forum ini menjaring kebutuhan-kebutuhan anak di luar Musrenbang masing-masing perwakilan Kecamatan. Sehingga diharapkan kebutuhan atau keinginan anak benar-benar terpenuhi.

Ini salah satu upaya kita untuk mendukung Kota Soppeng sebagai kota layak anak. Ini ruang bagi anak di tingkat sekolahan, untuk menyampaikan aspirasi, pertanyaan, atau keinginan mereka,” jelas Andi Agus Nongki usai kegiatan.


Sementara itu, H. Andi Zulkifli mengatakan Musrenbang Anak dinilai efektif sebab anak-anak bisa menyampaikan secara langsung keinginan mereka kepada pengampu kepentingan. Seperti keinginan untuk memiliki lingkungan sekolah yang nyaman, tidak ada tawuran antar pelajar, hingga dukungan dalam upaya pencegahan pergaulan bebas dan lain lain..

Tak hanya itu, mereka juga leluasa menyampaikan ide-ide segar.

Dari hasil Musrenbang tersebut diketahui, anak-anak saat ini sangat kritis ingin mengetahui banyak hal.

Anak lebih membutuhkan keterbukaan informasi terkait program pemerintah.

“Semua kegiatan yang dilaksanakan pemerintah mereka butuh kejelasan, program, sasarannya sampai visi misi, anak-anak mulai menyentuh ke sana walaupun tidak detail,” tuturnya.


Berikut beberapa garis besar aspirasi yang disampaikan peserta Musrenbang anak diantaranya:
Sanksi kekerasan terhadap anak, sosialisasi kepada anak dan orang tua tentang kekerasan anak dan pernikahan dibawah umur, pengadaan sarana olah raga, fasilitas komputer di setiap sekolah, Fasilitas kenyamanan anak di tempat keramaian, Pengadaan gedung ruang kelas, sarana trans bus sekolah, renovasi gedung masyarakat, pelatihan atau kursus, pengadaan ruang UKS dan sarananya, pengadaan WC, memaksimalkan zona keselamatan anak sekolah, taman bermain dan sudut baca di tempat keramaian, penambahan bak sampah di setiap sekolah, serta pelatihan keterampilan khusus bagi siswa SLB.

Published : ARS