Mentan SYL : Core Values BerAkhlak Pondasi Baru Bagi ASN -->

Translate


Mentan SYL : Core Values BerAkhlak Pondasi Baru Bagi ASN

Selasa, 15 Februari 2022


Jakarta, Celebesindo.com, -Sejak diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu, Core Values ASN BerAkhlak dan Employer Branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung transformasi SDM Aparatur dan reformasi birokrasi tak terkecuali di lingkup Kementerian Pertanian.

Ditengah tantangan dunia yang semakin canggih, ditambah dengan adanya millennial disruption serta dipercepat dengan adanya pandemi, ASN perlu meningkatkan kapasitas dan kompetensinya, serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan.

“Dari tantangan yang terjadi saat ini maka seorang ASN atau pejabat pemerintah harus dikawal dengan moralitas melalui Pendekatan Core Values BerAkhlak agar kita tetap bisa bekerja dengan baik“, ujar Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat melaunching core values ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” di Ruang AWR, Kanpus Kementerian Pertanian, Selasa (15/2).


Menurut Mentan SYL pemerintahan yang baik adalah yang berpihak pada kepentingan negara, bangsa dan rakyat. Selain itu sebagai instansi pemerintah yang baik harus dapat memenuhi harapan dan kebutuhan negara.

“Saat ini Kementan tetap bersemangat turun langsung ke lapangan mengawal ketersediaan pangan untuk 273 juta rakyat Indonesia, dalam rangka mempertahankan sekaligus meningkatkan pencapaian tahun dimana Indonesia mampu memenuhi kebutuhan beras dalam negeri tanpa impor dalam 2 tahun terakhir, “ ucap Mentan SYL.


Sejalan dengan arahan Presiden Jokowi agar memberikan pelayanan terbaiknya untuk membantu masyarakat maka Mentan menegaskan bahwa Nilai-nilai dasar BerAKHLAK akan menjadi acuan sebagai dasar penerapan budaya kerja di Kementerian Pertanian untuk mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri, dan Modern.

“Untuk itu saya perintahkan agar menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values BerAKHLAK secara utuh, sesuai contoh perilaku yang relevan dengan konteks tugas masing-masing, “ ungkapnya.


Sementara itu Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Alex Denni mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kementan karena telah menunjukkan komitmen yang kuat untuk segera menginternalisasi Core Values ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” dan menjadikan hal tersebut sebagai pegangan seluruh ASN lingkup Kementan dalam beraktivitas sehari hari.

Menurutnya penguatan budaya kerja dan employe branding merupakan bagian dari strategi akselerasi transformasi SDM aparatur dalam mendukung reformasi birokrasi. Selain itu Core Values ASN BerAkhlak yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif diharapkan dapat menjadi pondasi yang kokoh bagi Kementerian dan lembaga dalam jangka panjang.

“Kita ketahui bersama kita akan menuju Indonesia emas 2045, kita berharap kekuatan ekonomi kita terus bertumbuh dan menjadi yang terbesar ke empat didunia artinya ada harapan besar bagi ASN untuk lebih sejahtera, seiring dengan perkembangan ekonomi suatu negara tentu berbanding lurus dengan kesejahteraan negara“, jelas Alex.


Terkait hal ini Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi juga menyambut baik diluncurkannya core values ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN di lingkup Kementan, terutama khususnya untuk lingkup BPPSDMP sendiri.

“Adanya core value ASN BERAKHLAK ini menuntut ASN agar bekerja semaksimal mungkin. Apalagi di BPPSDMP yang mempunyai tugas mencetak petani pengusaha milenial, mendampingi penyuluh dan petani serta meningkatkan kapasitas penyuluh dan petani. Untuk melaksanakan tugas itu perlu didukung oleh aparatur yang tidak hanya sekedar melaksanakan tugas namun juga profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing”, ujarnya.