Kopi Mattabulu Kini Naik Daun, Begini Respon Dinas TPHPKP -->

Translate


Kopi Mattabulu Kini Naik Daun, Begini Respon Dinas TPHPKP

Jumat, 18 Februari 2022


Soppeng, Kopi Mattabulu saat ini sudah mulai dikenal bukan hanya di kabupaten Soppeng namun di Sulsel bahkan di tingkat nasional yang ditandai ikut sertanya dalam festival nasional beberapa waktu lalu, sehingga membuay perhatian publik maupun pemerintah daerah kabupaten Soppeng.

Terkait hal itu, atas arahan Wakil Bupati Soppeng Ir Lutfi Halide, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng, bakal menyiapkan fasilitas bangunan pengolahan dan pengeringan kopi di Desa Mattabulu.

Kepala Dinas TPHPKP Soppeng, Ir. Fajar menyebut bahwa penyediaan fasilitas ini sesuai dengan arahan Wakil Bupati Soppeng untuk pengembangan kopi Mattabulu.
"Kita akan menyiapkan fasilitas pembibitan kopi dengan menggunakan varietas lokal setempat, selain itu akan ada juga pendampingan tekhnis bagi para petani kopi lokal," ungkap Ir. Fajar, Jumat (18/2/2022).

Kopi Mattabulu merupakan produk asli Kabupaten Soppeng yang saat ini tengah naik daun.

Pada Festival Pesona Kopi Agroforestri Januari 2022 lalu di Jakarta, Kopi Mattabulu bahkan sempat mencuri perhatian Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya.

Siti menilai kopi mattabulu memiliki aroma yang khas dan berbeda dari kopi lainnya. Ia pun berharap Pemerintah Kabupaten Soppeng mampu mengembangkan produk Kopi Mattabulu,.

"Produk Kopi Mattabulu ini jangan hanya menjadi produk nasional, tapi harus juga menjadi produk internasional," ujar Siti Nurbaya kala itu. (Red/id)