Presiden Jokowi Ungkap 3 Investasi Pembangunan Kabel Telokomunikasi Bawah Laut -->


 

Translate


Presiden Jokowi Ungkap 3 Investasi Pembangunan Kabel Telokomunikasi Bawah Laut

CELEBESINDO
Jumat, 28 Januari 2022


Jakarta, Celebesindo,-Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, saat ini ada tiga investasi pembangunan kabel telekomunikasi bawah laut.

Mantan Wali Kota Solo ini menuturkan investasi ini bakal mendorong interkonektivitas global. Pasalnya, pembangunan kabel bawah laut akan menghubungkan RI langsung dengan pantai barat Amerika Serikat (AS).

"Saat ini ada 3 investasi pembangunan kabel telekomunikasi bawah laut yang sedang berproses yang menghubungkan Indonesia langsung dengan pantai barat AS tanpa ada negara perantara," kata Jokowi dalam Inception Meeting B20 di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Tingkatkan kapasitas bandwidth Indonesia
Jokowi menjelaskan, pemasangan kabel bawah laut ini akan meningkatkan kapasitas bandwidth Indonesia lebih dari 100 persen, setelah semuanya selesai.

Adapun pembangunan kabel bawah laut merupakan salah satu cara pemerintah mengembangkan teknologi digital di Tanah Air. Jokowi bilang, Indonesia memberikan perhatian serius pada sektor tersebut, utamanya saat pandemi Covid-19.

"Indonesia memberikan perhatian serius pada pengembangan teknologi digital, terutama yang mempunyai kontribusi langsung kepada pemberdayaan UMKM dan pengembangan SDM," ungkap Jokowi.

Ekonomi digital
Menurutnya, Indonesia sangat menarik untuk menjadi tempat investasi infrastruktur ekonomi digital. Sebab, negara ini memiliki jumlah penduduk yang besar dengan daya beli yang terus meningkat.

Saat ini saja, RI sudah memiliki 1 decacorn dan 8 unicorn. Sejak awal pandemi, pemerintah mendorong sektor UMKM memanfaatkan sektor digital dalam memasarkan produknya.

"Kami ingin mengundang investasi yang memberikan kesempatan pada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari transformasi ekonomi digital," tandas Jokowi. (Red).