Mengenal Sosok Rektor Baru Unhas, Prof Jamaluddin Jompa -->

Translate


Mengenal Sosok Rektor Baru Unhas, Prof Jamaluddin Jompa

Jumat, 28 Januari 2022

Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, M.Sc

Makassar, Celebesindo,-Nama Jamaluddin Jompa menjadi sorotan publik. Tak sedikit orang bertanya-tanya, siapa Jamaluddin Jompa sebenarnya?

Jamaluddin Jompa adalah seorang profesor yang baru saja terpilih menjadi rektor Universitas Hasanuddin periode 2022-2026.

Jamaluddin Jompa meraih suara tertinggi dalam pemilihan rektor Universitas Hasanuddin atau Unhas. Ia mendapatkan 11 suara mengalahkan dua rivalnya, Farida Patittingi yang mendapatkan 9 suara dan Budu yang memperoleh 5 suara.

Agar bisa mengenal lebih jauh tentang siapa Jamaluddin Jompa, berikut profil singkat Jamaluddin Jompa.

Siapa Jamaluddin Jompa?

Jamaluddin Jompa lahir di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan pada 8 Maret 1967. Ia menjadi profesor di bidang ekologi laut dengan pengalaman penelitian yang cukup banyak dalam biologi terumbu karang dan banyak bekerja bersama masyarakat pesisir.

Saat ini, Jamaluddin Jompa menjabat sebagai Dekan Pasca Sarjana Unhas dan dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.

Jamaluddin bercerita, sejak kecil, ia kerap berpindah-pindah sekolah. Ia harus mengikuti ayahnya yang berprofesi sebagai tentara.

Waktu Sekolah Dasar, Jamaluddin Jompa menempuh pendidikan di Sampeang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Belum tamat, ia harus pindah sekolah lagi ke Kabupaten Pinrang. Hingga SMA, Jamaluddin Jompa menghabiskan waktunya di Pinrang. Ia adalah alumni SMAN 2 Pinrang.

Jamaluddin Jompa mengaku suka belajar soal pengetahuan alam termasuk laut sejak sekolah dasar. Ia kemudian mendaftar pada Jurusan Perikanan Universitas Hasanuddin. Dari situ, Jamaluddin Jompa mendalami soal ilmu kelautan dan perikanan. Ia fokus meneliti soal terumbu karang dan ekologi pesisir.

Ia pernah menjabat sebagai anggota penasihat bidang ekologi kelautan untuk Menteri Kelautan dan Perikanan, Republik Indonesia. Sejumlah publikasi internasional dan buku-buku juga ia hasilkan. Bekerja sama dengan para peneliti dan organisasi internasional.

Jamaluddin Jompa meraih gelar masternya dari McMaster University (Kanada) dan gelar doktoral dari James Cook University (Australia). Selama kariernya, Prof JJ, sapaan akrab Jamaluddin Jompa, juga menduduki sejumlah posisi strategis, antara lain:


Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Universitas Hasanuddin.

Ketua Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Komite Koordinasi Nasional CTI (Coral Triangle Initiative).

Anggota Dewan Coral Triangle Center (CTC).

Anggota Komisi Nasional untuk Penilaian Stok Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Presiden Akademi Sains Muda Indonesia (ALMI).

Jamaluddin Jompa juga memegang gelar sebagai Pew Fellows for Marine Conservation Project 2019, yang diberikan oleh The Pew Charitable Trusts. (SC)