Ini Manfaat BPJamsostek Bagi Pekerja -->

Translate


Ini Manfaat BPJamsostek Bagi Pekerja

Jumat, 28 Januari 2022

Kepala Cabang BPJamsostek Kabupaten Soppeng, Yuki Yulianto.

soppeng, Celebesindo, - Manfaat BPJamsostek penting untuk diketahui, Jamsostek ialah program yang dibentuk oleh pemerintah guna memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada para pekerja.Rabu (12/1/2022).

Kepala Cabang BPJamsostek Kabupaten Soppeng, Luky Julianto menjelaskan manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Jamsostek untuk pekerja.

Kata Dia, ada 5 Manfaat PBJamsostek sangat penting yaitu 1.Kecelakaan kerja, 2.Jaminan kematian, 3.Jaminan hari Tua, 4.Jaminan pensiun, 5.Jaminan kehilangan pekerjaan.

Dia menjelaskan bahwa bagi peserta BPJamsostek, apabila terjadi kecelakaan Kerja seluruh Biaya Pengobatan sampai sembuh sesuai indikasi medis ditanggung BPJamsostek, bahkan di berikan penggantian upah sesuai dengan penghasilannya bekerja.

Jaminan KECELAKAAN KERJA dalam BPJamsostek memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju ke tempat kerja atau sebaliknya dan juga termasuk penyakit yang disebabkan oleh lingkungan tempat bekerja.

Manfaat tersebut diberikan tak terbatas biaya, sesuai dengan kebutuhan medis sampai pekerja sembuh. Selain itu, pekerja juga akan memperoleh santunan upah selama tidak bekerja.

Upah yang diberikan yakni upah utuh selama 12 bulan pertama serta seterusnya 50 persen sampai sembuh. Jaminan kecelakaan kerja juga memberikan santunan kematian akibat kecelakaan kerja bagi keluarga peserta.

BPJamsostek juga memberikan pendampingan kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja. Mulai dari peserta masuk dan mendapat perawatan di rumah sakit hingga peserta tersebut bisa kembali bekerja.

Jaminan Kematian iyalah Jaminan kematian diberikan kepada ahli waris saat peserta meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja. Diberikan jaminan total 42 juta.

Sedangkan untuk JAMINAN HARI TUA ada tambahan iuran 20.000 dari 16.800 jadi totalnya 36.800, BPJamsostek cukup penting untuk memenuhi kesejahteraan di hari tua. Jaminan Hari Tua ialah manfaat yang berupa uang tunai yang besarnya adalah nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangan.

Jadi persyaratan sangat muda untuk menjadi peserta BPJamsostek cukup membawa KTP, nomor Hp yang aktif dan 2 Jenis pekerjaan.

Jadi Untuk Sektor informal BPJamsostek Iurannya Rp 16.800 meliputi pekerja seperti Petani, ojek, atau kurir yang nilai upahnya 1 juta perbulan.

apa bila Iuran Pembayaran BPJamsostek tidak dibayar selama 3 bulan, BPJamsostek akan non aktif secara otomatis.