Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd : Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Soppeng berupaya keras untuk menarik minat baca masyarakat -->

Translate


Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd : Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Soppeng berupaya keras untuk menarik minat baca masyarakat

Jumat, 07 Januari 2022


Soppeng, Celebesindo.com,-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng terus berbenah dan berupaya meningkatkan minat baca dari semua kalangan masyarakat. 

Dengan tingginya minat baca diharapkab bisa menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan mewujudkan Soppeng sebagai kota Pendidikan serta mampu meningkatkan kualitas hidup.

Kabid Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng, Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd mengatakan, upaya yang dilakukan adalah dengan mengenalkan sesuatu yang menarik, positif, dan edukatif dalam dunia literasi, agar memunculkan minat baca. 

“Setelah minat, menjadi kegemaran, setelah gemar menjadi budaya, Artinya itu menjadi rentetan fase atau siklus,” kata Dr. Nur Alim, Sabtu, 8 Januari 2022.

Namun demikian, banyak kendala yang ditemui dalam upaya meningkatkan minat baca di seluruh kalangan masyarakat. 

Rupanya, salah satu faktor sejarah, juga menjadi salah satu kendalanya.

“Jadi kita dijajah selama ratusan tahun, itu berpengaruh besar, kita dibentuk menjadi orang bodoh, konsumsi baca hanya milik kaum intelektual dan kaum cendekiawan,” ujar Dr. Nur Alim.




Literasi itu sendiri artinya kemampuan baca tulis yang mana memiliki 4 fase. 

Di antaranya, baca tulis, mengumpulkan, menganalisa, dan berproduk guna meningkatkan kualitas hidup dalam hal ekonomi. 

Langkah-langkah dan pengadaan yang sudah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Soppeng, yaitu; Miliki Fasilitas Pojok Baca Digital (Pocadi), Miliki Fasilitas Ruang Khusus Layanan Ibu dan Anak, Jenis dan Jumlah Literatur/Buku yang Tersedia, terus berupaya meningkatkan Jumlah Pengunjung Perpustakaan. Pungkas Dr. Nur Alim.

Selain memfasilitasi pasca baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Soppeng akan membuka ruang bagi sekolah yang berminat MoU dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. 

Selain itu juga kami siapkan fasilitas perpustakaan keliling dengan 2 armada (Mobil perpusda keliling). 

Hal itu agar masyarakat Kabupaten Soppeng akan terus belajar dengan media yang ada, seperti di perpustakaan, pungkas Kepala Bidang Perpustakaan Dr. Nur Alim.

Published : ARS