Kadis Dikbud Soppeng : IGI Pekerja Ikhlas Dalam Memajukan Pendidikan di Kabupaten Soppeng -->

Translate


Kadis Dikbud Soppeng : IGI Pekerja Ikhlas Dalam Memajukan Pendidikan di Kabupaten Soppeng

Minggu, 05 Desember 2021


Soppeng, Celebesindo.com,-Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan Peringatan HUT Ikatan Guru Indonesia (IGI) yang ke 12, IGI Kabupaten Soppeng menggelar pelatihan peningkatan kompetensi guru berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Aula rapat paripurna gedung DPRD Kabupaten Soppeng. Sabtu Minggu (4-5/12/2021)

Pelatihan yang digelar selama 2 hari ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng (Andi Sumange Rukka.S, S.Sos.,SE.,M.Si), Ketua DPRD Kabupaten Soppeng (H. Syahruddin M Adam, MM), Ketua IGI Kab.Soppeng (Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd), dan Guru perwakilan sekolah penerima bantuan.

Kegiatan yang diangkat IGI Kab. Soppeng pada pelatihan ini yaitu "Optimalisasi Pemanfaatan Media Chromebok Dalam Pembelajaran Bagi Sekolah Penerima Bantuan".

Berdasarkan sambutan laporan Ketua Panitia Pelaksana pelatihan Muh. Arfan Mubarak, S.Pd (Kepala SDN. Lajoa) mengatakan bahwa pelatihan ini melatar belakangi adanya bantuan sarana prasarana perangkat TIK berupa Chromebook beserta perangkat lainnya di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Soppeng. Maka dari itu kami dari IGI harus bergerak cepat untuk memberi pelatihan cara penggunaan atau pemakaiannya kepada sekolah yang menerima bantuan tersebut, jangan sampai bantuan tersebut tidak tahu menahu cara penggunaannya. Pungkas Arfan.

Lanjut laporan ketua panitia, dikesempatan pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini, kami hadirkan pemateri yang tidak diragukan lagi kompetennya, diantaranya Eka Gustiani, S.Pd (Trainer Google Nasional), Agus Supramono, S.Pd (Duta Rumah Belajar 2021), dan Agus Salim, S.Pd (Trainer Google).

Sementara itu, dalam sambutan Ketua IGI Kab. Soppeng Dr. Drs. Nur Alim, M.Pd menyampaikan, dengan semangat “Sharing and Growing Together”, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Soppeng mendorong guru-guru yang ada di Kab. Soppeng meningkatkan kompetensinya secara mandiri sehingga tidak lagi harus terlalu bergantung pada upaya-upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru juga tidak bergantung pada anggaran, siapapun pemimpin organisasinya.

Guru IGI dibangun dengan pola memandirikan guru untuk meningkatkan kompetensi diri. Memasuki era 4.0 Ikatan Guru Indonesia sesungguhnya sudah jauh lebih awal mempersiapkan semua itu. Ikatan Guru Indonesia dihuni dominan oleh guru-guru muda dengan kemampuan teknologi yang sangat mumpuni. Tutur Dr. Alim dalam sambutannya.


Selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng Andi Sumange Rukka.S, S.Sos.,SE., M.Si, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi pelatihan mengatakan, saya sangat mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan ini yakni Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kab. Soppeng, Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) Kab. Soppeng, Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kab. Soppeng, yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Soppeng / Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam upaya peningkatan kompetensi pendidik.

Oleh karena itu, saya berharap agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga para pendidik dapat meng-update ilmu dan pengetahuannya khususnya yang berkaitan dengan tuntutan era digitalisasi pembelajaran.

Melalui kesempatan ini saya menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng akan senantiasa membuka ruang kepada semua pihak terutama dalam upaya pembinaan dan peningkatan mutu sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan. Kegiatan yang kita laksanakan bersama ini adalah salah satu wujud kepedulian kita terhadap upaya membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Daerah dengan semangat YASSISOPPENGI.

Hari ini kami menilai kegiatan ini paripurna, oleh karena adanya kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng dengan sejumlah organisasi profesi Pendidikan dan Keguruan. Dan yang menjadi penyempurna adalah hadirnya Bapak Ketua DPRD Kabupaten Soppeng Yang Terhormat.

Kita ketahui bersama, bahwa sarana dan prasarana pendidikan terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya terutama sarana pembelajaran seperti computer PC, Laptop, Chromebook, LCD Projector, dan lainya. 

Bantuan tersebut akan menjadi jawaban bagi persoalan tantangan era digital, sementara masih terdapat pendidik/guru yang belum mampu menggunakannya secara maksimal khususnya dalam pembelajaran. 

Olehnya itu saya berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini secara keseluruhan. Jika ada kendala jangan segan tanyakan kepada para pelatih IGI. 

"Kita bersyukur IGI Kabupaten Soppeng sudah memiliki asset yakni pelatih Nasional.

Selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan saya menaruh harapan kepada seluruh organisasi profesi agar selalu membantu pemerintah khususnya para guru/pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan kegiatan-kegiatan serupa. 

Apalagi saya tahu organisasi profesi seperti IGI, JSDI, Himpaudi adalah pekerja ikhlas dan selalu bersediah mengabdikan diri untuk kemajuan pendidikan.


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sangat salut atas segala kerja ikhlas dan kerja cerdas bapak Ibu sekalian. Saya ucapkan terima kasih atas itu semua.

Kepada Bapak Ketua DPRD Kabupaten Soppeng atas segala perhatiannya terhadap kemajuan pendidikan di Bumi Latemmamala yang kita cintai bersama. 

"Semoga Allah memberikan rahmat dan Inayah-Nya kepada kita semua sehingga tugas dan tanggung jawab kita laksanakan secara bersinergi, pungkasnya. (ARS).