Bupati Soppeng Serahkan Penganugerahan Tanda Kehormatan dari Presiden RI -->

Translate


Bupati Soppeng Serahkan Penganugerahan Tanda Kehormatan dari Presiden RI

Kamis, 02 Desember 2021

Bupati Soppeng saat menyerahkan piagam penghargaan pengabdian (Ist).

Soppeng, Celebesindo.com,-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Soppeng menggelar Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya dan pemberian Penghargaan Kepada Purnabakti Lingkup Pemerintah Kabupaten Soppeng yang dilangsungkan di Gedung Pertemuan Masyarakat Watansoppeng, Kamis, 2/12/2021.

Penyematan Penganugrahan tanda kehormatan Satyalencana Karya satya disematkan oleh Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE.

Laporan Pelaksana Tugas Kepala
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kab. Soppeng Hj. Andi Maria Razak, SE menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan in.

Ia menyebut Dasar pelaksanaan kegiatan ini yakni berdasarkan
undang-undang nomor 20 tahun 2009 tentang gelar, tanda jasa dan tanda kehormatan, undang- undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.

Juga berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34/TK /Tahun 2021 tentang penganugerahan tanda kehormatan satyalancana karya Satya maupun berdasarkan
keputusan Bupati Soppeng nomor 458/XI/2021 tentang pemberian penghargaan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai batas usia pensiun.

Selain itu pelaksana kegiatan juga menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yakni untuk memberikan motivasi kerja kepada PNS agar dapat meningkatkan dedikasi, prestasi Kerja dan produktivitas kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Juga sebagai wujud penghargaan kepada purnabakti atas pengabdiannya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia khususnya Pemerintah Kabupaten Soppeng, papar Andi Maria Razak, SE.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini
Jumlah penerima penghargaan
Penganugerahan tanda kehormatan satyalancana karya Satya yang diberikan kepada PNS karena atas kesetiaannya kepada Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 dan telah menunjukkan kecakapan, kejujuran dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas dan pengabdiannya selama 30,20 dan 10 Tahun untuk di jadikan teladan, tutur PLT BKDSDM kabupaten Soppeng dalam laporannya.

Ia menyebut bahwa Penganugrahan tersebut diberikan kepada 725 Pegawai Negeri Sipil dengan rincian, untuk pengabdian
30 Tahun sebanyak 141 orang, untuk pengabdian 20 Tahun sebanyak 95 orang serta untuk pengabdian 10 Tahun diberikan kepada 489 orang.

Andi Maria Razak menjelaskan bahwa Penghargaan kepada purnabakti diberikan kepada PNS yang telah mencapai batas usia pensiun sebagai ungkapan terima kasih dan penghargaan tak ternilai dari pemerintah daerah atas segala pengabdian yang diberikan selama menjadi PNS, ujarnya.

Menurutnya," Penghargaan ini diberikan kepada 230 purnabakti dengan rincian sebagai berikut :
- Gol. IV : 189 orang
- Gol.III : 32 orang
- Gol.II. : 7 orang
- Gol I. : 2 orang

Sementara untuk rincian jabatan bagi para penerima penganugerahan tersebut yakni Tenaga Pendidik sebanyak 133 orang, Tenaga Kesehatan sebanyak 7 orang dan Tenaga Teknis/ Administrasi sebanyak 90 orang.

Kata Dia, "Ada 2 Jenis Penghargaan yang diberikan berupa, Satyalancana karya Satya berupa Medali dan Piagam serta yang Purnabakti diberikan Piagam penghargaan, pungkas Plt Kepala BKDSDM kabupaten Soppeng.

Sementara itu Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE dalam sambutannya mengatakan, Penganugerahan tanda kehormatan satyalancana karya Satya ini merupakan wujud penghargaan yang diberikan kepada pegawai negeri sipil atas kesetiaannya terhadap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, negara dan pemerintah serta telah menunjukkan kecakapan, kejujuran, kedisiplinan serta perilaku kerja lain yang baik di dalam melaksanakan tugasnya dan telah mengabdikan diri selama 30, 20 dan 10 Tahun sehingga dapat dijadikan teladan bagi pegawai lainnya.

"Penghargaan yang dianugerahkan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saudara-saudara karena mempunyai arti penting dalam meningkatkan motivasi kerja, prestasi kerja ,keteladanan dan dedikasi di dalam melaksanakan tugas.

Penghargaan yang diberikan dari negara kepada saudara hari ini, dapat terwujud setelah melalui mekanisme, prosedur penilaian, evaluasi dan seleksi sesuai peraturan yang berlaku.

"Untuk itu sepatutnyalah saudara menghargainya dengan menghayati makna yang tersirat dalam penghargaan tersebut, dan tetap konsisten untuk melaksanakan tugas-tugas sebagaimana mestinya.


"Penghargaan ini saudara peroleh melalui proses perjuangan dan pengabdian yang panjang yaitu 10,20 dan 30 tahun yang akan mengisi perjalanan hidup saudara. untuk itu janganlah menodai penghargaan yang telah diperoleh dengan perbuatan perbuatan yang melanggar aturan sebagai Pegawai Negeri Sipil.

"Oleh karenanya perlu disadari bahwa penghargaan ini bukanlah simbol semata tetapi mengandung beban dan tanggung jawab untuk memelihara sikap dan perbuatan serta tetap meningkatkan jiwa dan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara agar menjadi teladan bagi pegawai negeri sipil lainnya.

"Jadilah sosok pegawai negeri sipil yang dapat diteladani di lingkungan kerja maupun di lingkungan sosial di manapun berada, jadilah pelopor bagi pegawai negeri sipil lain untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih melayani maju dan sejahtera.

"Kepada pegawai negeri sipil yang telah memasuki masa purna Bakti saya menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan oleh pemerintah daerah hendaknya tidak dinilai dari bentuk fisiknya, tetapi dapat diterima sebagai ungkapan terima kasih dan penghargaan yang tak ternilai dari pemerintah daerah atas segala pengabdian selama aktif sebagai Pegawai Negeri Sipil, ujar Andi Kaswadi Razak.

Dikatakan pula bahwa pemberian penghargaan yang diberikan hendaknya dimaknai sebagai upaya pemerintah daerah untuk dapat membina dan memelihara hubungan silaturahmi antara saudara-saudara dengan pemerintah daerah kabupaten Soppeng, janganlah masa purnabakti menyebabkan perhatian saudara saudara terhadap pembangunan Kabupaten Soppeng terhenti atau dianggap selesai, tetapi sangat diharapkan kepada saudara-saudara untuk tetap memberikan perhatian kepada pembangunan Kabupaten Soppeng di segala aspek.

"Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan Kabupaten Soppeng baik pada urusan pemerintahan maupun di bidang lainnya bukan hanya menjadi sosok urusan pegawai negeri sipil aktif atau sekelompok orang/ golongan, tetapi menjadi urusan dan kewajiban bagi seluruh masyarakat termasuk saudara-saudara sebagai pensiunan pegawai negeri sipil ini Pemerintah Kabupaten Soppeng.

"Akhirnya pada kesempatan ini, Saya tidak lupa menyampaikan ucapan selamat atas penganugrahan dari Presiden Republik Indonesia kepada para penerima tanda kehormatan satyalancana karya Satya, semoga penghargaan ini dapat dihayati maknanya untuk diwujudkan dalam sikap dan perbuatan saudara, pungkas Bupati Soppeng.

Dalam kegiatan ini turut di hadiri ;
Asisten Administrasi pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat daerah Kabupaten Soppeng, para penerima tanda kehormatan satyalancana karya Satya dan piagam penghargaan purnabakti. (Red/Humas).