Wabup Soppeng Sambut Kunjungan Pemda Kendal Studi di KIHT -->


 

Translate


Wabup Soppeng Sambut Kunjungan Pemda Kendal Studi di KIHT

CELEBESINDO
Jumat, 19 November 2021

 


Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com,- Kabupaten Soppeng yang terkenal pengelolaan Industri Hasil Tembakaunya yang terletak di Kawasan Industri Bentengnge Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata kembali dikunjungi oleh pemerintah daerah kabupaten Kendal provinsi Jawa tengah.

Diketahui sebelumnya beberapa kabupaten dari daerah Jawa sebelumnya juga berkunjung dengan tujuan yang sama yakni studi tiru dan atau studi komparatif. 

Kunjungan Kerja Pemerintah Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Soppeng kali ini dalam rangka Studi Komparatif di Kawasan Industri Hasil Tembakau Kabupaten Soppeng, Kamis (18/11/2021).

Rombongan Pemkab Kendal dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tavip Poernomo,SH,MA dan diterima oleh Wakil Bupati Soppeng Ir.H.Lutfi Halide,MP, yang dilangsungkan di Triple 8 Riverside Resort Cafe.


Turut mendampingi Wakil Bupati Soppeng , Kadis Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM Drs.Sarianto, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Firman, SP, MM, Kabag Perekonomian dan SDA , Drs.A.Isjunwar,M.Si, dan pihak Bea Cukai Pare-pare, pihak Perusda, Ketua Hipters Kabupaten Soppeng H.Jayadi, SE.

Wakil Bupati Soppeng Ir H.Lutfi Halide,MP dalam sambutan penerimaan mengatakan,",Atas nama pemerintah daerah kabupaten Soppeng kami ucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kunjungannya di kabupaten Soppeng dalam rangka Studi Komparatif di Kawasan Industri Hasil Tembakau Kabupaten Soppeng .


Wakil  Bupati Soppeng menuturkan bahwa "Memang dari dulu, di Soppeng masyarakat kita banyak pengusaha tani di bidang tembakau, ada satu kecamatan di daerah kami yaitu Kecamatan Lilirilau ( cabbenge) memang masyarakatnya banyak petani tembakau secara turun temurun, katanya.


"Alhamdulillah, berkat bimbingan dari pihak Bea Cukai, kita di Soppeng ini bisa membentuk suatu kawasan industri hasil tembakau yang luasnya sekitar 3,6 hektar.

Dengan berkunjung ke kawasan industri hasil tembakau,mungkin ada hal- hal yang bisa kita diskusikan, dan dalami baik pemkab kendal maupun pemkab Soppeng , sehingga nanti nya kita bisa jadikan kabupaten kembar yang bisa menjalin kerjasama dengan baik antara kabupaten Soppeng dan kabupaten Kendal, imbuh Wabup Soppeng.

Dalam kesempatan tersebut wabup Soppeng, juga memberikan gambaran tentang wilayah kabupaten Soppeng, termasuk destinasi wisata yaitu kawasan permandian air panas Lejja dan taman kalong.


Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kendal Tavip Poernomo,SH, MA mengatakan,
Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Soppeng atas penyambutan ini yang sangat luar biasa dan Kami sangat tersanjung, terangnya.

"Kabupaten Soppeng sudah punya kawasan Industri hasil tembakau, sementara daerah kami belum ada, akunya.


"Kami berkunjung ke Kabupaten Soppeng untuk shering informasi tentang pembentukan Kawasan Industri Hasil tembakau, mulai dari bagaimana cara menghimpun, memberdayakan sehingga bisa mengumpulkan jadi satu lokasi, ini kami akan contoh, sehingga kami memandang perlu untuk datang melihat langsung lokasi seperti apa prosesnya, jelasnya.

"Kami juga termasuk daerah penghasil tembakau, dan saya yakin banyak hal yang bisa kita bawa dari Soppeng untuk kita terapkan di kendal, tutur Tavip Poernomo.

Dalam kesempatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kendal juga memberikan gambaran tentang kondisi Wilayah Kabupaten Kendal.

Turut dalam rombongan Pemkab Kendal sejumlah SKPD Terkait.

Galeri UMKM Dekranasda Soppeng (Ist).


Setelah acara penerimaan dilanjutkan kunjungan kelokasi di Kawasan Industri Hasil Tembakau Soppeng, dan mampir di Taman Kalong serta berkunjung ke Galery UKM untuk buat oleh oleh kembali .