Kawasan Industri Hasil Tembakau Soppeng Kembali Dikunjungi, Inspirasi Bagi Pemda Temanggung Jateng -->

Translate


Kawasan Industri Hasil Tembakau Soppeng Kembali Dikunjungi, Inspirasi Bagi Pemda Temanggung Jateng

Senin, 22 November 2021


Soppeng, Celebesindo.com,-Kadis PPK dan UKM Drs Sarianto, M.Si bersama Wakil Bupati Soppeng Ir H.Lutfi Halide menyambut kedatangan kunjungan kerja Wakil Bupati Temanggung Propinsi Jawa Tengah Drs. R. Heri Ibnu Wibowo di Kabupaten Soppeng yang dilangsungkan di Kawasan Industri Hasil Tembakau Bentengnge. Selasa (23/11/2021).

Kegiatan ini dalam Rangka studi lapang di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kabupaten Soppeng.

Selain Kadis PPK dan UKM, turut mendampingi Wakil Bupati Soppeng pada acara penerimaan yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Soppeng, Firman,SP, MM, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Soppeng Drs. A. Isjunwar, M.Si, pihak Bea Cukai Pare-pare, pihak Perusda, Ketua Hipters Kabupaten Soppeng H.Jayadi.


Wakil Bupati Soppeng Ir.H.Lutfi Halide, MP dalam acara penerimaan itu mengatakan, "Atas nama pemerintah kabupaten Soppeng menyampaikan selamat datang kepada Wakil Bupati temanggung bersama rombongan di bumi latemmamala.

"Soppeng dari dulu di kenal sebagai daerah pertanian, ada daerah kami memang masyarakatnya dari dulu turun temurun membudidayakan tembakau.

KIHT Kabupaten Soppeng tidak terlalu luas sekitar 3,6 hektar, alhamdulillah , berkat bimbingan dari pihak Bea Cukai , kita di Soppeng ini bisa membentuk suatu kawasan industri hasil tembakau.

Dalam kesempatan tersebut wakil bupati Soppeng juga memberikan gambaran tentang wilayah dan kondisi kabupaten Soppeng.


Sementara Wakil Bupati Temanggung dalam kegiatan itu mengatakan, " Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah kabupaten Soppeng atas penyambutan ini, sehingga kegiatan hari bisa berjalan lancar.

"Kedatangan kami untuk sharing terkait dengan keberadaan KIHT.

Walaupun daerah kami termasuk daerah penghasil tembakau, tapi kami belum ada KIHT, untuk itu kami melakukan study lapang di KIHT Soppeng.

"Kami juga mengajak pelaku petani tembakau di temanggung dengan harapan agar bisa membuka wawasan bagi kami terkait dengan KIHT. Terang Wabup Temanggung.

Kata Dia, "Apa yang kami dapatkan nanti, sebagai referensi bagi kami untuk bisa mencoba mengangkat dan mensejahterakan masyarakat petani tembakau yang ada di temanggung, termasuk mungkin bisa membuat KIHT.


"Kami juga siap, jika nanti mungkin Soppeng ini membutuhkan bibit tanaman tembakau dari kami untuk di kembangkan di Soppeng.

"Harapan kami, kalau ini juga bisa ada kerja sama, akan semakin lebih baik, dalam rangka mensejahterakan petani tembakau baik di temanggung maupun di kabupaten Soppeng, katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Temanggung memberikan gambaran tentang kondisi Wilayah Kabupaten Temanggung.

Turut dalam rombongan wakil bupati temanggung sejumlah SKPD terkait.

(Red/SR).