Tasyakuran Rumah Produksi Herbal di Desa Tinco Soppeng Diresmikan -->

Translate


Tasyakuran Rumah Produksi Herbal di Desa Tinco Soppeng Diresmikan

Senin, 18 Oktober 2021

Kades Tinco saat menerima hasil produksi herbal (Ist)

Soppeng (Sulsel),  Celebesindo.com,- CV. Sulawesi Herba Nusantara (Sehat) menggelar Tasyakuran yang merupakan sebuah rumah industri pengolahan herbal yang bergerak di bidang produk lokal yang berlangsung di Allangkarakeng, Desa Tinco, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (18/10/2021).

Adapun produk CV. Sehat, yakni Empiris, Madu Sehat, Deodoran, Fresh Life, Ekstrak Daun Kelor, Herbal Lambung, dan masih banyak lainnya.

Kepala Desa Tinco, Mannahawu dalam sambutannya bahwa, perusahaan ini sangat membantu warga, khususnya yang bekerja disini karena bisa menambah penghasilan untuk kebutuhan keluarganya.

"Semua yang bekerja disini warga desa Tinco semua, dari itu selain menambah penghasilan buat keluarga, juga menggerakkan ekonomi kerakyatan," ucapnya.

Mannahawu juga menyampaikan ucapan selamat kepada CV. Sulawesi Herba Nusantara atas acara tasyakuran, semoga Empiris dapat mengangkat nama Desa Tinco, khususnya Kabupaten Soppeng kedepan.

Sekedar informasi, minyak balur Empiris merupakan ekstrak bidara dan vitamin E, mencegah demam, meredakan nyeri dan keram otot, mencegah masuk angin, perut kembung, maag, meredakan sakit kepala, meringankan asma, melancarkan peredaran darah.

Sedangkan untuk madu sehat lambung, mampu mengatasai gangguan lambung, maag, vertigo, migrain, sesak dan panas di dada, gangguan pencernaan, serangan jantung, mudah lelah, tidak nafsu makan, serta beberapa gejala lain yang berawal dari gangguan lambung.

Dan masih banyak produk Empiris lainnya yang mampu dan mencegah penyakit-penyakit di tubuh manusia.

Sementara Herbalis CV. Sehat, Taqwa menyampaikan bahwa usaha ini berawal dari modal Rp1 juta.

"Disini kami ada tim, kami bekerja, kami buat, dan sekarang Alhamdulillah bangunan (kantor rumah produksi) ini angkanya sudah capai Rp100 juta lebih," kata Taqwa.

Sekarang ini, lanjut Taqwa, usaha ini sudah bisa bangun kantor, kontrak gudang, semua ini dari hasil usaha ini.

"Untuk di Desa Tinco sendiri sudah ada 4 karyawan. Semuanya juga sudah kami beri BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, gaji juga kami berikan standar," jelasnya.

Lebih jauh diungkapkan Taqwa bahwa usaha ini awalnya di produksi mulai 1 - 2 buah, dan akhirnya sampai sekarang sudah puluhan jenis produk. Taqwa juga menyampaikan bahwa herbal Empiris ini kedepan akan menjadi Usaha Kecil Miliaran (UKM)

"Sekarang ini produk herbalnya sudah mendapat izin dari kesehatan, BPOM, dan izin-izin lainnya," sebutnya.

Dan untuk diketahui kata Taqwa, herbal ini, selain wilayah pemasarannya di Soppeng dan Makassar, juga melayani di negara Malaysia dan ada beberapa negara lainnya.

Terakhir kata Taqwa, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah desa Tinco, khususnya pemerintah kabupaten Soppeng, atas dukungannya.

"Terima kasih atas dukungan moralnya untuk pemerintah desa, kabupaten serta masyarakat lainnya," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Soppeng melalui Camat Citta, Andi Bangka mengapresiasi rumah industri pengolahan herbal yang bergerak di bidang produk lokal Soppeng.

"Kami sangat apresiasi kegiatan usaha ini karena menggunakan bahan baku lokal "Made in Tinco" seperti daun kelor, temulawak, jahe, madu, dan daun bidara dan sebagainya," ungkapnya.

Andi Bangka juga mengatakan bahwa CV. Sulawesi Herba Nusantara sudah berjalan sekitar 2 tahun.

"Usaha ini awalnya hanya memiliki 1 orang karyawan, seiring berjalannya usaha ini berkembang dan saat ini memiliki 4 orang karyawan. Dan kesemuanya merupakan warga desa Tinco yang sudah mendapatkan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan," jelasnya.

Camat Citta juga menyampaikan bahwa sejak 3 tahun lalu, pemerintah kecamatan sudah perintahkan untuk pencanangan penanaman batang kelor kepada warga yang ada di desa Tinco.

"Pemerintah kabupaten berharap dengan adanya CV. Sulawesi Herba Nusantara bisa menggerakkan perekonomian masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan di bidang pertanian serta mengangkat nama desa Tinco baik Nasional maupun Internasional," bebernya.

Usai peresmian, Camat Citta, DPRD Soppeng, Kadis Pertanian, Kepala Desa Tinco melakukan secara simbolis penanaman batang kelor di samping lokasi rumah produksi.

Tampak hadir dalam acara tasyakuran, Kepala desa Tinco, Camat Citta, Kadis Pertanian, Kadis Kesehatan, Kadis Diskoperindag, Ketua Dekranasda, Wakil Ketua DPRD dan anggota, Kadis PTSP, dan para unsur pemerintah kabupaten Soppeng.