Tim Peneliti Kunjungi Soppeng Sasar Sejumlah Situs Bersejarah -->


 

Translate


Tim Peneliti Kunjungi Soppeng Sasar Sejumlah Situs Bersejarah

CELEBESINDO
Rabu, 29 September 2021


Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com,-Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknolgi, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran bekerja dengan beberapa instansi diantaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng, Departemen Arkeologi FIB Unhas, Balai Arkeologi Sulsel, Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulsel, Pelestari Cagar Budaya di Makasar dan di Soppeng.


Team Peneliti tersebut tiba di Soppeng disambut hangat oleh Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE sekaligus makan malam bersama yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Muh. Asis Makmur, M.Pd.I bersama Kepala Bidang Kebudayaan Dr. Karim, S.Pd., M.Pd dan Kepala Seksi Cagar Budaya dan Museum Sudianto, SS.
Pengembangan Nilai-nilai Pengetahuan Situs-situs di sekitar Cabbenge Tahap II Tahun 2021.


Pengumpulan data lapangan dilaksanakan selama 8 hari dimulai pada tanggal 27 September sampai 4 Oktober 2021. Kegiatan tersebut melibatkan beberapa team peneliti yang terdiri dari 20 orang dipimpin oleh Ilham Abudullah, MA dan dibagi atas team Pemetaan, team survei, dan team Geoarkeo.

Kegiatan analisis pengembangan nilai dan potensi cagar budaya situs-situs di sekitar Cabbenge kali ini terdiri atas dua kegiatan yang saling melengkapi. Kegiatan tersebut berupa kegiatan pemetaan untuk mengetahui luasan masing-masing situs dan kegiatan peningkatan pengetahuan Geologis dan Arkeologis.


Keberadaan team peneliti selama di Kabupaten Soppeng, team akan menyasar beberapa titik lokasi diantaranya Situs Berru/Calio, Paroto, Talepu, Lenrang, Jampu, Lakibong, Salaonro, Marale, Kecce, JekkaE, Belakang Museum Calio, Bulu Bunane, Asangnge untuk diambil sebagai sampel penelitian diantaranya Sampel Sedimen Batu, Sampel Sedimen Tanah, Temuan Permukaan Artefak, dan Temuan Permukaan Fosil.

Dengan hasil kegiatan analisis ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi pelestarian Cagar Budaya dan data dukung pengelolaan terhadap Situs-situs di sekitar Cabbenge Kabupaten Soppeng.

(ARS).