Program Vokasi Unhas di Soppeng Akan Terima Pendaftaran Mahasiswa Mulai 8 Juli 2021 -->


 

Translate


Program Vokasi Unhas di Soppeng Akan Terima Pendaftaran Mahasiswa Mulai 8 Juli 2021

CELEBESINDO
Sabtu, 03 Juli 2021


Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com,- Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Soppeng menggelar Sosialisasi penerimaan Mahasiswa baru program Vokasi tahun akademik 2021/2022 Universitas Hasanuddin yang dilangsungkan di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Sabtu 3/7/2021.


Dikesempatan itu, Kepala Sub Direktorat Pengembagan pendidikan Unhas Makkarennu, S.Hut, M.Si, Ph.D melaporkan bahwa "Sesuai dengan kesepakatan atau MOU  yang telah dibuat bahwasanya Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dalam upaya pemerataan pendidikan dengan membuka program vokasi di beberapa kabupaten dan insya Allah tahun ini di kabupaten Soppeng.



"Sebagaimana yang disampaikan pada saat pertemuan dengan rektor Unhas kemarin, bahwa kampus Unhas ini merupakan kampus pertama di Soppeng, dan merupakan kampus keempat setelah Tamalanrea, Gowa dan Sidrap.


"Perlu kami sampaikan bahwa program studi di kabupaten Soppeng ini adalah agribisnis peternakan dan  agribisnis pertanian, pendaftaran sudah  dimulai pada tanggal 8-23 Juli 2021. 



Sementara itu Wakil Dekan Fakultas  Peternakan Universitas Hasanuddin Dr Muhammad Yusuf SPT MSI mengatakan, "Kami hadir di sini untuk acara sosialisasi  rencana penerimaan mahasiswa baru, khusus di kabupaten  Soppeng, ujarnya.


"Untuk pelaksanaan pendidikan di Kabupaten Soppeng kami di pihak Unhas itu sudah memberending  dari awal bahwa soppeng ini akan menjadi kota pendidikan, tandasnya.


"Kita pahami bersama bahwa Soppeng ini punya daerah yang strategis dikelilingi oleh banyak Kabupaten sehingga untuk menjadi kota pendidikan itu bisa lebih tepat kalau menurut pengamatan kami.


"Oleh karena itu tahun ini kita menginisiasi dari tahun-tahun sebelumnya, kita sudah berusaha,  tahun ini kita mau inisiasi 2 program studi dan  khusus kampus Unhas di Soppeng ini mungkin kita mengikuti model dari California university di USA.


"Untuk penerimaan mahasiswa baru di Soppeng ini , untuk pertama kalinya itu lain daripada yang lain, kalau yang program studi lain melalui SNMPTN, SBMPTN kemudian jalur mandiri , khusus untuk Soppeng  tahun ini itu tidak ada penerimaan secara UT BK, ini kita akan seleksi langsung, oleh karena itu dengan bantuan ibu bapak sekalian kami harapkan untuk menghimpun calon calon mahasiswa khusus untuk di Soppeng, imbuhnya.



Ditempat yang sama Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE dalam sambutannya mengatakan,"
Kita di pertemukan dalam rangka membicarakan tentang penerimaan mahasiswa baru yang insya Allah tahun ini kita akan wujudkan.


"Hari ini Kita bicara tentang sosialisasi namun demikian proses sampai  hari ini adalah suatu proses yang singkat dan membanggakan yang sangat luar biasa dan tentu kami bersyukur dengan tim yang ada bisa meyakinkan pihak rektor agar  Soppeng diberi kesempatan untuk membuka ruang kepada masyarakat Soppeng dan sekitarnya serta memudahkan masyarakat yang ada di sekitar Soppeng ini untuk melakukan proses belajar di Soppeng, papar Andi Kaswadi Razak.


Kata Dia," Yang  sangat membanggakan dan sekaligus  rasa syukur kami, pihak Unhas sangat mengapresiasi, merespon baik keinginan pemerintah daerah untuk membuka vokasi juga di Soppeng ini dengan dua jurusan  yaitu agribisnis pertanian dan peternakan.


"Untuk itu tujuan kami mengundang terutama para kepala sekolah, tanggung jawab ini bukan hanya kami,  tanggung jawab ini ada juga di pundak bapak ibu, artinya jangan biarkan kami hanya sendiri yang berpikir tentang kelanjutan pendidikan di kabupaten Soppeng ini, tandas mantan Ketua DPRD kabupaten Soppeng 2 periode ini.


"Saya minta setelah kegiatan ini, agar kita sosialisasikan dengan baik kepada orang tua siswa, siswa kita, baik yang baru lulus  ataupun tahun kemarin tapi belum lanjut, untuk  dua jurusan ini, karena  Soppeng ini basisnya pertanian, jelas Bupati Soppeng.


"Mari kita komunikasikan dengan baik,  karena yang diterima tahun ini terbatas, penerimaan mahasiswa baru  tahun ini adalah pelaku sejarah, makanya jadilah pelaku sejarah yang tercatat dengan baik, saya sangat optimis cita-cita kita bersama bahwa Soppeng ini akan jadi kabupaten pendidikan, Pungkas Andi Kaswadi Razak.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Soppeng, Kepala Dinas peternakan, kesehatan hewan dan perikanan kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Tanaman pangan Holtikultura, perkebunan dan ketahanan pangan kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, para Camat se Kabupaten Soppeng, Kepala SMA/ sederajat se kabupaten Soppeng. (Yulisa Muhrin).