Bupati Soppeng Resmikan Kegiatan Passimas III TA 2021 di Desa Congko -->


 

Translate


Bupati Soppeng Resmikan Kegiatan Passimas III TA 2021 di Desa Congko

CELEBESINDO
Senin, 12 Juli 2021

Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak saat meresmikan kegiatan Passimas III 2021 yang ditandai pengguntingan Pita dan saksikan Kepala Desa Congko Muh.Jafar, S.IP dan Fasilitas Passimas kabupaten Soppeng (Ist).

Soppeng, Celebesindo.com,-Kelompok Kesawadayaan Masyarakat (KKM) Puncak Baramming Desa Congko Kecamatan Marioriwawo melaksanakan serah terima sekaligus peresmian kegiatan Passimas III Tahun Anggaran 2021, Senin (12/7/2021).

Sebelum di resmikan, terlebih dulu di lakukan penyerahan program PAMSIMAS dari Ketua Kelompok Kesewadayaan Masyarakat (KKM)
Puncak Baramming Kastahar kepada Bupati soppeng.


Selanjutnya bupati menyerahkan kepada pengurus kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS).


Dalam kegiatan peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati H.A.Kaswadi Razak,SE.


Penandatanganan prasasti oleh Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak (Ist).

Usai penandatanganan prasasti Bupati Soppeng mencoba meminum air sumur tersebut.

Dikesempatan itu Bupati Soppeng mengungkapkan bahwa air ini layak dikomsumsi seperti air mineral, katanya.

Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak saat mencoba Air dari kegiatan Passimas III TA 2021 (Ist).


Sementara Ketua KKM Puncak Baramming, Kastahar.dalam laporannya mengatakan bahwa program PAMSIMAS III di Desa Congko Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng Tahun 2021 ini dengan total anggaran sebesar Rp 367.111.000,-

Kata Dia, "Anggaran tersebut bersumber dari dana APBN, APBDdes, dana Non Sharing APBDdes, dana incash masyarakat, dana inkind gotong royong masyarakat, bebernya di aula kantor Desa Congko, Senin (12/7/2021).

Kastahar menuturkan bahwa, "Kegiatan fisik yang terealisasi yakni penangkapan mata air 1 unit, rumah pompa 1unit, filter(penyaring air) 2 unit, pengadaan pompa 1paket, pemasangan PLN 1 paket, reservior 1 unit, kran umum 1 unit, sarana cuci tangan 1 unit, pengadaan dan pemasangan pipa kurang lebih 2KM, jelasnya.

Dikatakannya, "Sampai saat ini jumlah rumah yang telah di pasangi sambungan rumah (sr) sebanyak 10 yang merupakan sumbangan dari kepala Desa Congko Muh.Jafar, terangnya.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya mengatakan, "Program penyediaan dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

"Program pamsimas III dilakukan untuk mendukung dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan.

"Program pamsimas melibatkan seluruh pemangku kepentingan dari semua unsur dan pihak pemerintah termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemerintah desa, masyarakat dan non- pemerintahan termasuk pihak swasta, BUMN dan BUMD, ungkap Bupati Soppeng.

Setelah terbangunnya sarana dan prasarana air bersih dan sarana sanitasi melalui program Pamsimas, di harapkan pemeliharaan dan pengelolaannya, agar tetap berfungsi dengan baik dan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah desa, masyarakat juga kelompok pengelola sarana prasarana air minum sanitasi (KP-SPAMS) sehingga tetap berfungsi dengan baik, Pungkas Bupati Andi Kaswadi Razak.

Acara turut di hadiri Ketua DPRD Soppeng, Kadis PUPR Kabupaten Soppeng, Koordinator Pamsimas III Sulsel H.Hadlan, ST, Camat Marioriwawo, Tripika Kecamatan, Kades Congko serta para undangan lainnya.