Wakil Bupati Soppeng Hadiri Pencanangan IBI KB Kesehatan -->

Translate


Wakil Bupati Soppeng Hadiri Pencanangan IBI KB Kesehatan

Senin, 21 Juni 2021


Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com,-Dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan Anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana menggelar Pencanangan IBI KB Kesehatan, TNI Manunggal KB Kesehatan, Bhayangkara KB Kesehatan, PKK KB Kesehatan pada Sub.Bagian Pembinaan Pasca pelayanan bagi peserta KB Tahun Anggaran 2021 yang dilangsungkan di di kantor Dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan Anak, pengendalian penduduk dan keluarga berencana, Senin, (21/6/2021).

Kegiatan ini di buka oleh Wakil Bupati Soppeng Ir.Lutfi Halide,MP. yang dalam sambutannya mengatakan, " Penduduk adalah modal dasar dan titik sentral dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

"Dengan penduduk yang besar dan berkualitas dapat bermanfaat bagi sektor pembangunan, oleh karena itu program KB merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pembangunan milenium berkelanjutan di bidang kependudukan.

"Program KB bukan hanya membatasi jumlah kelahiran namun meningkatkan kualitas manusia diantaranya peningkatan mutu anak, mutu tenaga kerja produktifitas, tingkat pendidikan kesehatan , penurunan kemiskinan dan pencegahan stunting.

"Untuk menunjang suksesnya program kependudukan keluarga berencana, maka diperlukan partisipasi dan peran dari semua pihak, sehingga salah satu strategi tujuan yang perlu dilakukan yaitu dengan melibatkan peran dari institusi TNI, Bhayangkara, PKK , IBI dan jajarannya.

Kepala dinas pemberdayaan perempuan, perlindungan anak , pengendalian penduduk dan KB
Hj.A.Husniati,S.Sos,MM dalam sambutannya mengatakan, "Sebagaimana kita ketahui bahwa kegiatan pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan, Bhayangkara KB kesehatan, PKK KB kesehatan, IBI KB kesehatan tahun 2001, adalah merupakan wujud nyata peran TNI, Bhayangkara, PKK, IBI kesehatan dalam mendukung program KB nasional dan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu sehingga kita semua yang terlibat dalam kegiatan ini tentunya harus merasa bertanggung jawab dan mendukung sepenuhnya terhadap keberhasilan kegiatan ini.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa kegiatan-kegiatan program KKBPK dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan serta dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat dan tidak mungkin hanya dapat dilakukan oleh jajaran Dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak pengendalian penduduk dan KB saja, tetapi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan sangat membutuhkan dukungan dan kerjasama dari TNI manunggal KB Kesehatan, Bhayangkara KB kesehatan, PKK KB kesehatan, IBI KB kesehatan dan semua mitra kerja serta pemangku kepentingan di seluruh tingkatan wilayah.

Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Soppeng Ny. Hj. Nurjannah A.Kaswadi,SE dalam sambutan tertulisnya di bacakan oleh Yanwar Saeful,S.KM mengatakan, "Pelayanan KB di masa pandemi covid 19 dan masa adaptasi kebiasaan baru dilaksanakan dengan memaksimalkan penerapan protokol pencegahan covid 19 pada petugas, akspektor, keluarga serta masyarakat.

"Dalam melakukan pelayanan KB diharapkan petugas kesehatan dan PLKB / kader menggunakan alat pelindung diri untuk memberikan perlindungan dan pencegahan penularan covid 19 agar pelaksanaan pelayanan KB dapat berjalan dengan baik dan bermutu.

"Mengingat perkembangan ilmu pengetahuan terkait covid 19 maka petugas kesehatan diharapkan tetap mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terkait covid 19, serta mengikuti perkembangan perubahan dari sumber-sumber yang resmi agar dapat disesuaikan dengan protokol pelayanan KB yang akan diberikan, diharapkan dengan keterlibatan semua pihak maka penyebaran covid-19 dapat dikendalikan dengan baik. Semoga perjuangan bersama ini dapat membawa negara kita kepada kehidupan yang normal yang sesungguhnya.

"Harapan saya sebagai ketua tim penggerak PKK Kabupaten Soppeng semoga pelaksanaan pencanangan IBI KB kesehatan, TNI manunggal, KB kesehatan Bhayangkara KB kesehatan PKK KB kesehatan ini berjalan dengan lancar serta terus menjaga mutu kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat di masa pandemi covid 19 yang kita hadapi sekarang ini dengan tetap memperhatikan keselamatan akseptor dan keselamatan diri sendiri dengan cara tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Turut dihadiri dalam kegiatan tersebut yakni pejabat yang mewakili Dandim 1423 Soppeng, pejabat yang mewakili Polres, Ketua Persit Chandra Kiran, Kadis kesehatan Soppeng, Ketua IBI Cabang Soppeng, Bidan KKB se Kabupaten Soppeng, pengawas PLKB/PKB Soppeng, pengurus tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng, para undangan lainnya.