Bupati Soppeng Buka Secara Resmi Pertemuan Rencana Program Penurunan Angka Stunting -->

Translate


Bupati Soppeng Buka Secara Resmi Pertemuan Rencana Program Penurunan Angka Stunting

Senin, 24 Mei 2021

Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak (Foto Istimewa).

Soppeng (Sulsel), Celebesindo.com,- Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng menggelar pertemuan penyusunan Rencana kegiatan Aksi I ( Analisis Situasi) Program Penurunan Stunting di Kabupaten Soppeng di hadiri Bupati Soppeng HA.Kaswadi Razak, SE yang dilangsungkan diruang rapat Kantor Gabungan Dinas Kabupaten Soppeng, Senin (24/5/2021).


Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE yang dalam sambutannya mengatakan, "Pagi hari ini kita dipertemukan dalam rangka pertemuan kegiatan I analisis situasi dalam rangka penurunan Stunting di Kabupaten Soppeng, ujarnya.


Bupati Soppeng saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan pertemuan (Foto Istimewa).

"Tentu kehadiran kita di sini adalah merupakan suatu hal yang penting dan strategis, sehingga kami menganggap bahwa pertemuan ini adalah mutlak dan wajib kita hadiri, sebagai upaya kita dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab kita dalam menjalankan salah satu tugas berat kita yakni bagaimana menurunkan angka stunting di Kabupaten Soppeng. Tutur Kaswadi Razak dalam sambutannya.


"Oleh karena itu, lanjutnya, "Kami harapkan semuanya dapat berpartisipasi untuk serius, karena salah satu tugas pokok kita selaku pemerintahan yaitu sebagai pendukung, tentu hal ini sangat penting serta merupakan program cikal bakal menghadirkan generasi-generasi tangguh di masa-masa yang akan datang. Imbuh Bupati Soppeng.


Menurutnya, "Salah satu ciri-ciri stunting adalah pendek, mulai proses kehamilan dan proses melahirkan semua ada prosesnya, sehingga jika prosesnya salah maka lahirlah kriteria stunting, dengan demikian kita berusaha agar hal demikian tidak terjadi. Jelas Andi Kaswadi.


"Adapun delapan aksi integrasi intervensi penurunan Stunting yaitu melakukan analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, peraturan Bupati/kota tentang peran Desa, pembinaan KPM, sistem menajemen data, pengukuran dan publikasi stunting serta melakukan review kinerja tahunan. Papar Bupati Soppeng.


"Kondisi stunting ini tentu menjadi komitmen kita di Bumi Latemmamala bahwa, semua sektor dan kemampuan yang dimiliki akan kita gunakan dalam menangani masalah stunting ini, dan terlebih lagi di masa pandemi covid-19, oleh sebab itu marilah kita bekerja ikhlas serta semangat yang kuat, ajak Bupati Kaswadi.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng, Sallang, S.KM, M.Kes. menjelaskan bahwa, "Melalui pertemuan ini diharapkan adanya peningkatan kerjasama integritasi yang baik dengan lintas program dan lintas sektor untuk mendukung program penurunan stunting di kabupaten Soppeng, paparnya.


"Adapun waktu pelaksanaannya diselenggarakan selama 1 hari pada hari ini tanggal 24 Mei 2021 di ruang gabungan Dinas Kabupaten Soppeng.


Untuk nara sumber dalam kegiatan ini yakni Tim Investing in Nutrition and Early Years ( Regional V Bangda Kemendagri) yaitu : Lukman Nur Hakim (Public Policy Specialist) dan Besse Kuti (Technical Assistants Public Policy). Beber Sallang.


"Untuk peserta yakni, "para kepala SKPD terkait, para camat, tenaga ahli pelayanan sosial dasar dan Pengurus PKK Kab.Soppeng, Pungkasnya. (Red).